Monday, May 15, 2017

Catatan 03 - Pembersihan karang gigi di residen periodonti part 1

08 maret 2017
Pagi hari jam 6, aku wa dokter cantik perio. Untuk mastiin janji jam 9.30 jadi ato ga. Dokter bls wa dan bilang jadi dan berpesan untuk bawa sikat gigi. Aku siap-siap dan milih naik gojek, sepertinya aku udah keracunan si adek buat naik gojek. Pulang tetep naik angkot, gojek dilarang angkut penumpang dikawasan sekeloa.

Jam 9 kurang aku udah sampe rsgm, dokter wa dan bilang agak telat dikit jadi diundur jam 10. Aku mengiakan, seperti biasa dateng, ambil nomor antrian, lapor mau ketemu siapa, bayar dan menuju tempat janjian.

Sepertinya dokter bakal telat karena ga ada yang jaga anaknya. Aku mampir ke kantin. Ga pengen makan karena diet ocd udah biasa ga makan dari pagi,jadi beli minum aja. Jam 10.15 dokter datang dan pengobatan dimulai.

Ruang residen perio seperti ruang residen lainnya. Kursi praktik berjejer ada sekat setinggi dada antara kursi praktik. Ruang ini terang, dingin dan putih.

Dokter cantik menulai pemeriksaan. 
"wah mbak, gusi ny udah bengkak nih, sepertinya karang gigi udah sampe dalam gusi"

Selama bertaun-taun, aku ga nyadar kalo kondisi gusi bengkak, yang aku rasa yang kayak gini itu normal. Karang gigi yang ga dibersihiin bisa merusak gigi dan tulang gigi. Gosok gigi jadi berdarah karena gusi radang dan jangan lupakan bonus bau mulut.

"Sekarang kita foto dulu yaa"

Dokter foto kondisi gigi, depan, samping, dalam atas bawah dengan bantuan kaca ramping. Abis foto dokter melanjutkan periksa.

"Mbak ini ada penurunan gusi di rahang bawah gigi bagian depan, dan penebalan gusi di rahang atas gigi bagian depan , dan ada jendolan nih di gusi atas  kalo rencana mau pake behel ini harus di koresi dulu kalo ga ntar hasil behelnya ga bagus"
"Koreksi gimana dok?
"Dibedah ntar mbak"
"Nghh maaf dok biayanya berapa?"
"Untuk satu kasus kena 100rb mbak. Bisa bpjs ko kalo untuk bedah. Kalo pembersihan karang gigi di residen ga bisa bpjs mbak"

Hmm bpjs ku udah ga aktif. Bayar normal aja kayaknya.

Ilustrasi masalah gigi
Source by mbah goggle

Dokter cantik menjelaskan rencana untuk resesi gusi akan dilakukan bedah untuk menaikkan gusi, untuk jendolan dan penebalan akan dipotong saja. Semua bisa dilakukan jika dosen si dokter setuju.

"Liat tuh udah ijo-ijo, bisa gawat kalo kena tulang gigi, ya udah mbak kita periksa dulu ya kedalaman karang giginya, bakal sakit sedikit tahan ya mbak"

Dokter cantik mengeluarkan alat yang seperti kaitan dan kaca kecil, sakit sih tapi masih bisa ditahan. Dokter mengukur bagian luar gigi dan dalam, sambil ngukur dokter juga mencatat sesuatu di kertas laporan.

Ilustrasi pemeriksaan kedalaman karang
Source by mbah google

Setelah selesai aku kumur-kumur. Dokter mulai wawancara, pertanyaan seputar gigi selama ini keluhan apa? pernah cabut gigi? ada alergi? Keluhan yang berhubungan dengan gusi? Dan beberapa pertanyaan lain.

Aku agak bingung dengan pertanyaan keluhan dengan gusi. Selain gusi berdarah aku ga bisa komen lagi, karena selama ini aku anggap kondisi gusi begini normal. Ternyata tidak sama sekali.

