Wednesday, May 31, 2017

Catatan 14 - Pasca bedah dan buka jahitan

25 mei 2017
Hari kedua pasca bedah minor, perban bentuk permen karet itu lepas. Aku wa dokter cantik nanya apa boleh dilepas aja, dokter cantik perio bilang lepas aja ga apa. Dokter nanya apa jahitan sakit, dan mendoakan aku cepat sembuh.

Aku dapet jahitan sepanjang 4 gigi bawah, pas perban dilepas aku liat itu jahitan panjang amaat. 

Untuk ngomong agak susah gerakin bibir bawah, udah kayak boneka aja. Senyum juga sedikit sakit dan ga bisa lebar, buat ketawa mustahill sakit banget, jadi kalo mau ketawa aku pegang dagu dulu supaya ga terlalu sakit. Kalo nguap harus imut ga bisa mangap lebar. Hiks

Makan 2 hari pertama cuman bisa bubur. Perih loh gerakin rahang bawah karena bibir bawah ikut gerak. Aku makan bubur nunggu agak dingin. Hari berikutnya bisa makan nasi dan lain-lain. Walau harus pelan-pelan

2 hari sebelum rencana lepas jahitan, aku nekat mukbang loteria, milih menu baru buldak ayam yang pedes endos banget. Aku mikir lusa bakal lepas jahitan, jadi udah boleh lah ya makan pedes.

29 mei 2017
Sekitar jam 1 dokter cantik perio wa
"Hai mbak, gimana kondisi nya? Ada sakit?"
"Halo dokter, udah ga terlalu sakit dok, kadang aja cekit cekit, senyum masi kaku dok. Besok jadi lepas jahitan?"
"Sering aja digerakin ya biar ga kaku"
"Wah saya kira jangan sering digerakin dok takut lepas jahitan"
"Gerakin biasa aja mbak, besok sekitar jam 2 bisa?"
"Oke dokter, jadi saya latihan gerakin ya. Besok bisa dokter"

Ternyata sore itu ibu masuk rs, besok pagi aku gantian ayah jaga ibu. Jam 11 aku wa dokter cantik untuk nanya janji hari ini, dan dokter bilang jadi. Si adek datang jam 11 jadi aku bisa pergi jam 2.

Lokasi rs tempat ibu dirawat deket rsgm. Jadi aku jalan aja untung hari itu ga terlalu panas, tapi pas mulai tanjakan sekeloa wah.. agak lemes. 

Sampe rsgm, selesai ritual pendaftaran aku ke lt.2 ruang residen perio. Cukup rame di sini. Kayaknya mahasiswa lagi sibuk ujian ato ada laporan apa gitu. Jadi bolak balik ketemu dokter residen atau dosen.

Jam 2 kurang dokter cantik manggil aku. Setelah duduk di kursi periksa kita ngobrol
"Gimana mbak sakit ga?"
"Ga terlalu dok kadang aja perih"
"Wah sakit dong kalo gitu, amoxilin ny kapan abis?"
"Ga kayak hari pertama dok sakitnya. Sekitar 2 hari lalu obat abis"
"Kita periksa ya" dokter meriksa kondisi jahitan "bagus ini mbak, bersih. Aku kasih obat ya biar dia cepet nempel, Pasti sakit ya mbak ada 6 jahitan, jadi kemaren itu pas aku mau jahit susah mbak karena tipis banget gusi nya, mau liat foto nya gak? Takut?"
"Mau dok" aku penasaran

Dokter mulai liatin foto-foto yang diambil saat bedah. Otot yang nyatuin bagian dalam dagu dan gusi dipotong jadinya bagian dalam dagu bolong dikit, pas mau di jahit balik ga bisa karena gusi tipis, diambil tindakan tambahan diperluas ke kiri dan ke kanan supaya jahitan nya nempel. Makanya aku dapet 6 jahitan.

"Aku kira gampang operasi nya mbak, pas motong gampang ya pas dijahitnya itu mulai masalah"
"Penyebab gusi tipis apa dok?"
"Bisa karena genetik dan mbak kan resesi gusi dan gigi ny ga rata nah dari situ mbak"
"Saya kira bedah itu cuman potong aja dok ga jahit segala"
"Dijahit dong mbak, kan bukan bayi hehe oh ia gimana kata dokter konservasi?"
"Terakir saya wa cuman di read dok"
"Mbak terus aja chat dokternya ya, bilang aja, ga apa di endo pas puasa gini. Kalo memang mau di potong salah satu akar ntar saya bantu nambahin bubuk tulang buat gigi"
"Biaya buat bubuk tulang itu berapa dok"
"Paling keitung nya biaya bedah mbak"
"Kata dokter konservasi bikin mahkota gigi di lab kena berapa ya dok"
"Tergantung bahan mbak sama lab nya. Saya juga ga begitu tau, itu bagian dokter konservasi"
"Oh gitu dok. Hmm" bakal kena berapa ya.. "oh ia lepas jahitan kapan dok"
"Minggu depan aja ya mbak belum nempel tuh sedikit"

Wah jangan-jangan karena mukbang loteria kemaren. Jadi rewel jahitan nya. Dokter ngasi obat dalam botol salep kecil. Kata dokter diusap tipis-tipis setiap abis sikat gigi.

Sebelum pulang aku mampir ke tempat dokter konservasi. Spot periksa dokter berantakan dan ada jas putih. Berarti dokter ada tapi lagi istirahat. Ya sudahlah aku harus balik ke rs buat jaga ibu. Aku wa dokter cantik konservasi.

Saat aku di rs, dokter balas dan bilang masi bingung. Aku jadi mikir cabut aja kali ya..

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000

No comments:

Post a Comment