Friday, May 12, 2017

Catatan 01 - Hari pertama RSGM UNPAD

04 Maret 2017
Aku dateng ke RSGM UNPAD dianter ayah, bareng si adek. Aku kira RSGM nyatu bareng kampus unpad DU, taunya ga RSGM terepisah dan lumayan jauh dari jalur angkot, alamatnya jln sekeloa abis tanjakan lurus aja terus ampe ketemu indomaret lalu belok kanan. Kesan pertama wow penuh ama mobil (dulu kampus gw penuh ama motor) dan mahasiswa yg mondar mandir pake jas putih.

Aku dateng sekitar jam sembilan, daftar dan isi formulir lalu ditanya keluhan apa. Setelah isi formulir bayar 5rb nunggu sebentar dipanggil sama suster. RSGM nerima bpjs loh untuk kasus tertentu. 

Syarat BPJS RSGM UNPAD

Ditanya-tanya keluhan apa, aku bilang gigi bolong. Suster liat dan bilang kalo ama spesialis harus janjian, dengan dokter umum nanti jam 2 (saat itu lagi pada sibuk ato apa gt kondisi ny jadi adanya jam 2) , dengan residen bisa langsung, kalo ama koas harus nunggu, nunggu ini ga pasti gimana jadwal koas. Suster ini sebutin tarif tiap dokter.

Aku dan adek mikir pengen dengan koas karena lebih murah tapi ragu dengan jadwal ga nentu. Aku bilang ke suster pengen diskusi dulu ama ortu.

"kalo mau pasang behel bisa?"tanyaku
"ya udh ke bagian orto dulu ya gedung sebelah sana lt3" suster nunjuk ke salah satu pintu yang mengarah keluar.

Aku ke gedung yang dimaksud, Sampe lt.3 aku duduk dan liat loket kosong ga ada penjaga. Aku nekat nanya ke salah satu pasien (kayaknya) yang lagi duduk.

"Bagian orto dimana ya?"
"Itu teh, masuk aja kedalam pintu sebelah kanan"

Aku pun masuk dan ada petugas yang jaga lagi makan krupuk dengan heboh (krauk krauk), aku ngasi rekam medik dan disuruh nunggu nanti dipanggil. Aku duduk diluar. Ga berapa lama aku dipanggil lewat pengeras suara. 

Ketemu dengan dokter cantik, gigi nya putih rapi. Ruangan periksa ini luas, terang, putih dengan kursi-kursi ala dokter gigi berjejer.

"mau pasang behel ya, mbak kuliah apa kerja? Pasang behel ini paling lama minimal 2thn jadi kalo kerja diluar kota agak susah" terang dokter cantik
"saat ini belum kerja dan akan rajin kontrol dok" 
"coba buka mulut nya" 

aku buka mulut dari cara meriksa, dokter ini seperti jijik (Sumpah minder gw). Gigiku memang berantakan dan kuning, mungkin dokter cium bau mulut juga..

"Oke, mbak pernah make obat-obatan?"
"Nghh..lg konsumsi obat diet dok"
"Udah berapa lama?"
"Sebulan dok"
"Kalo antibiotik?"
"ga pernah dok"
"Jadi mbak gigi nya harus di scaling dulu sama di tambal biar enak nanti pas di pasang behelnya dan biaya 3,6jt. gimana mau lanjut?"
"oh bukan 2,4 dok?" Aku mastiin info dari blog di internet.
"ga mba"
"bisa cicil dok?"
"Bisa, paling bayar DP dulu, sisa nya pas udh selesai pasang braket. Dp nya bisa berapa aja"

Dokter pun ngasih surat rujukan utk scaling serta tambal gigi. Aku diminta ninggalin nomor kontak. Petugas yang jaga di depan yang makan kerupuk dengan heboh bilang

"disni aja neng pasang behel di spesialis bisa sampe 8-13jt"

dokter cantik ngasi kertas rujukan.

"Waiting list ga dok" ak deg degan dari info yang aku baca ada waiting list segala
"Oh engga kok, nanti aku hubungi lagi ya"

Aku pun balik ke tempat suster di UGD tadi
"mau dokter umum aja?" Kata suster
" Ia sus saya nunggu jam 2 aja tadi saya dikasi surat ini"

Suster menerima dan jepret ke herkas rekam medik. Akirnya si adek pulang duluan nyerah dia. Aku setia menanti ampe jam 2. Saat itu ujan plus angin. Jam 2 teng aku dipanggil, ke 3 pasien sbelum aku ga ada. Jadi aku yg pertama hohooo.

