Friday, June 30, 2017

Catatan 18 - Kontrol 1 minggu pasca bedah frenektomi dan pasng kawat behel atas

19 Juni 2017
Sekitar jam 9 pagi dokter cantik orto wa, dan nanya kapan lepas jahitan. Aku bilang baru lepas jahitan hari kamis dan dokter cantik orto ngasi jadwal ketemu hari kamis jam 1.

Aku wa dokter cantik perio, minta jadwal buka jahitan hari kamis sekitar jam 10. 

Hari ke empat ini bibir atas bengkak. Gara-gara semalam ngakak heboh liat vidio lucu di instagram. Periiih banget. Aku khawatir jahitannya lepas.

Dokter cantik perio balas, dan bilang bisa hari kamis jam 11an. Aku kasi laporan soal kondisi jahitan.

"Bibir saya bengkak dok trus perban permen karet nya belum lepas"
"Kalo bengkak pasti mbak, dikompres aja ya pake es. Perbannya usahain tetap nempel ampe hari kamis ya"balas dokter "masi sakit mbak? Seksi dong bibirnya"
"Masi sakit dikit dok.Seksi dok, kayak di filler tapi cuman sebelah"
"Obat asam mefenamat lanjut ya, bisa foto bibir luarnya mbak?"

Aku kirim foto kondisi bibir yang bengkak dibanding abis bedah.

"Wah seksii mbak bibirnya hihi, dikompres ya gantian pake es dan air anget trus obat kumur minosep lanjut. Kalo kotor makin lama sembuhnya"

Aku nurutin nasehat dokter, pagi itu aku langsung kompres dengan air es. Aku jeda beberapa jam baru kompres dengan air anget.

Syukurlah bengkak berkurang, masi agak perih diarea jahitan bibir tapi udah ga terlalu kaku di area hidung. Selama bengkak ini aku jadi ga bisa bersihin hidung (baca ngupil).

Kalo untuk makan dihari pertama aku bisa makan, ga sesakit kayak bedah rahang bawah. 

22 juni 2017
Datang 30 menit sebelum janjian, suasana pendaftaran sepi mungkin karena hari terakir sebelum cuti bersama. Aku ga perlu ambil nomor antrian, ditanya udah bikin janji ato belum, dan mau ketemu dokter siapa.

Setelah itu aku ke lt.2 kondisi bibir masih sedikit bengkak tapi ga kaku. Dokter samperin aku dan ngeledekin bibir seksi ku. Aku mau ketawa tapi susah karena perih.

Dokter periksa kondisi bibir. Jahitan bibir ga lepas, tapi sedikit robek di area bibir atas dan dokter nyebut istilah sariawan untuk rasa perih yang aku rasain.

Dokter ngelepas perban bentuk permen karet, agak susah karena jahitan nya nempel ke perban. Dokter narik pelan-pelan. Saat narik perban itu aku cium bau ga enak dari area peeban. Tanda aku ga bersih sikat gigi.

"Agak kotor ya mbak, kita bersihin ya"

Dokter kasi betadin di area jahitan dan semprot area jahitan dengan cairan seperti infus rasanya asin. Sekali semprotan cairan asin dokter nyuruh kumur dengan air. Dokter semprot dengan bantuan jarum suntik sekitar 6x.

"Jadi enakan kan mbak? Tadi itu kotor mbak, karena ketutup perban dan bersihinnya susah"
"Ia dokter enakan ga perih lagi. Trus yang jahitan gimana kondisi nya dok?"
"Jahitannya bagus mbak tapi belum bisa dilepas mbak. Lukanya masih lembek. Biasanya memang 2 minggu mbak. Untuk bibir atas perih karena dia kegesek perban mbak, dan banyak gerak"
"Ga bakal kenapa-kenapa nih dok sampe abis liburan?"
"Ga apa mbak, paling senyum lembut ya mbak biar ga luka lagi. Nanti itu jahitannya lepas sendiri mbak"
"Aduh dok saya ga bisa senyum imut-imut ga puas rasanya. Jahitannya bener bakal lepas sendiri dok?"
"Ditahan ya mbak supaya ga bengkak lagi, ia mbak ntar lepas kok, tapi sekarang aku lepas ya jahitan yang bisa dilepas"

Ada 2 jahitan yang bisa dilepas. Setelah jahitan dibuka, dokter foto dan liatin hasil bedahnya ke dosen. Dokter ngasi jadwal buka jahitan tanggal 3 hari senin.

Selesai dengan dokter perio, aku ke lt.3 untuk ketemu dokter orto. Aku wa ngabarin dokter orto kalo udah didepan.

Lewat jam 1 aku belum dapet balasan, ga lama dokter keluar ruang periksa dengan pasien. Dia kaget liat aku dan ternyata lupa janjian jam 1.

"Ga akan sempat nih mbak pasang bracket untuk rahang bawah, kompresor mau mati karena hari ini cuman setengah hari. Kita pasang kawat aja ya yang atas sama pasang karet separator untuk rahang bawah"
"Oh gitu dok, saya janji lagi buka jahitan tanggal 3 dok"
"Boleh juga, kabarin saya ya biar kita bisa pasang bracket bawah"

Dokter mulai masang kawat untuk bracket rahang atas. Dokter hati-hati masangnya, takut nyakitin jahitan. Dokter nanya kawatnya udah pas atau belum? Aku ngerasa yang sebelah kanan belum pas agak kepanjangan tapi aku pikir bakal ga masalah. Dan ini jadi masalah di minggu berikutnya.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Lepas 2 jahitan: 10.000 (lagi-lagi dibayarin dokter cantik perio)

No comments:

Post a Comment