Selesai wawancara dokter mempersilahkan aku sikat gigi. Setelah sikat gigi dokter memberikan cairan warna merah yang ditetesin dibawah lidah ada manis-manisnya loh (bukan le min*ral), diamkan sebentar agar ludah ngumpul dan kumur dengan ludah, lalu buang. Lalu dokter memberi kaca, agar aku liat bagian yang merah-merah tanda aku sikat gigi ga bersih. 

"Cara sikat giginya gimana mbak?"
"Pertama gosok lurus biasa aja dok kiri kanan trus puter2, abis tu sikat lidah"
"Cara sikat giginya kurang tepat ya, sebaiknya gigi dibagi menjadi 4 bagian, untuk rahang atas arah sikatnya dari gusi kebawah mbak, biar plak dan sisa makanan lepas, bagian dalam juga gitu, untuk rahang bawah arah sikat dari gusi keatas" sambil jelasin gitu dokter praktekin dengan model gigi palsu."Lebih baik pilih sikat gigi yang bagian kepala mengecil ya mbak biar sisa makanan di bagian dalam mulut keambil, untuk odol lebih baik ditekan ke arah sikat gigi supaya ga lepas dan semua gigi dapet odol bukan busa"

Ilustrasi pembagian gigi
Source by instagram dental.guide

Cara menyikat gigi
Source by instagram dental.guide

Untuk video menyikat gigi yang benar bisa liat disini

Setelah dapet edukasi cara sikat gigi yang bener, aku mulai sikat gigi lagi untuk menghilangkan bagian merah dari obat tetes tadi. Aku praktekin metode sikat gigi dari dokter. Agak kaku eeyy karena belum terbiasa. Selesai sikat gigi dokter periksa lagi 

"Udah agak bersih mbak, bagian dalam bersihin lagi nanti ya, nah sekarang kita cetak gigi ya"

Dokter sibuk menyiapkan alat untuk mencetak gigi. Dari bubuk warna pink yang dicampur air sampai agak kental lalu ditaro dalam alat cetakan 

Ilustrasi alat cetak gigi dan bahan 
Source by mbah google

"Nafas dari hidung aja ya, rileks aja, aku pasang ya"

Aku pernah denger soal cetak gigi ini saat cari info soal behel. Rasa bahan pink itu kayak mint ko bisa ada yang sampe mual ya. Setelah didiemin ga pake lama, dokter mulai menarik cetakan gigi

"Ok, rileks aja mbak aku tarik ya"

Ugh pas narik, cetakan jadi keras gitu. Agak susah tapi akhirnya lepas juga. Lanjut ke gigi bagian bawah. Setelah selesai aku ngobrol sedikit ama dokter. Dokter ngasih beberapa saran dan komentar soal gigiku

"Kalo bisa kurangin nafas lewat mulut mbak, ga baik ke gusinya."
"Dok jangan-jangan sebenarnya saya tonggos ya"
"Harusnya mbak (sambil ketawa) tapi mbak maksa tutup mulut jadinya deep bite, kalo pake behel bisa normal lagi kok tenang aja"

Ilustrasi by mbah google

Dokter juga meriksa kondisi rahang aku. Tangan dokter di bagian sendi rahang lalu aku disuruh buka tutup mulut.

Ilustrasi pemeriksaan sendi rahang
Source by mbah google

"Mbak rahangnya klikking loh, pas tidur suka greget gigi ya"
"Ah engga dok.."aku mikir kebiasaan apa yang bikin rahang kliking"karena makan permen karet bisa ga dok?"
"Bisa jadi, rahangnya kelebihan kerja jadi kliking gitu"

Setelah selesai, aku bikin janji lagi ama dokter minggu depan. Saat itu belum ada info lagi dari dokter cantik konservasi dan dokter cantik orto.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Dokter perio: hari ini ga ada pengeluaran. Aku nanya ada biaya konsultasi, dokter bilang ga ada.

No comments:

Post a Comment