Ketemu sama dokter ganteng, dokter muda kurus  tampan dengan kacamata, saat itu kerah jas putih ny ga rapi, rasa nya pengen benerin tu kerah jas putih (apa sih gw kyk emak2 aja wkwkkk).

"Apa keluhan nya mbak"
"td ketemu dokter **** dan dikasi surat ini"
"oh teh **** mau di orto ya, loh sus ini kan harusnya ke residen"
"kalo ke residen harus ronsen dulu dok"sahut si suster

Aku diem makjan... keluar duit berapa... Dulu si adek pernah ronsen gigi dan kena 200rb lebih, aku udah deg degan aja.

"ya sudah saya periksa dulu aja ya mana tau bsa di tangani di sini" Dokter ganteng meriksa dan bilang "oh udah nutup ya"

Kondisi gigi yang berlubang itu berlubang cukup besar sehingga gusi yang ada diantara gigi lemes karena ga ada dinding gigi dan nutupin lubang itu.

"harus ke residen mbak biar dirawat, Ini bagian ugd cuman menangani yang dasar aja. Kalo scaling saat ini belum bisa mesinnya lagi rusak. Saya kasi surat aja ya buat ronsen"

Aku hanya diam dan mikir mahal ga ya..
"ronsen ke gedung tadi ya teh, tapi belok kanan abis ronsen langsung aja ke ruang residen konservasi lt.1"kata suster

Aku ke gedung tadi masuk dan belok kanan malah ruang tunggu lt.1 lagi-lagi aku nekat nanya sama salah satu mahasiswa yang pake jas putih dia baik banget mau nunjukin. Hiks makasi dokter baik bener.

Ternyata sebelum masuk gedung itu ak harus belok kanan dan belok lg dilorong terus lurus.

Diruang tunggu radiologi rame ada beberapa yang antri, aku ngasi kertas dari dokter ganteng ke petugas lalu dia nulis nota dan aku disuruh ke loket di depan buat bayar.

Balik lagi ke depan buat bayar, loket pembayaran satu area sama loket pendaftaran. Ak lirik notany, 35rb wah murah...

Pas bayar dikasi kayak kartu kecil dibalut plastik tebal (entah apa namanya) ak balik ke bagian radiologi dan nunggu panggilan.

Saat nunggu dipanggil aku duduk di sebelah cewek yang pake behel. Aku nanya-nanya deh. Dia masang behel disni sama residen kena 3,6jt sekarang udah bulan ke 2 udah ada perubahan dan sekarang di suruh ronsen lagi,

aku bilang baca di blog ada yg 2,4jt trus kata dia mungkin itu ga ada masalah dengan rahang. Aku jadi mkir apa ada masalah ama rahang ku..

Giliran aku dipanggil, aku duduk di kursi kyk dokter gigi dan di kasi lapisan berat warna hitam untuk nutupin baju.

"telunjuk kiriny mana" kata petugas

aku nunjuk trus dia masukin kartu yang tadi aku dapet ke mulut tepat yg bagian gigi bolong.

"Tahan pake telunjuk ya"

Petugas itu keluar, aku tutup mata agak deg degan, tiba-tiba bapak itu masuk dan bilang udah selesai.

"Loh udh pak? Bentar amat"
"Ia cuman gitu aja neng di tunggu ya hasil nya"

keluar dari ruang ronsen aku liat ada beberapa mahasiswa radiologi lagi cek kertas kecil kayak negatife foto jaman dulu. Saat aku nunggu diluar cewek behel itu udh ga ada.

Ga lama aku di panggil dan aku liat hasil ny cuman kertas film hitam kecil yang tadi lagi dicek mahasiswa radiologi, Aku kira bakal lengkap semua gigi ternyata cuman satu gigi pantes murah wkwkk.

Ilustrasi foto gigi dari mbah google

Aku liat gigi yg bolong udah lebar ewhh trus ada bagian yg menghitam di bagian akar gigi yang bolong. aku juga liat ada gigi yg mendem agak deketin gigi bolong. Yang aku pikir jangan-jangan ini "wisdom teeth" legend tea.. yang harus dicabut dan bekas ny bakal bkin pipi bengkak banget.

