Monday, May 22, 2017

Catatan 10 - Pengambilan hasil cek darah, tambal permanen gigi atas dan step 03 pemasangan behel rahang atas


1 mei 2017
Karena tanggal merah, aku ga bisa ambil hasil cek darah. Kondisi aku lemes ga bisa makan, gigi kesenggol dikit ngilu banget hiks. Makan bubur dan oatmeal tapi lama-lama bosen juga. Pengen makan yang kriuk-kriuk..

Gigi yang paling sakit itu, gigi kanan atas yang ditambal sementara. Sakit banget kalo kesenggol lidah.

Jam 6 sore aku wa dokter cantik konservasi buat bikin janji besok. Dokter balas dan bilang jam 1 selesai beliau kuliah.

2 mei 2017
Dokter cantik perio butuh cepat hasil darah, jam 10 aku ke dinas kesehatan kota bandung sebrang pusdai by gojek. Hasil darah ada ditangan aku foto dan kirim ke wa dokter cantik perio. Karena ga ada kerjaan, aku langsung ke rsgm nunggu janjian dokter cantik konservasi.

Ritual pendaftaran selesai dilakukan. Aku beli minum dan duduk di ruang tunggu konservasi. Buka novel dong seperti biasa biar ga bocen. Jam satu kurang aku ke lt.2 nyerahin hasil cek darah ke dokter cantik perio. Dokter cantik bilang ga ada masalah dengan darahku, semua baik-baik aja dan siap bedah. Dokter janji akan ngabarin lagi.

Jam 2 dokter cantik konservasi baru muncul, kuliah nya agak lama dari biasa.

"Aduh mbak maaf ya nunggu lama, kuliahnya baru selesai"
"Ga apa dokter tadi saya juga abis dari dokter perio"
"Udah selesai karangnya mbak? Gimana mbak ada keluhan ga? Kurusan loh mbak"
"Karang udah selesai dok, mau bedah resesi bawah dok.Ga ada keluhan kok dok gigi belakang. Cuman gigi atas sakit aja karena ada karet itu"
"Udah pasang separator ya mbak, kita cek ya"dokter cek kondisi gigi atas "jangan terlalu kurus mbak segini udah cukup"
"Hiks dok ini aja pengen makan tapi ga bisa dok, ngilu giginya"
"Kita bersihin ya mbak"
Dokter bersihin tambal gigi atas, pas dokter congkel-congkel lubang nya, sumpah demi apa pun itu sakiiit banget
"Sakit dok"
"Ia mbak karena giginya bergeser jadi sakit, tahan ya mbak, biar bisa makan lagi"
Dokter lanjut kerja. Jadi sakit bukan karena bolongnya, tapi karena gigi aku yang bergeser. Sempat kuatir karena kalo gigi sakit kan ga boleh langsung tambal permanen.
"Coba gigit mbak ganjel ga"
Aku gigit tapi yang kerasa ganjelan antara karet separator.
"Kita liat gigi belakang ya mbak" dokter buka tambalan sementara gigi belakang "ga berdarah mbak kapasnya, bersih nih. Ga bau juga biasanya kalo radang jadi bau"
"Jadi gimana dok"
"Rencananya tetap pertahanin gigi ya mbak, kalo akarnya tetap ga ketemu mau dibuang aja mbak ntar kita bikin mahkota tiruan"
"Mahal ga dok? Bisa bpjs?"
"Kurang tau ya mbak, ntar aku tanya ya" dokter nambal gigi belakang
"Udah aku tambal ya mbak, ntar kalo udah beres bedah nya wa aja ya mbak, sekalian aku diskusi lagi ama dosennya"

Selesai suda nambal permanen gigi atas. Diperjalanan pulang aku wa dokter cantik orto. Dokter janji bakal kabarin kalo udah ada jadwal.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Tambal permanen gigi atas: 65.000

7 mei 2017
Hari ini aku mulai bisa makan pelan-pelan, masi sedikit ngilu dan belum bisa makan yang keras keras. Jam 6 sore dokter cantik orto wa dan kasi jadwal selasa siang ato rabu pagi. Aku milih selasa, lebih cepat lebih baik.

