Wednesday, May 24, 2017

Catatan 13 - Bedah frenulum/frenektomi di residen periodontik

23 mei 2017
Hari ini bedah minor frenektomi/frenulum. Banyak banget istilah yang disebut dokter intinya yang aku tangkep salah satu gigi bawah bagian depan ada yang resesi alias gusinya turun cuman di satu gigi, nah apa sih itu namanya yg nempelin dagu ke gusi dokter cantik sebutnya frenulum, frenulum itu bercabang dan cababagnya ini narik gusi yang turun itu. Cabang ini harus dipotong supaya ga bikin gusi turun, sedangkan gusi yang terlanjur turun bakal ditambal pake gusi lain. Dokter cantik rencana mau ambil gusi di langit-langit mulut buat tambalan dan kata dokter ini bakal sakit banget. 

Tapi untuk sekarang cuman pemotongan aja nambalnya nanti. Bedah ini harus dilakukan karena pake behel. Pemakaian behel bikin gigi ketarik-tarik, dikhawatirkan resesi ini bakal makin parah.

Jam 8.30 Dokter cantik wa dan ingetin hari ini bedah jam 12.30, jangan lupa makan dan bawa sikat gigi. Aku udah biasa ga makan pagi karena diet ocd (om dedi bilang ini life style bukan diet) jadinya agak males buat makan. Aku bingung mau makan apa, akhirnya aku ga makan mikir paling cuman dipotong dikit bisa makanlah dan nantinya aku nyesel karena ini kesalahan terbesar.

Jam 11 aku udah sampe rsgm, karena janji jam 12.30 aku mikir bakal telat karena pendaftaran istirahat jam 12 buka jam 1. Saat itu aku iseng nanya soal bpjs.

"Pak kalo pasien bpjs.."
"Oh neng mau daftar bpjs?"
"Bukan pak, bpjs saya faskes 1 nya puskesmas, gimana ya supaya bisa dapet rujukan ke rsgm ini?"
"Paling nanti dapet rujukan dari faskes 2 nya neng baru bisa ke sini"
"Rs mana ya pak?"
"Paling bornius, advent..."
"Kalo rsgm jl.riau bisa pak?"
"Ia bisa neng"

Aku mikir kalo mereka bisa kerjain pasti di bedah gigi bungsu disana. Selesai ritual pendaftaran aku duduk di depan ugd aja yang ada sofa lumayan empuk nunggu ampe waktu janjian.

Jam 12.20 aku ke kantin beli minum dan langsung ke lt.2 ruang tunggu residen periodontik, selain perio sepertinya ada satu ruang buat residen gigi anak atau apa aku ga meratiin. Letaknya dipintu sebelah kanan berhadapan ama pintu ruang residen perio.

Aku wa dokter cantik, ga lama dokter nyamperin ke depan.

"Hai mbaak gimana kabarnya"
"Baik dokter, makasih"
"Maaf ya nunggu sebentar ruang bedahnya masi dipake belum selesai"
"Ia ga apa dok"
"Udah makan?" Tanya dokter
"Udah dok" iuh aku bohong (ga banget)
"Jam berapa"
"Nghh...sekitar jam 9 dok"aku asal sebut 
"Wah lama dong ga makan siang lagi?"
"Ah engga dok udah cukup"
"Eh udah pasang bracet coba cheese"
Aku nyengir cheesee"agak sakit dok di gigi depan yang ada jendolan ini serasa bengkak di balik gigi depan ini"
"Ia emang gitu mbak karena giginya dipaksa gerak, dan karena jendolan itu juga. udah siap bedah mbak?"
"Siap dok"
"Ntat bakal sakit sedikit, disuntik lokal"
"Ia dok cuman disuntik dikit kan"
"Haha ia mbak dikiitt, di tunggu sebentar ya ruang bedah nya lagi dipake, aku juga masi makan"
"Ia dok ga apa ko santai aja"

Dokter balik ke dalem, aku kabur ke kantin beli jus perut ribut krucuk krucuk, kalo bunyi pas bedah kan ga lucu. Lumayan bikin perut diem.

Jam 1 dokter balik lagi samperin aku ke depan dan ngajak ke dalam ruang perio.

"Masi ada karang gigi ga mbak?"
"Nghh kayaknya ga ada deh dok haha"
"Hahaha kita liat ya pake cairan merah itu bersih ga sikat giginya"
"Oke dokter"

Dokter netesin cairan merah dibalik lidah yang ada manis-manis nya itu. Diemin sebentar lalu kumur-kumur, setelah meludah dan kumur pake air aku ngaca buat liat sisa plak.

