Monday, May 22, 2017

Catatan 09 - Urus Bpjs, cek darah dan pemeriksaan awal bedah resesi


28 april 2017
Rencana hari ini urus bpjs, ambil surat pengantar untuk cek darah. Kuatir bakal ribet jam 8 pagi aku udah berangkat urus bpjs. Aku coba ke kantor bpjs paster, pagi itu jadwal rutin petugas untuk senam. Sengaja aku sapa petugas yang lagi senam.

"pak, disini bisa urus bpjs mandiri?"
"Bukan disini bu, tapi di kantor cabang utama bandung jl.pelajar pejuang 45"
Cih dipanggil ibu lagi..
"Oh gitu, kirain bisa disini pak"
"Udah lama ga disini lagi bu"
"Oke makasi pak"

Dari paster ke tentara pelajar lumayan jauh, kalo naik angkot bakal muter sana sini, aku minta adek order gojek. Makan waktu 20 menit naik gojek, ga kebayang kalo angkot... Lokasi bpjs cabang utama bandung masuk kawasan buah batu (bukan lokasi main aku wkwkk) jadi aku ga ada gambaran letaknya dimana, untung bapak gojek nya tau lokasi bpjs. Letak bpjs ini tepat diperempatan lampu merah, sebrang hotel apa ya benua kalo ga salah.

Saat masuk gerbang bpjs ada antrian untuk isi formulir sebelah kiri, atm sebelah kanan. Aku langsung masuk ke dalam dan nanya satpam yang jaga nomor antrian.

"Pak saya mau pindah ke bpjs mandiri"
"Ibu isi dulu formulir di depan ya untuk perubahan data"
Cih dipanggil ibu lagiiii
"Perlu ambil nomor antrian pak?"
"Ia ini bu"

Setelah aku ambil nomor antrian yang udah ratusan, aku ambil formulir di depan, satpam baik hati memanduku. 

Dulu aku punya bpjs, tapi udah ga aktif karena umur 25 ga ditanggung kantor ibu. Aku belum kerja, tapi masih bisa bikin bpjs dengan kategori bpjs mandiri (pekerja bukan penerima upah - PBPU). 

Syarat yang perlu dibawa Kartu keluarga asli dan fotocopy, fotocopy ktp, fotocopy buku tabungan (mandiri,bni,bri pilih salah satu), pasfoto 3x4, kartu bpjs lama. Untuk iuran aku ambil kelas 1 jadi 80.000 perbulan.

Saat aku lagi isi formulir nomor aku dipanggil. Akhirnya kelewatan deh. Ada beberapa loket di sini 01-13 dengan judul masing-masing untuk perubahan data, cetak kartu dan satu lagi lupa, aku nyamperin mbak petugas yang lagi lowong dan bilang nomorku kelewat. Mbak melayani dengan baik, dia ngecek syarat yang aku bawa. Dan keribetan pun dimulai.

"Mbak dari data kartu keluarganya, kakak mbak belum punya bpjs ya"
"Ia mbak, waktu bikin di kantor ibu saat itu umur kakak saya udah lewat 25"
"Tapi udh nikah?"
"Belum"
"Jadi gini mbak, untuk pembuatan bpjs berdasarkan kartu keluarga. Jadi kalo mbak mau merubah ke bpjs mandiri yang punya kakaknya juga harus di lurus. Ga bisa punya mbaknya aja"
"Hah yang bener mbak?"
"Ia mbak seperti itu"
"Aduh saya harus pulang dulu dong kalo gitu"
"Mbak fotocopy ktp dan foto kakaknya aja ya, di fotocopyan sekitar sini, saya tunggu ampe jam 3"
"Nanti saya langsung ke mbak nya aja?"
"Ia mbak ntar langsung ke saya" petugas itu jepretin foto dan ktp aku ke kertas formulir dan nulis catatan di kertas itu.

Ribet deh, tapi demiiii... Untung si kakak bisa dihubungi, dia segera wa foto dan ktp. Aku nanya ke tukang parkir fotocopy dimana, bapak itu nunjukin arah lampu merah belok kiri dari gedung bpjs buka ke arah resto sebelah bpjs. 

Fotocopy pertama yang aku temui belum buka, di sebelah sana ada fotocopy tapi rame, cih. Mang yang jaga lagi sibuk urus fotocopy. Bakal lama nih hadehh. Tadinya aku mau cetak foto kakak, tapi si mangnya sibuk jadi aku print warna aja ktp dan foto kakak. 

Beres difotocopy aku balik ke bpjs dan nyamperin mbak tadi. Mbak petugas lagi ladenin orang lain. Perputaran disini cepet karena banyak loket petugas, petugas nya juga layani dengan sigap dan cepat. Perih euy ke bpjs, pernah lamar kerja dan ditolak berkali kali (curcol wkwkk)

"Mbak saya udah ada foto sama ktp kakak"
"Oh ia mbak kita proses ya ditunggu sebentar"Mbak petugas sibuk cetak cetik komputer.
"Bank terdekat disini dimana ya mbak"tanyaku
"Untuk pembayaran harus nunggu bpjs nya aktif mbak, masa aktif nya 12 hari dari saat pendaftaran"
"Wahh kirain bisa langsung mbak"
"Harus nunggu mbak"
Gubrak deh, bener kan ribet.
"Ini mbak, nomor aktivasinya bisa dibayar mulai tanggal 12 mei 2017, setelah itu bisa cetak kartu bpjs disini. Dan pembayaran bpjs sampe tanggal 10 tiap bulan"
"Kalo untuk cetak kartu ga bisa di bpjs paster mbak?"
"Untuk Kegiatan operasional yang di paster udah ga lagi mbak"
"Oh gitu, makasi ya mbak"

Selesai satu urusan, aku minta adek pesen gojek ke rsgm. Jarak dari bpjs ini ke rsgm ga begitu jauh. Sampe rsgm udah jam 9.47 aku ga daftar didepan tapi langsung ke lt.2 ruang residen perio. dokter masi di jalan, aku deg degan bakal sempat ke dinas atau ga. Karena ini hari jumat, dan dinas biasanya lebih cepat tutup untuk pendaftaran lab dihari jumat. Jam 9.55 untung dokter dateng. Dokter ngasi surat pengantar dan aku langsung ke dinas kesehatan.