8 mei 2017
Jam 11 aku wa dokter cantik orto untuk mastiin janji jam 1. Dokter bilang jadi dan aku berangkat. Agak gerimis disini semoga berenti karena mang gojek susah jalan kalo hujan.

Sampe rsgm jam 12 kurang, aku ke bagian pendaftarn buat ambil nomor, ternyata lagi jam istirahat buka lagi jam 1. Aku deg degan bakal telat nih. Jam 1.03 baru beres pendaftaran, aku langsung ke lt.3 residen orto. 

Dokter minta aku nunggu sebentar karena bangku periksa lagi dipake. Ga berapa lama dokter manggil lewat speaker. Suasana ruang periksa rame banget penuh pasien dan dokter.
"Hai mbak gimana keadaanya"
"Baik dok"
"Kapan rencana bedah?"
"Belum ada jadwal dok, lagi akreditasi"
"Owh iya, kita pasang bracket atas dulu ya. Gimana kata dokter konservasi buat gigi belakang?"
"Mau dipertahanin dok, akarnya mau dibuang jadi harus diskusi ama dosen lagi"
"Oke semoga secepatnya ya, terus gigi bungsu belakang tetap mau dicabut?"
"Mau dok masi nunggu bpjs"
Setelah itu dokter sibuk siapin macem-macem. Untuk masang behel dokter harus mempersiapkan ring dudukan, bracket metal, kawat dan karet warna warni power o.

Ilustrasi perangkat behel
Source by mbah google

Dokter mencoba dudukan ring untuk di gigi belakang. Bentuk nya seperti cincin dan ada pengait. Saat pasang ring dokter seperti menambah bahan warna putih supaya ring ny nempel di gigi, bentuknya seperti bahan untuk nambal gigi.

Setelah ring terpasang, dokter pasang mouth gate untuk ngebuka mulut, dokter masang ganjelan di gigi dengan kasa kapas bentuk bulat panjang, supaya rahang aku ga pegel. Setelah itu mulai masang bracket, ada tahapannya, keringin gigi, nepelin cairan warna biru, cuci pake air, pasang bracket metal, buang sisa lem sekitar bracket dan keringin pake sinar biru. Kena sinar biru ini agak panas loh.

"Ciee mbak pake bracet, sakit ga mbak"goda dokter
"Belum kerasa dok, kayak kemaren pasang karet separator besok nya ga bisa makan dok 5 hari"

Saat pasang kawat dokter mastiin ujung kawat ga nyakitin pipi bagian dalam lalu nyuruh aku milih karet di depan, di tempat petugas kerupuk. Aku pilih warna pink tua.

"Untuk sementara jangan makan yang keras-keras ya, yang alot juga. Kalo makan sate lepasin dulu dari tusukan ya, jangan makan jagung juga"
"Ntar saya dikira pasang susuk dok, makan sate dilepas dulu dok"
"Haha oh ia kalo bracketnya lepas simpen ya jangan sampe hilang. Ntar kena cash kalo hilang"
"Berapa dok?"
"Sekitar 50rb mbak" Dokter selesai masang karet "Untung dudukan ring ny bayar terpisah ya mbak, satu ring 16rb. Klo udah beres bedah sama perawatan gigi belakang kontak aku ya biar kita ada progres"
"Sip dokter makasih ya"

Selesai pasang behel atas, rasanya aneh kalo senyum hook ditaring sebelah kiri suka nyangkut dibibir. Laper aku beli onigiri dan minuman, masih belum ngilu dan bisa makan walau nyangkut sana sini di behel dan kawat. Dari yang aku baca abis masang bracket harus diemin dulu sejam jangan langsung makan.

Malem aku masi bisa makan, sengaja makan nasi dan ayam yang banyak. Dan benar aja 3 jam kemudian gigi mulai sakit dan ngilu. Yang kerasa itu gigi depan dan taring. Sakit ngilu senggol bacok deh.

Dokter orto pesan agar aku lebih sering sikat gigi. Minimal 2x sehari, pagi bangun tidur walau mikir belum makan pasti ga kotor (kayak gw) harus tetap sikat gigi, sejam setelah makan dan sebelum tidur.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Dudukan ring: 4x16.000= 64.000
Cicilan orto: kata dokter ntar aja sekalian pas pasang orto gigi bawah

No comments:

Post a Comment