Saturday, May 20, 2017

Catatan 08 - Kontrol 1 bulan pembersihan karang, rencana bedah dan Step 02 pra behel

26 april 2017
Jam setengah tiga sore dokter cantik orto wa.
"Mbak besok bisa ketemu? Sebentar aja pagi ato siang"
"Bisa dokter. Pagi aja dok"
"Jam 8 bisa?"
"Bisa dokter. Mau pasang ring itu ya dok?"
"Bukan mbak, ada yang harus dicabut gigi bungsunya"
"Wah yang mana dok???"
"Yang ga tumbuh mbak, ada bpjs ga?"
"Bpjs udah ga aktif dok, jadi 2 gigi ya dok? Kata dokter **** kalo ga ganggu ga apa dok"
"Ada 4 sih tapi yang wajib cuman 2. Kalo bpjs bisa gratis loh"
"Bayar normal kena berapa dok?"
"1 gigi bisa kena 600-1jt mbak"

Emakkk mahal.. bisa kaget ibu dimintai uang segitu buat cabut satu gigi

"Wah lumayan dok, mau diskusi dulu dok ama ortu. Harus banget ya dok dicabut?"
"Iaa makanya, kalo ga dicabut ntar bakal berantakan lagi pas behel dilepas"
"Ada kemungkinan tumbuh dok? Saya kira umur segini ga akan tumbuh?"
"Bisa tumbuh bisa ga, kalo ga dicabut hasil perawatan nya ga lama pasti berantakan lagi giginya"
"ya udah dok, saya diskusi dulu ya ama ortu"
"Okee kabarin ya"

Ughhh ini yang bikin pusing. Aku coba cari info soal bpjs, ternyata kalo udah ga di tanggung kantor ortu peserta bpjs bisa pindah ke bpjs mandiri. wah aku mulai bisa tenang. Aku mulai cari cari info soal cabut gigi bungsu pake bpjs. Ada beberapa pengalaman cabut gigi bungsu di puskesmas, ada yang pake bpjs, tapi banyak yang bayar full. Dari info yang aku baca kalo cabut ke rs atau spesialis bedah mulut bisa ampe jutaan.

Aku mutusin pake bpjs aja, pasti bakal ribet tapi dari pada keluar uang seharga behel cuman buat cabut gigi, mending bpjs yang ribet. Setelah ngobrol ke ortu (bener kan ibu langsung melotot aku bilang sekian satu gigi) akirnya aku bakal urus bpjs.

Sore aku wa dokter cantik orto soal gigi bungsu nunggu bpjs aktif aja, dan Soal besok janjian. tapi ga ada balasan, aku sms juga sama. Karena besok kemungkinan bakal ketemu dokter cantik orto, aku wa dokter cantik perio buat janjian kontrol 1 bulan. Dokter cantik balas dan kasi jadwal jam 11 beliau mengingatkan agar bawa sikat gigi.

Dokter cantik orto balas dan bilang besok jadi jam 8.

27 april 2017
Jam 6 pagi aku udah bangun, saat siap-siap ada wa dari dokter cantik orto
"Mbak perawatan akar gigi udah selesai?"
"Belum dok, satu lagi akar belum ketemu"
"Kata dokternya apa?"
"Mau diskusi dulu dok ama dosen"
"Mbak bisa nya kapan? Hari ini siang bisa jam 1? Aku mau pasang karet"
"Saya bisa kapan aja dok, terus yang jam 8 ga jadi dok?"
"Kalo mau sebelum jam 8 mbak, saya ada ujian jam 8 nya"
"bisa ko dok, saya tinggal berangkat"
"Oke insya allah sebelum jam 8 aku sampe"

Jam setengah delapan aku sampe rsgm, langsung keatas karena pendaftaran bukanya jam 8. Aku duduk manis nunggu dokter. Dokter belum ada. sambil nunggu dokter aku wa dokter cantik perio mastiin janjian jam 11.

Jam 8 dokter masih belum ada. Aku mikir ke pendaftatan dulu aja gitu? Tapi karena baca novel lagi nanggung aku lanjut nunggu. Jam 8.15 dokter manggil, aku baru duduk di kursi periksa, dokter udah di panggil buat ujian. Dokter minta maaf dan bilang jam 1.

