Saturday, June 10, 2017

Catatan 15 - Buka jahitan

5 juni 2017
Aku wa dokter cantik perio, minta jadwal buka jahitan besok jam 2, karena pagi aku masih jaga ibu di rs. Dokter bilang bisa dan mendoakan ibu cepat membaik.

Bekas jahitan membaik berkat obat salep bentuk gel dari dokter kalo ga salah nama nya oxyfresh. Tapi 2 hari belakangan ini aku ngerasa perih di bagian jahitan, pas senyum, ketawa, makan dan make obat kumur agak perih. Aku khawatir jahitan lepas.

6 juni 2017
Hari ini alhamdulillah ibu bisa keluar rs. Setelah beres-beres ruang inap dan si adek datang, aku pamit ke ayah ibu buat ke rs gigi. Ibu bilang jangan sekarang ke rs gigi tapi aku kekeh mau hari ini, karena khawatir ama rasa perih di bekas jahitan.

Sampe rs gigi dan lakuin ritual pendaftaran aku nunggu dokter cantik perio, ga berapa lama dokter manggil. Saat duduk di kursi periksa kita ngobrol sana sini.

"Ibu nya sakit apa mbak?"
"Ada infeksi bakteri dok"
"Udah lama mbak?"
"Lumayan dok 9 hari tapi alhamdulillah sekarang bisa pulang walau harus bed rest"
"Ya ampunn lama juga ya mbak" 

Beberapa menit kemudian dokter ngasi wejangan soal jaga makan, air, dan liat-liat kalo buang air kecil.

"Jahitan gimana mbak sakit?"
"2 hari ini agak sakit dok saya takut jahitan lepas"
"Aku periksa ya" dokter pake sarung tangan plastik dan masker "luka dikit mbak karena benang nylon, nanti kalo bedah yang diatas ingetin aku ya pake benang yang silk, wah mbak benang nya udah ketutup daging nih"
"yang bener dok kok bisa?" Suer aku ngeri
"Ga apa mbak, ga usah kuatir berarti mbaknya sehat, mbak ada bakat keloid ya"
"Apa tuh dok?"
"Jadi karena penyembuhan luka ga terkendali daging jadi numpuk mbak buat nutupin luka itu"

Aku jadi inget sepupu yang punya luka di lutut dan ada daging numpuk gitu. Kayaknya gara-gara oxyfresh dokter.

Ilustrasi luka keloid 
Source by mbah google

"Kita lepas jahitan nya ya mbak, mungkin agak sakit sedikit, dikit aja"

Dokter mulai ngebuka jahitan, memang sedikit geli serasa dicubit tapi ga terlalu sakit. Aku lakuin hal yang biasa kejadi kalo yakin itu sakit, tutup mata dan biarkan semua terjadi.

"Yang satu lagi susah nih mbak udah di dalem banget, aku bius lokal aja ya?"
"Nghhh di tusuk pake jarum kayak waktu itu dok??"
"Ga mau ya mbak haha, aku pake bius yang kayak es ya"

Dokter ngambil kaleng spray, dan nyemprotin isi nya ke kapas apa kain kasa, aku ga meratiin.

"Ini sakit dikit ya mbak, tahan ya"

Dokter oles di area bekas jahitan. Awalnya aku ngerasa dingin kayak makan es dan lama-lama perih sampe bagian jahitan itu mati rasa. Setelah itu dokter robek daging yang nutupin dan narik benang kurang lebih 3cm. 

"Selesai deh kita foto ya mbak"

Selesai foto dokter manggil dosen buat cek hasil jahitan. Dokter yang ngingetin aku ama kakak ayah.

"Dokter ini pasien saya yang bedah frenulum 2 minggu lalu, hari ini lepas jahitan, benangnya udah ketutup daging"

Aku nyengir ke dosen cantik itu, aku inget ini dosen yang cek hasil pembersihan karang gigi dulu.

"Di anastesi ga" tanya dosen sambil meriksa bekas jahitan 
"Ga dok tadi dikasi spray es, pasien ga mau di anastesi"
"Eh karunya atuh, sakit ga dek" dosen megang bahu aku
"Engga kok dok"
"Berani nya, bagus" dosen tepuk-tepuk bahu aku

Jadi malu...memang sakit dikit tapi aku masih bisa tahan. Setelah dosen pergi dokter cantik perio nyamperin aku.

"Beres deh, eh gimana kata dokter konservasi"
"Terakir wa masi bingung dok"
"Aku juga wa loh nanyain, tapi kayaknya lagi sibuk tu, memang dibawah itu banyak banget pasien"
"Saya wa deh sekarang dok buat nanya"
"Ia mbak biar jelas mau diapain, kasian dokter orto nungguin kan, syarat dokter orto bisa pasang behel ga ada tambalan sementara di gigi mbak"
"Kalo cabut gigi bakal ngaruh ga dok ke gigi lain?"
"Coba cheese" dokter meriksa gigi belakang aku "kalo di cabut nanti gigi atas turun mbak, lagian kenapa di cabut mbak sayang loh"

Abis lama dok.. bisikku dalam hati ga berani ngeluh langsung wkwkk

"Karena belum pasti yang gigi bawah bisa urus yang atas dulu ga dok bedah frenulum nya? Harus nya kontrol sebulan dok ama dokter orto" 
"Kayaknya ga akan digerakin dulu deh mbak giginya, masih penyesuaian dulu, tapi coba wa dokter ortonya ya, udah haid belum bulan ini?
"Belum dokter, ga apa bedah pas haid dok?"
"Ga apa mbak, kan harus minum obat. Ntar kabarin saya ya biar sekarang saya diskusi ke dokter nya"

Dokter cuci alat yang tadi dipake untuk periksa, sedangkan aku langsung wa dokter cantik orto buat nanya soal kontrol sebulan.

"Oke kalo gitu dokter ntar saya kabarin kalo haid, bayar ke mbak petugas ya dok"
"Ga usah mbak udah dari aku"
"Ih dokter jadi malu" bener loh ini malu beneran, dokter kan residen spesialis..
"Ga apa kok mbak cuman 20rb"
"Aduh maaf ya dokter, makasih banget"
"Hehe sama sama mbak"

Kayaknya kalo sama kakak ayah yang aku sebut tadi, aku harus tetap maksa ganti uang yang dipake dokter tadi. Tapi karena ngantuk dan lemes aku malah langsung pulang, bener bener ga tau malu (lol)

Pas dijalan dokter cantik orto balas wa, dia bilang nanti aja kontrol gigi atas biar sekalian ama gigi bawah. Aku langsung pulang ke rumah, karena kata si adek ibu udah di rumah ga perlu ke rs lg. Sekitar magrib dokter cantik konservasi wa tapi ga jawab pertanyaan aku soal kelanjutan gigi.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Buka jahitan: 20.000 tapi udah dibayar ama dokter cantik perio.

No comments:

Post a Comment