Monday, May 22, 2017

Catatan 12 - Pengambilan kartu bpjs, urus rujukan bpjs dan jadwal bedah resesi

12 mei 2017
Rencana hari ini bayar bpjs dan ambil kartu bpjs. Jam 8.30 aku mampir ke atm bri terdekat buat bayar bpjs, atm nya rese kartu aku direject, cukup lamaran kerja aku aja yang mental atm jangan ikut ikutan dooong..

Aku masuk ke bank dan lapor ke satpam
"Pak saya mau bayar bpjs tapi atm nya rusak"
"Ia mbak lagi eror, untuk bayar bpjs pertama harus nunggu 2 minggu mbak"
"Ia pak saya udah nunggu 2 minggu dan sekarang jadwalnya" aku liatin kertas virtual account.

Pak satpam anter aku ke meja costumer service, di sini beliau make alat debit. Gesek kartu atm pilih bpjs, masukin pin, masukin nomor virtual dan ngeengg beres suda pembayaran. Seperti kata mbak petugas nya kemaren di rekening aku untuk bayar bpjs ketarik 2x karena bareng punya kakak. Aku bisa langsung ke bpjs buat ambil kartu. Aku mesan gojek by akun adek. Sekitar jam 9 lebih dikit sampe bpjs. Situasi ramai lebih ramai dari terakir aku dateng. Aku nyamperin satpam untuk ambil nomor.
"Pak saya mau ambil kartu bpjs" aku nyerahin kertas virtual acount dan bukti pembayaran
"Ke loket 11 ya mbak, taro aja kertas ini dikeranjang dan nunggu dipanggil" pak satpam jepret kertas virtual acount, bukti bayar dan nomor antrian.
Aku naro diloket dan duduk nyelip diantar ibu-ibu yang lagi nunggu.

Situasi BPJS

Ditunggu ampe jam 10 aku belum juga kepanggil. Dan saat lagi nunggu di bpjs ini, aku bikin blog ini. Bikin prolog dan mulai ngetik di note. Aku memang punya rencana bikin blog sejak rencana awal pasang behel. Buat kenangan karena ini penting salah satu langkah dari impianku. 

Jam 11.45 namaku baru kepanggil. Aku tanda tangan dibuku besar kayak buku akuntansi dan nerima 2 kartu bpjs. Selesai sudah tinggal bikin surat rujukan yayyyy

16 mei 2017
Pagi hari aku sengaja bangun pagi dan jalan ke puskesmas. Antrian ga terlalu rame biasanya rame syekali.. aku ambil nomor antrian lalu serahin ktp dan kartu bpjs aku minta ke poli gigi. Ada beberapa aturan yang berubah di sini. Tapi ga ribet syukurlah.

Sampe di poli gigi ada pasien sebelum aku. Aku naro rekam mesik di meja perawat dan nunggu diluar, wah pak dokternya beda ama yang dulu terakir aku kesini, yang bikin gigi patah. Syukurlah... Saat giliranku pak dokter persilahkan duduk di kursi pasien.
"Keluhan nya apa mbak"
"Saya mau bikin rujukan untuk cabut gigi bungsu belakang pak, sama buat bedah resesi gigi"
"Untuk gigi impaksi ada ronsen nya mbak? Paling satu rujukan untuk satu kasus mbak ga bsa sekaligus" dokter meriksa hasil ronsen dari hp ku "oh ia ini harus dicabut mbak"
"Oh kalo gitu kalo udah beres satu ntar ke sini lagi ya pak?"
"Ia mbak, suster bikin surat rujukan ya untuk frenulum"
"Pak gigi impaksi dulu aja deh"
"Oh ia, gigi impaksi nomor 18,28,48,38"
"Rujukan nya bisa ke rsgm kan dok?"
"Mau di rsgm? Kalo gitu yang di mana ya"
"Yang di unpad dokter, jalan sekeloa"
"Wah mbak kalo di sana bpjs ga kedetek mbak, ga muncul"kata perawat
"Ah masa teh, bisa ko bpjs di sana saya ke sani kan karena kata dokternya bisa" aku liatin foto syarat pengguna bpjs di rsgm unpad
"Tuh mbak katanya juga harus ada rujukan dari rumah sakit, bukan puskesmas" kata perawat
Jeng jenggg keribetan sudah dimulai.
"Yahh kalo gitu gimana dong teh supaya dapet rujukan ke rsgm unpad?"
"Paling ke rsgm yang di jl.riau mbak ntar dari sana bisa dikasi rujukan atau diurus di sana"suster mulai nulis nulis.

Hiks another rsgm...

"Di sini ga bisa dok cabut gigi impaksi?" Aku nanya ke dokter
"Ga bisa mbak, itu kan termasuk bedah minor. Di sini untuk pencegahan aja"
"Ini mbak rujukan nya, berlaku sanpe akhir bulan ya" suster nyerahin surat rujukan

Aku dapat surat rujukan buat ke rsgm jl.riau aku diskusi dulu deh sama dokter cantik orto atau sebelumnya aku nanya-nanya petugas di rsgm unpad.

Aku wa dokter cantik perio untuk nanya kapan bedah. Dokter bilang minggu ini belum bisa dan janji akan kabarin lagi minggu depan.

Perubahan gigi atas aku mulai kerasa loh, gigi seri sebelah kiri yang miring mulai berubah bentuk, taring gingsul mulai turun dan hook yang ada ditaring ga nyangkut lagi di bibir saat senyum. Sayang nya pergerakan ini bikin bracket gigi paling belakang bergeser dan menggores pipi bagian dalam, ciri ciri sariawan udah mulai kebentuk nih.. hiks

19 maret 2017
Jam 3 sore dokter cantik perio wa.
"Assalamualaikum, sore mbak insya allah jadwal bedah frenektomi tanggal 23 jam 12.30"
"Oke dokter, ada larangan ga dokter sebelum bedah?"
"Ga ada ko mbak, cukup istirahat sama makan aja sebelum bedah ya"
"Ruangan nya masih di lt.2 dok?"
"Ia mbak, jangan lupa bawa sikat gigi ya"

Aku langsung catat jadwal di kalender, jangan sampe lupa. Sekitar jam 8 malem saat lagi makan yang kriuk-kriuk aku ngerasa sakit gigi belakang sebelah kiri. Kenapa ya, padahal yang lagi dirawat sebelah kanan baik-baik aja.

Aku cek ke kaca dan jeng jengg karet separator sebelah kiri bawah lepas dan tertelan. Makanan yang nyelip diantara gigi yang renggang bikin sakit. Aku wa dokter cantik orto
"Selamat malam dokter, maaf ganggu malam-malam, karet separator gigi bawah lepas dok kayaknya ketelan. Gimana ya dok"
"Ya udah ga apa mbak, senin ketemu yuk. oh ia bedah frenulum kapan?"
"Hari selasa dokter"
"Abis bedah aja kalo gitu ya mbak"

Fiuh lega deh. Hari selasa bakal bedah dan ketemu dokter. Aku harus siapin diri. Cukup istirahat dan ga lupa makan.

No comments:

Post a Comment