Aku ke tempat residen konservasi lt.1 dan ngasi rekam medik ke petugas, sebelum nya aku nanya lagi ke dokter baik hati (dokter lain bukan yang nunjukin ruang radiologi) kasi kesiapa dan dokter baik hati itu nunjuk petugas pake seragam.

Aku nunggu diluar. Saat itu udah sekitar jam 3, aku udah lelah dan mulai lapar daan habitat jelek nih kalo mulai lapar akan sedikit jutek.

Petugas keluar manggil nama aku, dan bilang "sekarng lagi sibuk banget residennya, mau ke lt.2 dulu buat scaling?"

Lagi - lagi aku mkir berapa duit tuh.... scaling di dokter langganan aja satu rahang mahal huhu

"Ntar dulu bu ini dulu aja, ga apa nunggu" kata ku

Petugas itu pergi dan aku duduk manis menanti. Maafken akuh yg selalu mkir dikit-dikit berapa duit, seperti yang ku bilang sebelumnya, aku belum kerja dan bpjs ga ditanggung kantor ortu lagi karena umur udah 26. Sedikit aku singgung soal uang maka kening ibu akan makin berkerut...

Lanjut aku pun dipanggil dan bertemu dokter konservasi. Dokter cantik dengan gigi putih bersih dan rapi. 

Entah kenpa aku kalo liat orang pertama pasti liat gigi hahaha. Aku pernah ketemu seorang dokter gigi, mohon maaaaf gigi ny kuning tidak rapi. Dan aku ga ketemu dokter itu lagi selain mahal manaa mungkin ku percayakan gigi ku pada dokter yg giginya tak rapi (no thank you).

Sebelum dokter cantik itu meriksa, aku liatin foto gigi dan nanya
"Dokter ini gigi yang mendem harus dicabut ya?"
"Oh engga mba, masih ada ruang kok. Selama ga ganggu ga perlu dicabut" kata dokter sambil liat foto."

Fiuuuh sementara bisa tenang... Untuk sementara...(TT--TT)

Dokter cantik masih memeriksa foto gigi
"udah gede ya mbak bolongny dan parah ni ampe bawahnya meradang,Harusny cepat diobatin mbak sayang giginya"

Selanjutnya dokter cantik meriksa gigiku.
"wah mbak udah ketutup gusi gini kayakny harus dipotong gusiny ini klo ga ntar saya susah obatinnya"

Aku setuju saja. Dan ga lupa aku nanya soal biaya

"rencana ada 5/6 kali pertemuan tergantung saluran akarnya ya mbak ketemu apa tidak. Setiap pertemuan mungkin kena 35rb pokokny sampe akhir pertemuan total ny sekitar 350an."

Aku mikir wah murah waktu itu si adek urus gigi bolong dan rawat saluran akar sampe abis 2jt.

"Karena ini Rumah sakit gigi dan mulut (RSGM) disubsidi pemerintah jadi lumayan mbak tapi pelayanan tetap terbaik" kata dokter cantik

Chit chat macem-macem ama dokter cantik dan sempat keputus gara dokter lain, ruang konservasi ini mirip ama ruang orto diatas cuman lebih banyak bangku dan dibatasi dengan sekat sedada. Suasananya asik, seneng aja denger dokter saling bercanda dan ngobrol ama dokter lain, jadi ga tegang.

Aku agak mengeluh sama dokter cantik soal dilempar sana sini (salah sendiri sih wkwkkk) dokter cantik seperti maklum dan bilang

"bukan maksud diopor sana sini kita kan RS ya mbak jadi ada bagianny masing2, ga bisa satu bagian semua yg kerjain. Ada spesialis masing-masing supaya hasilnya maksimal mbak"

Aku jadi malu sendiri udah ngeluh gini sepertinya efek laper wkwkkk. Dokter cantik menyarankan agar aku ke bagian perio untuk scaling karena sebelum di kawat harus scaling dan supaya dokter cantik enak kerjanya, gigi yang di tambal ini ada beberapa karang.

Dokter cantik membantu ngorek karang yang gede.

Aku cerita awal tahun 2016 lalu aku ke puskesmas dan berniat rajin rawat gigi tapi ternyata gigi aku patah sedikit aku jadi takut ke puskesmas itu lagi. Nah karena aku diemin lubangnya membesar dan gusi jadi ga punya tempat menyangga dan menutupi lubang itu.