Apa yang aku lakukan ampe jam 11? Ke kantin, makan, ga tahan... bodo ocd pasang behel bikin susah makan nikmatin selagi bisa. Puas makan aku beli aqua dan gorengan lalu ke depan buat ritual pendaftaran.

Beres makan dan daftat baru jam setengah sepuluh. Aku duduk di bangku ugd, lumayan empuk sambil lanjut baca novel dan makan gorengan (lol)

Jam 11 aku ke lt.2 dokter perio. Ketemu langsung ama dokternya, kata dokter langsung aja pasien sebelumnya ga dateng, tapi saat aku mau masuk ruang perio pasiennya dateng wkwkk. Aku nunggu dulu, pas nunggu dokter cantik orto wa
"mbak dimana? masih dibawah?"
"masih dok, ketemu dokter perio dulu"
"ntar ke atas ya mbak, aku udah beres"
"oke dokter"

Pasien sebelumnya beres, aku masuk. dokter cantik nanya kondisi gusi.
"gimana mbak, ada keluhan ga"
"ga ada dok"
"perawatan akar giginya udah selesai?"
"belum dok, masih belum ketemu akarnya"
"ya udah kita periksa ya"
"ngh.. dok tadi saya makan dulu
"oh gitu ya udah sikat gigi dulu ya"

Setiap dokter ada tempat periksa masing - masing, satu kursi periksa, kursi untuk dokter, rak kabinet rendah untuk nyimpen peralatan medis, dan wastafel. antara tempat periksa dibatasi sekat sedada. Aku sikat gigi diwastafel dan dokter cantik ke ruang khusus residen perio. Selesai sikat gigi aku ditetesin cairan merah lagi yang ada manis-manisnya itu. Aku pernah nanya namanya tapi lupa(lol).

"tuh mbak masi ada kan merah-merahnya, liat tuh jigongnya masih ada, coba liat sikatnya"dokter liat sikat gigi yang aku bawa"terlalu soft sikat ini mbak, kalo bisa pake yang medium ya mbak. coba sikat gigi lagi"

Aku sikat gigi untuk kedua kalinya dan sesekali cek dengan bantuan kaca. Setelah sikat gigi dokter periksa dan masih sisa sedikit merah-merahnya.

"ganti ya mbak sikat gigi nya. sekarang aku bersihin dulu yang masih ada karang gigi"

Dokter mulai bersihin spot yang ga keraih oleh sikat gigi. Aku mikir sikat gigi apa yang baik.
"Dokter, kira-kira sikat gigi apa yang bagus?"
"Rata-rata bagus ko mbak, cuman cari yang tepat aja. Kalo untuk mbak coba yang medium ya jangan yang terlalu lembut kayak gini atau yang keras"
"Ia dok yang keras bikin gusi sakit"
"Ia mbak ini aja ada sariawan, rencana hari ini ama dokter orto mau diapain mbak?"
"Mau pasang karet dok, saya bingung pasang karet itu gimana dok"
"Oh pasang karet, biar ada space mbak digiginya untuk pasang ring"

Aku masih ga mudeng, sepertinya karena kurang tidur.

"Mbak ntar bilang dokter orto ya, resesi yang gusi bawah mau di koreksi dulu, ini urgen soal nya bercabang nih. Takutnya kalo udah pasang orto duluan bakal makin parah"
"Oke dokter ntar saya sampein"
"Oke mbak ini udah selesai ya pembersihan karangnya, tolong diperhatiin ya cara gosok gigi harus lebih bener, kalo pasang orto lebih susah lagi sikat gigi nya harus bener-bener bersih"
"Ia dokter, saya bakal lebih niat lagi gosok gigi"
Aku keruangan di depan perio untuk bayar. Seperti yang udah dibahas dulu totalnya 95.000

Selesai sudah kontrol 1 bulan pembersihan karang, aku ke lt.3 buat ketemu dokter orto, sampai lt.3 aku sms dokter orto. Ga berapa lama namaku dipanggil lewat speaker.