"Tuh mbak masih ada merah-merah dibalik behel sama bagian bawah. Dikasi set sikat gigi sama dokter orto?"
"Belum dok, tapi saya udah beli"
"Ada sikat yang kecil buat sela behel?"
"Ada dok tapi saya ga bawa"
"Minggu depan bawa ya, sekarang sikat gigi dulu. Bawa odol?"
"Eng.. ga dok hehe maaf dok"
"Oh ga apaa aku ambil dulu ya"

Dokter pergi buat ambil odol, biasanya juga pake odol dokter, aku ngeluarin sikat gigi, satu yang buat behel satu buat gigi bawah yang biasa. Aku mulai gulung lengan jaket.

"Nih odol nya, pake sikat yang mana mbak?" Tanya dokter
"Dua-dua nya dok, satu buat behel satu yang biasa
"Oh ini sikat orto?" Dokter ambil sikat formula "tapi yang kecil ga ada ya, kita liat bersih apa ga ya mbak"

Aku mulai sikat gigi. Sambil liat kaca, aku harus rajin pake sikat kecil itu yang khusus untuk sela behel agak kaget juga pas pake cairan merah itu ternyata masih ada plak kirain sikat gigi dah bersih. Selesai sikat gigi dan warna merah hilang di gigi aku balik duduk di kursi periksa.

Saat nunggu dokter, aku liat cairan merah itu. Namanya disclosing solution. Aku cek di salah satu toko online, ada yang jual dengan harga kisaran 60rb dengan deskripsi digunakan untuk mendeteksi adanya plak atau tidak pada gigi.

Ilustrasi disclosing solution
Source by mbah google

"Udah beres mbak? Mana aku liat"tanya dokter"yaa udah bersih, sekarang kita ukur tensi dulu. Buka jaketnya mbak"
"Eng.. saya pake kaos pendek dok" aku suka gitu pake kaos pendek lapis jaket. Tapi baru kali ini ke rsgm pake kaos
"Oh gitu, sebelah tangan aja mbak"

Hasil tensi aku normal. Syukurlah. Sebelum ke ruang bedah aku ijin ke toilet. Banyak minum ditambah ruangan dingin bikin beser...

Ruang bedah ada di ruang periksa residen gigi anak yang pintunya didepan pintu residen perio, masuk ke dalam suasananya kurang lebih sama kursi periksa berjejer ruangan ini penuh dengan dokter dan pasien, aku ikutin dokter cantik melewati deretan kursi periksa dan masuk lagi keruangan kecil dengan 2 kursi periksa, ada wastafel juga. 

Aku duduk di salah satu kursi periksa yang ngadap jendela. Ada satu dokter cantik dengan alis cetar yang akan bantu bedah ini. Aku di minta isi formulir pernyataan bersedia dibedah dan setuju dengan tindakan yang dilakukan dokter. Setelah isi dan tanda tangan aku menyerahkan formulir tadi ke dokter cantik beralis cetar.

Untuk bedah dokter cantik perio akan dibantu dengan 2 asisten operasi, satu dokter cantik alis cetar yang akan bantu selama bedah, satu lagi dokter cakep yang bantu bagian dokumentasi.

"Haii maaf lama yaa"dokter cantik perio muncul dengan pakean operasi yang ijo-ijo."kenalin mbak ini dokter cantik alis cetar dari bawah (sepertinya residen konservasi) yang akan bantu aku dan ini dokter cakep yang akan bantu dokumentasi"

Dokter cantik diskusi dengan asisten operasi tentang tindakan bedah yang akan dilakukan, jaitan jenis apa dan lain hal. Sebelum bedah dokter cuci tangan, keringin lalu pasang sarung tangan karet. 

Bedah dimulai aku pakai kain hijau yang bolong dibagian mulut dan hidung untuk nutupin muka. Aku ga bisa liat apa apa jadi milih tutup mata aja.

Ilustrasi penutup muka bedah
Source by mbah google

"Kita bius lokal ya mbak, tahan kalo sakit sedikit ya" dokter basahin sekitar bibir atas bawah dan bagian dalam mulut yang akan dibedah dengan kasa bercairan dingin, setelah itu suntik bagian gusi "kerasa ya mbak ada yang masuk, kalo sakit ato ga nyaman angkat tangan kiri ya mbak"

Aku berguman mengiakan. Sakit loh saat jarum suntik ditusuk ke gusi kerasa banget jarum itu masuk gusi, dokter suntik 2 kali di beda tempat lalu mijat-mijat bagian dagu dan bibir

"Gile dok sakit"
"Hehe tapi sekarang ga kerasa apa-apa kan mbak" 

Kayaknya pas ngomong gitu dokter nusuk gusi aku pake alat. Aku ga tau apa yang dokter lakuin karena mata ditutupin kain. Sebenarnya aku mau liat karena penasaran denger dokter diskusi ama asop (asisten operasi) dan bosen juga ga bisa liat apa-apa bisa ketiduran nih.