Dokter cantik bilang "ya udah 2 hari lagi ketemu bisa jam 10? Tapi sebelumnya ketemu bagian perio dulu ya, untuk scaling. ga bisa langsung scaling ada tahapannya"

Aku setuju dan dihati berharap semoga murah. Aku tukeran kontak dengan dokter cantik dan nanya bayar dimana ternyata bayar ke petugas tadi biaya konsultasi 15rb.
Setelah bayar petugas tadi bilang

"besok langsung ke sini ya ambil aja kartu nya di sini ya saya taro di sini" Petugas itu naro berkas rekam medik di jendela.

Yayy selesai sudah satu hari yang panjang. Perjuangan masih berlanjut.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 5.000
Foto gigi: 35.000
Konsultasi: 15.000

127 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Bisa minta kontaknya teh? Soalnya aku juga mau pasang behel di rsgm juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, bisa email ke catatan2noona@gmail.com. semoga bisa membantu :D

      Delete
  3. Ceritain kelanjutannya dong, hehe.
    Terus yang masalah cicilan itu gimana pengen tau hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo
      Kelanjutan nya banyak tuh wkwk
      Untuk cicilan pas pasang bracket rahang atas bawah udah harus lunas

      Delete
  4. Mba, mau nanya hari pas daftar ke Rs nya bisa langsung ketemu sama residen ortho hari itu juga? Atau nunggu di hubungg bbrp minggu lg?

    ReplyDelete
  5. Halo, langsung ketemu residen ortho, diperiksa ada karang ato masalah gigi lain,trus ntr dikasi tau waiting list ato ga, trus ntar tukeran kontak dengan residen.

    ReplyDelete
  6. Kak aku kan daftar dari bulan juli ya sampe skrg kok blm ada residen yg ngehubungin ya?

    ReplyDelete
  7. Kak aku kan daftar dari bulan juli ya sampe skrg kok blm ada residen yg ngehubungin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lama nya, mungkin karena kepotong liburan sama tahun ajaran baru (september) ato mungkin juga karena waitig list. dicoba lagi aja ke sana ya,biar lebih jelas.

      Delete
    2. aku juga daftar dari awal september sampe skrg belum ada panggilan. katanya beresin dulu yang sampe bulan juni. mungkin karna kepotong lebaran yaahh :(

      Delete
  8. Kalo hari sabtu/minggu ada drg.Ortho/resident yg jaga ga ya? Pengen konsul sama pasang behel. Kalau weekday gak ada waktu huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, aku kurang tau kalo sabtu minggu. Blm pernah janjian pas weekend. Mungkin sabtu bisa dicoba.

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Kak aku udah daftar mau pasang behel di rsgm dan ternyata harus nunggu 3-4 bulan huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah berarti waiting list nya panjang tuh.. sabar ya, pasti dihububgi

      Delete
    2. Iya masih ada 100orang lagi😅

      Delete
    3. mba rika urutan ke berapa? aku juga waiting list 100orang udah dua bulan belum ke panggil

      Delete
    4. aku urutan 300an mba, daftar akhir oktober, mba daftar waktu kapan? Waktu daftar itu aku nanyain baru sampe no.190an kalo gasalah ya

      Delete
    5. Semangat ya, jangan kendor niat masang behel gara-gara waiting list 💪💪💪

      Delete
    6. Maaf udah di panggil belum yaa yg urutan 300 an
      Aku tadi juga udah daftar urutan 470 an

      Delete
    7. aku urutan 300an, daftar awal september dan belum ke panggil sampe sekarang. hadeuh lama bgt ya

      Delete
    8. Siti sarah gimana udah di panggil belum ?? Urutan 300 san kan ??

      Delete
  11. Hallo, ikut nimbrung ya. Aku pasang behel di ortho residen unpad udh sekitar setahun. So far sih oke, dan prosesnya lumayan cepet. Cm aku dpt dokter yg agak moody huhuhuhuu. Btw karena gigi aku yg bertumpuk udh mulai rapih, sisa sisa karang gigi dr gigi berantakan sebelumnya jadi nempel. Kl scalling di unpad spesialis / residen brp ya? Selama ini bolak balik ke ortho unpad, tp blm pernah nanya spesialis yg laen laennya hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii salam kenal, udah setaun ya rencana nya berapa lama? Aku peratiin beberapa residen muda di ortho memang begitu agak kurang komunikasi ama pasien (ahem...) Beda rasanya sama residen di perio atau konservasi.


