Wednesday, May 17, 2017

Catatan 05 - Pencarian akar gigi dan step 01 pra behel

20 maret 2017
Dokter cantik konservasi sms sekitar jam setengah delapan malam dan bilang jam 9 besok dia bisa. Wah sukurlah aku terakir sms beliau pas insiden mati lampu itu.

Dokter cantik orto sms sekitar jam 9 malam dan bikin janji hari kamis jam 12. berlanjutt deh perjalanan ku

21 maret 2017
Setengah sembilan aku udah sampe rsgm. Antri nomor antrian dapet urutan 50, sedangkan yang dipanggil baru nomor 30. Aku deg degan bakal telat. Untung perputaran nya cepat karena ada beberapa nomor dipanggil pasien ga ada. Setelah aku dipanggil, daftar, lapor ketemu siapa, bayar 2rb. Aku menuju lt.1 ruang dokter konservasi.

Jam 9 dokter cantik konservasi manggil aku, sedikit ngobrol dan nanya perkembangan gigi aku, udah ga sakit dan jendolan kayak jerawat di dekat gigi bolong udah hilang tanda nanah udah ga ada tapi untuk penyembuhan radang akan makan waktu cukup lama.

Pencarian akar gigi pun dimulai. Satu akar gigi udah ketemu, dan satunya lagi ga ketemu. Dokter cantik ampe lelah tapi ngotot harus ketemu. Dokter cantik ampe minta bantuan 2 dokter lain untuk melihat akar gigi. Tapi tetap ketemu.
"Dari foto giginya mbak, akar yang satu ketemu, sedangkan akar satu lagi ga keliatan. Kayak nya karena lama radang dan bengkak akar giginya nutup"
"Kalo ga ketemu ga bisa langsung tambal aja dok?"
"Ga bisa mbak, nanti takutnya radang dan jadi masalah"
"Tapi kasian dokter udah capek"
"Haha ga apa mbak ini tugas kita kok, aku kasi obat ya, kita liat perkembangan nya"
"Maaf dok gigi atas saya bolong"
"Oh yang setitik ini ya? Aku bersihin ya" dokter membersihkan gigi atas yang bolong setitik"wah mbak walau setitik udah dalem nih bolong nya"
"Ga sampe akar kan dok??"
"Engga kok mbak tenang..."

Haha aku sempat kuatir, kalo ampe akar lama lagi perawatan tertunda lagi pasang behel. 

"Aku kasi obat sementara dulu ya mbak, ga sempat nih kayaknya ada janji ama pasien jam 1"

Lumayan juga mangap dari jam 9 ampe jam 1.... wkwkkk

Dokter bilang nanti kamis ketemu lagi, aku minta maaf dan bilang udah janji ama dokter cantik perio dan dokter cantik orto tapi aku bilang akan sms kalo ada perubahan.

Malemnya aku wa dokter cantik perio nanya janji hari kamis jam berapa. Dokter cantik belum pasti dan bilang hari rabu bakal di kabarin. Dokter cantik nanya gimana perubahan gigi aku. Aku bilang bengkak gusi udah mulai kempes, saat sikat gigi ga berdarah lagi. Dokter senang dan bilang agar aku tetap pake obat kumur itu.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Obat gigi bawah: 35.000
Obat gigi atas: 15.000

22 maret 2017
Jam 7 malem aku wa dokter cantik perio untuk konfirmasi janjian besok. Dokter cantik bilang janji di undur hari senin, kalo aku mau ketemu dokter orto lanjut aja. Dokter cantik pesan agar aku sampein masalah resesi, frenulum dan jendolan gusi depan.

Setelah itu aku sms dokter cantik konservasi dan bikin janji untuk hari kamis. Dokter cantik balas dan bilang jam 10.

23 maret 2017
Jam 9.30 aku udah sampe rsgm. Mulai ritual pendaftaran. Ambil nomor, nunggu dipanggil, saat dipanggil lapor ketemu siapa, bayar 2rb. Jam 10 aku nunggu dokter belum ada. Sepertinya masih kuliah. Aku kabur ke kantin beli minum. Jam 11 dokter cantik mempersilahkan aku ke dalam.

Aku bilang ke dokter ada janji dengan dokter orto jam 1. Dokter mulai melakukan pencarian akar gigi dan masih ga ketemu. Saat itu udah jam setengah satu, dokter memutuskan agar aku foto gigi lagi supaya bisa liat perkembangan akar yang satu lagi.

Dokter memasukan alat seperti jarum untuk satu akar gigi yang ketemu, lalu menutup gigi dengan tambal sementara. Dokter cantik bilang ga usah bayar barengin aja ama pengobatan minggu depan. Aku menerima surat rujukan untuk foto gigi, dan langsung kebagian radiologi.

Dibagian radiologi petugas sedang istirahat dan baru buka jam 2. Situasi Bagian radiologi agak ramai dengan mahasiswa yang mau ujian, mereka bawa pasien untuk foto gigi dan akan diuji oleh dosen mengenai hasil foto gigi itu.

Aku sms dokter cantik orto, bilang harus foto gigi sebentar. Dokter balas dan minta aku ke lt.3 dulu supaya dia bisa cetak karena jam 2 dia ada praktek.

Aku buru-buru ke lt.3 duduk sebentar dan dipanggil ke dalam. Aku duduk di kursi pasien dokter cantik.

Hal pertama yang dilakukan adalah sesi foto. Gigi aku dibuka dengan alat lalu difoto dengan bantuan kaca pipih, lalu ganti alat yg berbentuk huruf y berguna untuk tarik pipi agar gigi terlihat.

Ilustrasi alat saat foto
Source by mbah google

Setelah itu cetak gigi. Alat yang digunakan sama seperti di tempat dokter perio. Aku cerita soal masalah gigi yang harus dikoreksi. Dokter cantik bilang ga masalah kalo dokter perio mau koreksi.

Dokter cantik minta aku untuk foto ronsen sefalometri dan foto ronsen panoramik di lab pamitra. Dokter memberikan surat rujukan. Lalu setelah cetak gigi dan kasi surat rujukan ronsen, aku diajak ke ruangan lain untuk foto bagian depan muka dan samping tanpa hijab.

Setelah selesai aku kembali ke bagian radiologi, kasi surat dari dokter konservasi,
bayar ke depan, balik ke bagian radiologi, nunggu dipanggil, lalu foto. Setelah selesai aku ke tempat dokter konservasi

Dokter menyarankan agar aku ronsen dan aku bilang udh dikasi surat rujukan dari dokter orto. Dokter bilang minggu depan kita ketemu lagi ya.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Foto gigi: 35.000

No comments:

Post a Comment