Pas lagi bedah itu ada tindakan tambahan yang harus dilakukan kayaknya gusi terlalu tipis jadi harus diapain gitu ga paham. Asop dokter cakep wa dosen yang ada saat itu, ga lama dosen dateng dan dokter cantik perio jelasin tindakan tambahan yang ingin dilakukan. Dosen setuju dan ngasi tambahan saran, dosen ikut mendampingi dan ngasi beberapa instruksi sampai bedah selesai.

Saat ditambah tindak lanjutan aku dapet bonus 2 tusukan bius lokal, sepertinya bagian kiri dan kanan resesi gusi juga ada masalah apa gitu, jadi sekalian dikoreksi

Aku ngerasa bibir ditarik-tarik tapi ga bisa rasain bibir bawah dan dagu, tadi obat bius kena lidah jadi ujung lidah mati rasa. asop dokter cantik alis cetar baik banget basahin bibir aku yang kering pake kain kasa.

Aku ngeri saat dokter sayat gusi, bunyi nya itu loh sreet sreet sreeet dan dagu aku ampe gerak gerak, trus saat dokter jahit itu benang nyentuh bibir kerasa keluar masuk tapi ga kerasa jarumnya.

Aku ga nyangka bakal di jahit total dapet 6 jahitan, malah ga nyangka sama sekali bakal dijahit dokter bilang cuman potong dan aku mikir kayak waktu potong gusi dengan dokter konservasi. Kan saat itu ga dijahit.

Saat itu aku mutusin kalo bedah gigi bungsu milih cabut 4 sekaligus dan minta dibius total. Lebih baik ga tau sama sekali apa yang terjadi deh.

Bedah selesai aku raba bagian dagu dan bibir. Serasa kebas, bengkak dan lembut.

"Mbak ntar jangan makan yang panas, yang asem, yang pedes dulu ya"
"Yang pedes dokk??"aku protes
"Kalo pas lagi seuhah ntar jaitannya kebuka mbak, Minggu depan kita ketemu lagi ya buat buka jaitan. Diusahain perban jangan lepas ya"

aku pengen ketawa pas dokter sebut seuhah (kalo ga salah ejaan ny gitu) tapi ga bisa ketawa nih sakit pas gerakin bibir. Perban yang dokter maksud kayak permen karet ditempelin digigi..

"Buat ketemu dokter konservasi sama orto mulai kapan dok?"
"Lebih baik minggu depan ya mbak, oh ia kata dokter konservasi gimana gigi belakang?"
"Belum tau dok, kemaren wa ga di jawab rencana nya mau dibuang aja akarnya terus dibikin mahkota tiruan dok"
"Oh ya itu bareng aku loh bedahnya, aku mau tambahin bubuk tulang di akarnya, dokter konservasi ga bilang bareng aku?"
"Enghh kemaren ga bilang dok cuman bilang buang akar sama bikin mahkota gigi"
"Ya nanti itu ya yang penting sehatin dulu ini, Ini tebus obatnya dibawah ya langsung minum biar ga terlalu sakit. Jangan kumur-kumur terlalu keras ya mbak, mulai besok pake obat kumur minosep nya"

Tadinya aku mau langsung ketemu dokter orto buat pasang karet separator rahang bawah yang lepas. Tapi ini sakit banget uyy, senyum sakit, ngomong sebisa mungkin ga gerakin bibir bawah, nguap biasanya lebar sekarang harus sok imut..

Ada 3 obat yang ditebus amoxilin, asam menefamat, dan obat kumur minosep merah. Pas diangkot efek bius mulai pudar sedikit demi sedikit dan nyut nyut pun dimulai. Nyeriii ngilu... Hiks

2 jam setelah bedah aku nyoba makan, dan ternyata sama sekali ga bisa ngunyah tiap gerakin rahang jahitan kerasa sakit bangeeet.. emaakkk...

Akhirnya aku makan energen, harus nunggu dingin dulu baru bisa makan. Kata si adek mulut aku kayak abis di tonjok. Bengkak. Wkwkkk

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Bedah frenektomi/frenulum: 100.000
Obat: 32.000


5 comments:

  1. Hai ka.mau nanya. Frenektomi apakah bisa menggunakan bpjs? Dan brp biayanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, bpjs hanya kasus tertentu aja. Kayak nya bpjs bisa dipakai dibagian dokter umum ny bukan residen.

      Delete
  2. Halo kak ,mau tanya operasi frenectomy dimana ya ?
    saya butuh referensi nih ?
    bulan" ini saya mau operasi frenectomy juga ,
    terimakasih ..

    ReplyDelete
  3. Kak kamu kok cuman habis segitu untuk bedah frenectomy. Aku aja ditarik 1,5 juta ㅠㅠ

    ReplyDelete
  4. Iya ya.. kok bisa murah ya kak? Aku juga mau frenek biayanya. 1.5 buat operasi doang

    ReplyDelete