      Karena gigi gerak beberapa karang muncul ya, kalo di ugd sekitar 85rb klo ga salah, sama perio 100rb sis, spesialis aku ga tau. Saran residen perio karang gigi harus rutin dibersihi sis apa lagi kalo pake behel, ngaruh cenah ke pergerakan gigi.

      Delete
  12. Siang.
    Mau tanya mba, jadi awal mula sebelum kita daftar ke rsgm unpad itu harus ada rujukan dr RS sebelumnya atau gimana ya mba? Kurang begitu paham hehe
    Infonya ya mba, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu rujukan,kan nanti nya diperiksa dulu ama dokter di sana. Baru diarahkan ke bagian lain. Rujukan itu untuk yang pake bpjs. Setau aku begitu

      Delete
  13. Scalling sm tambal nya di rsgm juga ka? Atau ditempat lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kalo aku scalling ama tambal di rsgm unpad, biar sekalian di satu tempat.

      Delete
    2. Kalo harga tambal berapa ka ? Itu scalling 85rb / rahang ? Maaf mastiin aja hehe

      Delete
    3. Harga tambal tergantung kasus gigi nya. Harus ditambal atau dirawat.

      Scaling harga segitu seluruh rahang klo pas di residen perio (100rb)

      Delete
  14. 3,6jt tuh atas bawah? Kalo atasnya aja berapa ya kak?

    ReplyDelete
  15. Mau tanya dong, klo ke bag spesialis konservasi gigi harus janjian dl ngga sama dokter nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kalo bagian spesialis kayaknya sesuai jadwal si dokter sis. Ga bebas kayak residen

      Delete
  16. boleh minta no kontak dokter gigi nya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo untuk kontak dokter residen nya aku ga bisa kasih. Karena saat datang yang nanganin beda.datang langsung ke rsgm unpad nya ya

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Ka mau tanya dong itu 3,6 atas bawah atau cuma atas doang?,dan klo daftar sekarang harus nunggu dulu di panghil atau di tentuin dokter nya?

    ReplyDelete
  20. Ka mau tanya dong itu 3,6 atas bawah atau cuma atas doang?,dan klo daftar sekarang harus nunggu dulu di panghil atau di tentuin dokter nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3,6jt udah rahang atas bawah. Lebih baik daftar dr skrng krn ada waiting list

      Delete
    2. Ka kalau rahang atas aja bisa ga? Terus tarifnya bakal sama ga?

      Delete
  21. Halo kak:) blognya bermanfaat sekali. Mau tanya kalo mau scalling dengan harga segitu harus bawa bpjs kah??

    ReplyDelete
  22. Halo kak:) blognya bermanfaat sekali. Mau tanya kalo mau scalling dengan harga segitu harus bawa bpjs kah??

    ReplyDelete
  23. Halo, makasih udah baca, kalo scaling ny di bagian residen perio ga bisa pake bpjs. Aku kurang tau bagian yg di ugd..

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Cerita nya memberikan info banget, tapi kalo di bayangin ga kebayang hehe
    Jadi mbak nya posisi udah pasang behel ya?
    Udah berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca semua post deh, kalo belum kebayang juga bingung juga ����

      Saat ini udah pasang behel, kalo dihitung barengan udh 7bln

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Adakah yg udah ke rsgm lagi, skrg udah urutan berapa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kemaren mau nanya tapi bapak penjaga nya ga ada, jadi ga bis nanya lagi deh. Maaf ya

      Delete
  30. Siang ka, tulisannya menarik sangat membantu, lanjut lagi ka tulisnya pengen tau prosesnya seperti apa. Kalo buat spesialis ortho sendiri biayanya bisa bpjs full gaa? Terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih udah baca. Residen atau spesialis ga bis pake bpjs.

      Delete
  31. Mau tanya, klo yg baru pertama kali ksana buat cabut gigi bagusnya dtg jam brp? Buat ambil no antrian + daftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Kalo untuk cabut gigi kurang tau berapa. Lebih baik dateng pagi ya

      Delete
  32. Bisa minta kontak dokter residen ortho nya ga mba? Tengkyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, untuk kontak dokter aku ga bisa ngasih harus datang langsung ke rsgm unpad. Karena dokter yg nanganin yg ada saat itu.

