Monday, May 22, 2017

Catatan 11 - Perawatan gigi khusus behel

Dari yang aku baca dan alami saat ini, ada banyak yang perlu dan penting diperhatikan untuk merawat gigi berbehel. Perawatan ini berguna untuk mencegah bau mulut, plak gigi, sariawan dan juga kebersihan behel. Kan ga enak pas lagi ketawa ada yang nyangkut dibehel.

Dari yang aku baca disini ada 11 hal yang harus dilakukan jika ingin menjaga kesehatan mulut gigi berbehel

1. Gunakan sikat gigi khusus behel
Biasanya dokter orto akan ngasih set perlengkapan sikat gigi khusus behel. Waktu itu aku belum dikasih, entah dokternya lupa atau karena aku belum pasang behel rahang bawah, akunya juga ga nanya wkwkk. 

Aku pribadi udah mesen online paket sikat gigi behel tapi belum sampe. Untuk sementara aku nyari sikat gigi khusus behel di minimarket tapi ga ada, akhirnya aku ke supermarket dan ketemu. Saat itu aku ketemu 2 merk, merk luar dan lokal, merk luar lumayan mahal sekitar 34rb, untuk merk lokal ada dari formula seri orthodontic v cut dengan harga 17rb. 

Aku milih merk lokal dan ambil 2 sikat untuk cadangan. Bentuk sikat gigi khusus behel berbeda ya dengan sikat gigi biasa. Bulu sikat ny berbentuk v di desain agar pas dengan bentuk bracket. Kalo ga nemu sikat gigi betuk v untuk sementara bisa pakai sikat gigi anak kecil.

Sikat gigi formula orthodontic V-cut

2. Gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif
Saat baru pasang behel, pasti gigi kerasa ngilu dan sensitif, ada baiknya pakai pasta gigi khusus gigi sensitif ada beberapa merk yang bisa dipilih ya. Aku makai pasta gigi sensitif kadang-kadang aja. 

Karena gigi aku kuning aku cari pasta gigi yang bisa bikin gigi lebih putih dan enak diliat, dan aku pake close up diamond atraction, aku ga begitu liat perbedaannya, tapi aku ngerasa gigi lebih putih ga begitu kuning. Aku nemu pasta gigi ini di supermarket dengan harga 24rb, di toko online juga ada dan perbandingan harga yang lumayan.

Closeup diamond atraction
Source by mbah google

3. Lengkapi dengan obat kumur
Obat kumur berfungsi untuk membersihkan plak di gigi yang ga keraih sikat. Merk bisa pilih sesuai selera, aku pake yang no alkohol dan untuk gigi sensitif. Karena yang ada alkohol bikin perih ke lidah dan bikin mulut aku kering.

4. Bersihkan sela gigi dengan benang gigi
Ini pilihan sih ya mau lakuin ato ga, aku lakuin karena ternyata walau udah pake obat kumur sela gigi masih ada plak, aku tes loh bersihin sela gigi pake benang ini, dan cium itu benang. Bau lohh hahaha

Benang gigi
Source by mbah google

5. Minum paracetamol
Untuk obat aku ga begitu nyaranin, minum kalau terpaksa aja. Aku ga mau jadi ketergantungan obat.

6. Sediakan wax ortodonti
Wax ini berguna untuk bracket yang ada hook. Karena bracket ini kalo kesenggol terus bisa bikin sariawaan, ambil sedikit wax dan tempel di bracket yang nyakitin.

Wax ortho
Source by mbah google

7. Minum vitamin 
Vitamin c dan d berguna buat kesehatan gigi dan gusi jangan lupa imbangi ama minum air putih ya supaya ginjal baik-baik aja.

8. Hindari makanan keras
Dokter nyaranin aku untuk ga makan jagung, apel,dan kalo makan sate dilepas dari tusukan, makan daging dan ayam kalo bisa dipotong dulu jangan langsung tarik dengan gigi selain sakit bisa bikin bracket lepas.

9. Hindari makanan lengket
Hindari makanan yang dari karamel, permen karet atau yang bkin lengeket ke behel. Ribet bersihin nya dan bisa bikin bracket copot.

10. Bersihkan mulut setelah makan
Wajib ya, karena tiap makan pasti bakal nyangkut dibehel. 

11. Kunjungan rutin ke dokter orto
Wajib ketemu dokter untuk kontrol kondisi bracket minimal 1x sebulan tergantung janji ama dokter orto. Kunjungan ini untuk ganti karet gigi dan penarikan gigi kalo perlu. Karena posisi gigi pasti berubah dalam rentang waktu tertentu. Kunjungan berguna buat mastiin perubahan gigi kalo males bisa makin lama loh pasang behelnya.

Ini set sikat gigi behel yang aku pesan online.
Set sikat gigi behel pesan online

Satu set berisi kantong tempat perlengkapan sikat gigi, 2 sikat gigi model v cut satu ukuran normal dan satu lg bisa dibawa travel, jam pasir (aku ga tau gunanya apa), wax orto, yang di kotak kecil itu benang gigi, cermin bertangkai, dan yang di amplop kecil alat untung masukin benang gigi di antara kawat.

Untuk cara sikat gigi khusus behel bisa diliat disini. Berikut ilustrasi sederhana.

Source by instagram dentalvideos

Semoga bermanfaat 😊

No comments:

Post a Comment