Aku masuk dan langsung ke kursi periksa dokter cantik yang bakal lama urusin aku kira-kira 2 tahun.
"Hai mbak, maaf ya soal tadi pagi. Kalo senior lagi ujian ga boleh ada yang di ruang periksa"
"Ia dokter ga apa, oh ia dok tadi dokter perio bilang mau koreksi yang resesi ini sebelum pasang orto soalnya bercabang dok frenulumnya"
"Sambil jalan aja mbak bisa ko"
"Nanti makin parah dok"
"Ah engga paling kalo lepas behel aja ngaruhnya"
Aku diem. Hmm ntar aku coba wa dokter cantik perio.
"Jadi gimna mbak yang perawatan saluran akarnya"
"Masih diskusi dulu dok ama dosennya. Saya minta langsung tambal aja ga bisa dok"
"Ia mbak ga bisa, harus ketemu dulu saluran akarnya. Hmm paling beresin gigi bolong yang diatas ya, biar pasang atas dulu"
"Oke dokter"
"Kalo udh ditambal permanen gigi atasnya, ntar hubungi saya ya. Sekarang kita pasang karet seperator ya"
Dokter mulai beraksi dengan tang dan karet. Aku ngerasa sakit pas tang nyentuh gusi
"Sakit ya? Gini nih sakitnya"
"Sakit kena tangnya dok digusi,ini bakal lepas ga dok"
"Ga akan ko mbak"
"Agak kayak ga rata ya dok"
"Ia mbak soalnya gigi ga rata mbak"

Karet dipasang digigi paling belakang, ada 4 atas dan 3 dibawah. Dokter ga pasang deket gigi bawah yang lagi di rawat. Pemasangan karet ini ga sampe 15 menit.

"Hari ini bayar dp ya dok"
"Boleh mbak dp dlu"
"650rb boleh dok?"
"Boleh mbak, yuk ke depan ke petugas"
Didepan, petugas yang dulu makan kerupuk itu, aku nunggu. Dokter cantik ngomong sesuatu dan si petugas nulis dikertas yang dibawa dokter serta bikin nota. Aku menyerahkan uang.
"Sisanya nanti ya mbak kalo udah beres"
"Oke dokter ntar saya kabarin kalo udah tambal permanen gigi atas"
"Okey mbak kabarin ya biar ada progress kita"

Pas di rumah aku wa dokter cantik perio soal resesi, dokter cantik minta kontak dokter orto untuk koordinasi.
"Mbak aku udah koordinasi dengan dokter orto, jadi bracetnya pasang atas dulu. Yang bawah nanti aja pas udah beres bedahnya"
"Oke dokter"
"Sebelum bedah mbak harus cek darah dulu ya, yang murah di dinas kesehatan. Besok ke sini buat ambil surat pengantar"

Si dokter tau aja ak incer yang murah. Pasti karena aku bawel terus nanya biaya wkwkk

"Oke dokter paling saya ke sana abis dari bpjs ya dok, dokter ada di tempat jam berapa"
"Jam 9 saya udah ada mbak"
"Siap dokter"

Aku wa dokter cantik konservasi nanya kapan bisa ketemu. Dokter cantik balas dan minta maaf belum ke rsgm lagi karena anaknya lagi sakit. Aku lapor udah pasang karet dan pengen nambal gigi atas dulu, dokter cantik bilang insya allah hari selasa.

Aku kira masang karet itu melingkari gigi, ternyata diselipin diantara gigi, makanya tadi dokter cantik orto yakin banget ga akan lepas.

Ilustrasi pemasangan karet separator
Source by mbah google

Aku pernah baca, ada yang abis masang karet separator ini kesakitan dan ga bisa makan. Yang aku rasa hari ini agak ga nyaman aja kayak ada makanan nyelip diantara gigi, tapi untuk makan aku masih bisa. Cuman berasa agak ngilu aja di beberapa gigi, kata dokter itu karena gigi bergeser dan hal itu wajar.

Untuk sikat gigi aku beli yang gagangnya agak melengkung, ada beberapa pilihan dan aku pilih merk pepsodent. Saat sikat gigi aku suka karena menjangkau bagian belakang gigi, dan ga ada jigong numpuk lagi.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Pembersihan karang gigi: 95.000
Dp behel: 650.000


No comments:

Post a Comment