      Biaya kontrol perbulan 15rb, belum termasuk ganti kawat ya.

      Delete
  33. Oh ya biaya kontrol per bulannya brp mba.. 😁

    ReplyDelete
  34. Replies
    1. Kurang tau buat wekend kyk ny cmn hari senin-jumat aja jadwal periksa. Kalo ugd tiap hari

      Delete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Kalo dapet nomer antrian itu harus udah lunas dulu 3,6jt baru dapet nomer antrian atau gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lunasin kalo udh selesai dipasang

      Delete
    2. Trs skrg udah urutan ke berapa yaaa?

      Delete
    3. Kemarin saya kesana, katanya yg daftar bulan juni 2017 aja masih belum dipasang, kata dokternya sih masih 300an orang lagi

      Delete
    4. Bulan kemarin ke rsgm udah urutan 240 padahal

      Delete
  38. Hallo, aku minta kontak kamu dong mau tanya tanya boleh?

    ReplyDelete
  39. Pengen sih pasang di RSGM jln Riau tp sama aja sih antrian nya hrs dr pagi2. Cuma beda dikit 3,9jt an. Enaknya kontrol ga harus hari nya sama pas kita pasang behel pertama kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg di jl. Riau itu sama hrs waiting list juga gk? Trs udh sama atas bawah harga 3,9 jt?

      Delete
    2. Waiting list 2-3 bulan, iya 3,9jt tuh udah atas bawah

      Delete
  40. Hai, misal nanti pasang behel ada gigi yg harus di cabut nih gigi atas ya, mending dimana ya di rsgm nya atau di tempat lain, soalnya ada mitos kan soal cabut gigi atas heu aga bikin kepikiran. Barangkali tau referesi dokter mana yg cabut gigi aman ga sakit hehe terus waktu proses pemasangannya itu semua tahap nya mending di kerjain dirsgm apa ada beberapa yg dokter lain? tencuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang tau, belum pernah cabut gigi :D tapi di RSGM unpad bisa cabut gigi. Kalo di rsgm ada bagian masing-masing. Jadi behel di bagian orto, cabut gigi bagian lain.

      Delete
  41. Halo mau tanya, saya sudah pakai behel dan di dokter gigi dr bekasi, kalo di rsgm unpad bisa pindah kontrol gak ya? Soalnya saya sekarang di bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa, aku belim sempat nanya ke dokter nya. Datang langsung aja ke rsgm. Bisa nanya2 dibagian pendaftaran itu.

      Delete
  42. Kak mau tanya. Boleh ga kalo konsultasi dulu? Nanya2 biayanya dulu gitu kakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tahap awal kan di cek dulu kondisi gigi, apa ada karang gigi, yg perlu dicabut, trus bahas harga trus di bilang waiting list ato ga.

      Delete
  43. Kak ceritain dong cara nyicil mha gimana? Hehehe berapa kali bayar kalo boleh tau ? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, cicil nya dua kali. Awal DP dan terakhir saat behel sudah dipasang.

      Delete
  44. Hai, ada contact wa nya ? Mau tanya2 nih .. :)

    ReplyDelete
  45. Hallo, apa ada yang tau sekarang sudah antrian keberapaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, kurang tau antrian berapa, sepertinya masih lambat.

      Delete
  46. Klo misalnya bawa bracket sendiri bisa gak ya? Jadi bayar buat jasa pasang dll aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nya ga bisa. Udah sepaket di sana. Tp bsa coba nanya aja pas diperiksa dokter residen orto ny.

      Delete
  47. Ada kontak yg bisa di hub ga? Ak pen nanya".. mau pasang behel juga =(

    ReplyDelete
  48. Halo kak! Nice info banget, makasi yak. Bikin lanjutannya dong kak, progressnya kayak gimana. Lagi butuh info banget nih pasang behel di rsgm unpad😅

    ReplyDelete
  49. Hallo kak. Btw gigi berlubangnya sebesar apa kak? Karena ak juga pengen dibehel tp gak pede dtg ke dokter gigi soalnya gigi berlubangku sudah membesar :(

    ReplyDelete
  50. Hallo kak ada yg tau sekarang udh antrian ke brpa mau pasang behel tp pasti lama yaa waiting list nya?ada recomendasi yg lain ga selain rsgm unpad?