Lokasi dinas kesehatan ga jauh dari rsgm, bisa sekali angkot tapi karena aku buru-buru dan mikir bakal macet, aku naik ojek yang ada dilokasi rsgm. Ga bisa mesen gojek, gojek dilarang angkut penumpang dikawasan sekeloa (nama lokasi rsgm).

10.30 nyampe dinas kesehatan aku daftar dan kasi surat rujukan, jadi tes darah yang aku ambil cuman sekali ga yang dua kali.disini aku bayar sekitar 60rb. Aku langsung ke tempat ambil darah ruang sebelah pendaftaran.

"Halo mbak saya mau cek darah"kataku sambil nyerahin kertas
"Harusnya taro di keranjang itu mbak"
"Kata bapak di pendaftaran bisa langsung karena lagi sepi mbak"
"Oh ya udah, taro tangannya di sini ya"

Aku duduk dan taro tangan diatas dudukan busa warna hitam. Saat itu aku baru nyadar diambil darah berarti ditusuk jarum suntik kan..

"Jarumnya baru ya mbak"kata petugas sambil buka bungkus jarum.

Tadinya aku mau liat pas jarumnya nusuk. Tapi lebih baik jangan deh. Petugas ngasih cairan dingin ke tempat yang akan ditusuk. Aku malingin muka.

"Genggam tangannya ya mbak, tarik nafas dari idung pelan-pelan, yak gitu, sekarang lemesin tangannya, sebentar ya mbak, tarik nafas lagi mbak keluarin pelan-pelan yak udah selesai"

Owhhh petugas nya jago ga kerasa sama sekali loh tau-tau darah udah keambil satu tube jarum suntik. Aku ampe heran sendiri, dan ternyata darah itu agak kehitamannya bukan merah cabe gitu wkwkkk

Ilustrasi pengambilan darah
Source by mbah google

"Sekarang kita cek kecepatan pendarahan ya mbak coba angkat sedikit jilbabnya"

Mbak petugas naro alat kayak jarum suntik bentuk pulpen. Dan cetrekin alat itu ke belakang kuping. Dan aku disuruh nunggu sebentar.

"Buat apa itu mbak?"tanyaku
"Mbak mau operasi kan? Ini buat hitung kecepatan darah saat luka, biar ga muncrat darah pas operasi mbak haha"
"Oh gtu.. haha kalo hari jumat pendaftaran ampe jam berpa mbak?"
"Jam 11 mbak, untuk ambi hasil jam 4 sore ya"
"Paling senin diambil ga apa ya mbak"
"Ia ga apa mbak. Asal kartu yang dikasi petugas pendaftaran buat ambil hasil ada. Udah selesai mbak"
"Oke makasih ya"

Aku duduk diluar sebentar. Ada wa dari dokter cantik perio.

"Hai mbak, abis dari lab bisa ke rsgm lagi? Ada yang mau diukur dan dicek dosen"
"Oke dokter"

Balik lagi deh ke rsgm. Lagi-lagi naik gojek. Sampe rsgm aku nunggu dosen jumatan. Sambil nunggu dokter cantik ukur kedalaman gusi yang resesi. Sebelumnya di bius lokal. Sakit loh di tusuk gitu walau udah dibius hiks..

"Mungkin bedahnya sekitar tanggal 5/6 ya mbak aku usahain secepatnya. Tapi kayaknya bakal ketunda karena dosen ada pelatihan diluar kota sama mau akreditasi nih"

Aku tau akreditasi tu bakal super ribet. Selesai pengecekan dan dosen jumatan, dosen cek kondisi resesi. Mereka berdua diskusi dan aku mulai ngerasa nyut nyut ditempat ambil darah tadi.

"Mbak jadi nanti frenulum yang bercabang dideket resesi bakal di potong, lalu kita cek hasilnya mbak, mau narik gusi keatas agak susah karena gusinya tipis banget mbak"
"Jadi dipotong aja dok? Tetap sadar kan dok?
"Ia mbak, tetap sadar kok seminggu abis bedah bisa pasang orto"
"Sama dokter kan ya"
"Ia mbak sama saya kok bedahnya, tenang aja. Sebenarnya ini bukan kasus saya mbak, kasus ini saya udah selesai semester kemaren"
"Wah gimana tuh dok ga apa?"
"Ga apa mbak, asik aja ngerjain kasus kayak gini"
"Hehe makasi loh dok udah mau urusin saya"
"Sama sama"

Aku pamit, lemes banget. Efek darah diambil kali ya, pas diangkot gusi yang tadi disuntik mulai nyut-nyut.

Kondisi gigi yang dikasi karet separator udah ga ngilu lagi aku tenang jadi bisa makan. Tapi aku bikin kesalahan, nemang pas diem ga sakit, tapi pas makan luaarr biasaaa ngiluuuu banget sebanget bangetnya, dan makanan yang aku pilih saat itu kerupuk. Emakkk sakit banget ampe kediem buat nenangin diri..

Total 5 hari aku ga bisa makan normal. Tapi herannya berat badan ga turun. Cih.

Pengeluaran hari ini
Cek darah: 60.000

No comments:

Post a Comment