Wednesday, May 17, 2017

Catatan 06 - Ronsen di Lab Pramita

24 maret 2017
Rencana hari ini aku pengen beresin urusan ronsen ke lab pramita dengan pertimbangan nunggu hari senin bakal makin ketunda hal lain. Aku milih lab pramita yang ada di jalan pajajaran bandung samping samsat. 

Saat masuk lab, aku mikir salah masuk. Ampe keluar lagi mastiin bener itu lab pramita apa bukan. Aku kira salah masuk hotel atau travel agent wkwkk, soalnya keren banget sih dekorasinya. Ga ngira itu lab.

Lab pramita jl.pajajaran
Source by mbah google

Aku nanya ke satpam yang jaga deket pintu apa perlu ambil nomor, satpam bilang langsung aja ke pendaftaram. Aku disambut abang cakep petugas yang jaga.

"Selamat datang bu, bisa saya bantu"
"Siang mas, saya mau ronsen. Ini surat rujukan dari dokter"agak bete di panggil ibu. Hiks boros muka gueh
"Sebelumnya pernah kesini?"
"Belum, ini yang pertama"
"Boleh pinjam ktp nya bu"
Aku menyerahkan ktp, si abang asik ketak ketik di komputer.
"Biayanya 520 ya mbak untuk 2 jenis ronsen, kalo pake anting harap dilepas ya"
"Kalo sabuk gimana mas" si abang abis liat ktp gw langsung berubah manggil mbak ckckkk
"Sabuk ga apa mbak"abang ganteng ketawa"ini bukti pembayaran, kertas buat dikasi ke petugas dan ini buat ambil hasilnya, ada lagi mbak?"
"Ruangannya dimana mas"
"Sebelah sana ya deket lukisan gede"

Aku jalan kearah yang ditunjuk. Ada dua lukisan gede, mau nanya bingung duduk aja deh. Agak rame suasana lab, banyak jenis ronsen disini. Seperti bias aku rese ngajak orang ngobrol, tapi sepertinya si mbak canggung ditanya-tanya, ya udah aku berenti. 15 menit nunggu aku dipanggil mbak petugas. Ternyata aku duduk kejauhan, tempat ronsen agak kedalam letaknya. Sebelum masuk keruangan aku ngasih kertas ke petugas.

"Silahkan taro tas dan buka jilbab mbak, kalo pake anting lepas ya. Kita ronsen panoramic dulu ya"

Aku melepas hijab dan nyimpan hp ditas. Aku berdiri didekat alat ronsen, mbak perawat memakaikan penutup hitam berat kayak saat foto gigi.

"Berdiri disini ya mbak, nih gigit tisu. Kepala nya jangan nunduk mbak, jangan gerak ya" mbak menurunkan alat ronsen "santai aja mbak, jangan panik ya. Jangan bergerak sampai alatnya selesai"mbak petugas masuk ke dalam ruangan kecil untuk menhontrol alat ronsen.

Aku menutup mata dan mencoba rileks. Alat ronsen bergerak dari kiri ke kanan. 

"Yak selesai mbak, silahkan duduk disini, duduk yang tegak ya mbak sekarang ronsen cephalometri"

Aku menutup mata saat alat bekerja, adi ga meratiin pergerakan alatnya gimana.

"Selesai mbak, ditunggu ya hasilnya sekitar 30 menit lagi, hasil bisa diambil didepan" mbak perugas langsung keluar.

Aku memakai hijab dan duduk manis diluar. 30 menit kemudian hasil sudah ada, namaku dipanggil. Dibungkus kertas tebal dengan logo lab pramita isinya 2 hasil foto ronsen dan 1 cd berisi soft copy hasil ronsen. 

Ronsen panoramic menampilkan keseluruhan gigiku. Hasilnya jelas dan bagus. Disini gigi bungsu ketiga alias wisdom teeth keliatan. 2 diatas keluar, sedangkan 2 dibawah ga keluar, masih di dalam gusi. Malah yang sebelah kanan bawah akarnya belum tumbuh jadi kayak biji jagung . Gigi yang lagi dirawat keliatan jelas alat yang dipasang dokter cantik konservasi kemaren, seperti jarum disalah satu akar gigi, disini keliatan loh akar yang ga ketemu itu

Ilustrasi hasil ronsen panoramic
Source by mbah google

Hasil ronsen cephalometri menampilkan rahang tampak samping dengan sedikit bayanganku.

Ilustrasi hasil ronsen cephalometri
Source by mbah google

Selesai ronsenn fiuuuh mari kita pulang.
Pengeluaran hari ini
Ronsen: 520.000


3 comments:

  1. Hai salam kenal mba, makasih banyak karna udah bikin tulisan ini. Untuk saya pribadi sangat bermanfaat karena besok saya pun dirujuk ke Lab Paramitha untuk pemeriksaan X-Ray foto Panoranic. Disini saya juga mau tanya mba, untuk X-Ray panoramic tersebut apakah saya juga harus buka hijab? Karna kan yang di lihat juga hanya bagian gigi saja

    ReplyDelete
  2. Jilbab dan ikat rambut/asesoris apapun yang bentuknya bisa "mengganggu" hasil foto harus dibuka, kak, petugasnya perempuan kok..

    ReplyDelete
  3. Maaf mba mau tanya kalo biaya rontgen panoramic saja berapa ya?

    ReplyDelete