    ReplyDelete
  51. ka kalo misalnya dateng ke rsgm unpad abis lebaran dokternya bakal ada ga ya?

    ReplyDelete
  52. Aku waiting list nomo 446 belum dipanggil juga hiksss :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebih 9 bulan. Aku sekarang udah dipanggil nih lagi otw rontgen gigi yippie 😄

      Delete
    2. Mba minta kontaknya dong kebetulan sm kayak aku.

      Delete
    3. Maaf ka kalo boleh tau..kaka dikontaknya melalui apa? Di tlp atau di sms?

      Delete
  53. Halo! Yg mau tau skrg no. Antrian 382 yey bentar lagi. Aku udah nunggu 9 bulan,ntap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg mau ke rsgm unpad ga bareng yuu biar ada tmnnya..

      Delete
  54. Ada yg mau ke rsgm unpad ga?bareng yuu biar ada tmn

    ReplyDelete
  55. mau nanya kak.. kalau kita udah pasang behel di luar kota trus mau kontrol di rsgm unpad bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aq dr gini tadinya.ga bs.hrs pasang ulang disana.

      Delete
  56. Ka setiap kontrol ortho per 1 bulan sekali itu brp biayanya ? Udh trmasuk bersihin dan ganti karet kan?

    ReplyDelete
  57. Kak, aku tuh udah pasang behel tapi harus pindah kota setahun yg lalu. Nah jadinya aku udh gak kontrol behel selama setahun. Kira kira bisa kontrol pindahan gt gak yah di rsgm unpad? Thankyouu

    ReplyDelete
  58. halo... kalian aku buat square nih di LINE "info rsgm unpad". disana kita bisa saling share ttg rsgm unpad, kayak udh antrian k brapa, biaya, dsb. makasiiiih ;)

    ReplyDelete
  59. Kl pas rontgen seluruh rahang..rontgen panoramic di rsgm unpad brp ya biayanya

    ReplyDelete
  60. Ka kalo pasang behel atas aja berapa yaa?

    ReplyDelete
  61. Hai semua..
    Sy mau share aja..
    Sy udh 3 th disana pasang...semakin kesni nya..semakin susaahh utk sekedar kontrol.alhasil blm kelar2..dan dokter residen yg pegang dr awal udh keburu lulus.makin ga jls nasibnya.
    Setelah ada dokter pengganti pun jdwal kontrol mah ga jls.( saking overload pasien ). Ini mau ampe kpn...?
    Klo da rejeki lebih..menurut sy dokter diluar aja.mahal di awal tp jls.otomatis bs cpt selesai.klo ga pernah kontrol2 jg ga aakan ada perubahan.cm pasang behel aja.buat apa 3.6 jtan.ni klo sy pribadi akan pindah klr rencananya.klo kontrol 1x dlm 4 bln jg blm tentu ..harga murah jg ga lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang harus ekstra sabar banget di rsgm tuh:(

      Delete
  62. Mbak untuk biaya scaling nya berapa ?

    ReplyDelete
  63. Aku udah nunggu setahun dan baru hari ini dihubungi lagi sama dokternya ��

    ReplyDelete
  64. Katanya emg lama ya harus nunggu 1th max 2th buat antri pasang behel di residen.. Antrian yg daftar th 2018 aja belum beres kata nya ...aku aja masuk waitinglist 123 di tahun 2019

    ReplyDelete
  65. Ka mau nanya kalo sekarang di pasang behel berapa ya ??

    ReplyDelete
  66. mbak, mau nanya biaya scalling dan perawatan akar gigi jadinya brpan ya mbak?

    ReplyDelete
  67. Kalo giginya rapih boleh dibehel ngga???

    ReplyDelete
  68. mba mau sedikit cerita gigiki sangat bermasalah karna pake behel yg abal2 pinggir jalan jadinya gigiku maju dan berantakan trus rahang sakit dan pegel trus kerasanya setiap begadang sakit bgt katanya itu kena tmj .. bisa sembuh ga ya mba ??? aku menderita selama 6 tahun tp budget ku masih blum bisa terkumpul apa bisa dicicil ga mba perwatan disini? mohon balasannya

    ReplyDelete