Sunday, June 11, 2017

Catatan 16 - Penemuan saluaran akar

8 juni 2017
Malam itu selepas buka puasa, aku makan dengan rakus (iuh) pempek pedes dan sepaket nasi padang. Ini menyebabkan karet seperator rahang bawah sebelah kanan lepas. Jadi di rahang bawah karet tinggal satu sebelah kiri.

Aku langsung wa dokter cantik orto, dia bilang kalo udah beres tambal bawah langsung ketemu biar ga lama pake karet separator.

Sejam kemudian dokter cantik konservasi wa, besok bisa ketemu untuk liat lagi gigi bawah. Alhamdulillah semoga nemu ni saluran.

9 juni 2017
Aku datang sesuai janji, ritual pendaftaran dilakukan dan aku duduk manis nunggu dokter di lt.1

Ga berapa lama dokter nyamperin ke depan
"Mbak, yuk ke dalam" panggil dokter
"Halo dokter"
"Udah lama ya ga ketemu, 2 bulan ya"
"Ga sampe dok 2 bulan, sebulan deh" aku ngitung karena ga jauh dari hari pasang behel atas.
"Oh ia ya ada keluhan ga mbak, bedah nya udah beres?"
"Ga ada keluhan dok, udah beres bedah nya kemaren baru lepas jahitan"
"Sakit ya mbak pasti"
"Banget dok pas abis bedah itu susah makan, sikat gigi aja perih dok. Sekarang kalo senyum kayak ketahan didagu"
"Pasti ya mbak sakit, kita periksa ya"

Dokter masang ring di gigi dan lapisan berbahan karet buat nutupin mulut supaya air ludah ga ganggu.

Dokter bongkar gigi belakang, keadaan di dalam bersih ga radang. Pencarian saluran akar dimulai. Colok sana sini sambil sekali dokter nanya sakit apa ga. 

Dokter minta saran ke dokter lain. Dokter tampan keren bantuin cari saluran akar menurut dokter keren saluran akar miring jadi masukin jarum harus miring. Akirnya terpaksa ditaro jarum kecil dan aku diminta ronsen. Aku ronsen dengan ring dan pelapis itu masih kepasang dimulut. Aduh sumpah liur netes keluar mulut, susah buat nelen ludah karena ada ring di dalam.

Hasil ronsen atau foto gigi ngeliatin itu jarum malah nusuk gusi dan nembus ke saluran akar yang dari dulu udah ketemu. Pantesan sakit dan berdarah. 

Aku udah mulai pusing dan pegel di area sendi rahang. Dokter keren coba sekali lagi buat cari saluran akar dan ketemu, dokter masang sesuatu aku ga konsen buat dengar istilah nya tapi berfungsi buat ganjel agar ga bocor karena dingding gusi aku tipis banget.

Jadi hari ini satu saluran yang mampet ketemu tinggal satu saluran lagi. Aku pengen nangis deh. Mangap dari jam 10.00 -03.00 walau ada istirahat tetep pegel tu ada. Pencarian berikut nya di usahain minggu depan, kalo jadwal kuliah dokter memungkinkan. Aku minta ke dokter kalo bisa jadwal nya kayak hari ini, saat dokter ga ada pasien lain jadi bisa fokus dan lama.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Ronsen: 18.000
Tambal sementara: 15.000

10 juni 2017
Aku haid. Aku segera kabarin dokter cantik perio. Dokter cantik bilang udah diskusi dengan dosen dan insya allah minggu depan bisa bedah frenulum rahang atas.

Aku ngasih kabar soal penemuan saluran akar itu berarti ga jadi potong gigi. Dokter bilang alhamdulillah ketemu jadi ga perlu bedah dan pemasangan behel bisa cepat.

Aku pun bersukur karena ada perubahan.

No comments:

Post a Comment