Friday, June 30, 2017

Catatan 17 - Bedah frenektomi rahang atas

14 Juni 2017
Siang, dokter cantik perio wa. 
"Hai mbak, met pagi. Rencana bedah frenektomi rahang atas hari kamis jam 10 bisa mbak?"
"Halo dokter, bisa dokter"
"Tapi kawat behelnya minta dilepas dulu ya ama dokter orto. Aku udah wa, tapi belum di balas"
"Oh harus dilepas dulu ya dok, oke saya wa dokter orto ya dok"
"Okeee"

Aku langsung wa dokter cantik orto. Lapor soal penemuan satu saluran akar, belum ada rencana ketemu dokter konservasi karena jadwal ga memungkinkan, jadi mau frenektomi rahang atas dulu, dan minta kawat behel dilepas lalu nanya dokter bisa jam berapa untuk lepas kawat.

Dokter cantik orto balas dan bilang dia bisa besok pagi jam 8. Setelah janjian itu, aku wa dokter cantik perio.

Sorenya, pas udah buka puasa, dokter cantik perio wa ngasi kabar.
"Hai mbak, maaf ya besok itu dosennya ada urusan, jadi mungkin agak molor bedahnya"
"Jadi gimana dok, besok saya tetep lepas kawat?"
"Ia mbak, lepas aja dlu. Abis itu aku periksa yang bekas bedah frenektomi  rahang bawah ya penyembuhannya gimana. Terus kita lihat ada karang gigi ga di rahang atas kalo ada kita bersihin dulu ya. Abis itu kita liat dosennya bisa ato ga"
"Oke dokter, kalo dosen nya ga ada berarti ga jadi bedah dok?"
"Biasanya tetap bedah sih tapi diawasi sama senior yang udah lulus"
"Sip dokter, makasih dokter"

Malam itu, aku makan macem-macem, belajar dari bedah rahang bawah yang bikin ga bisa makan normal. Aku pikir pasti bakal ga bisa makan lagi. 

15 Juni 2017
Pagi jam 8 aku langsung ke tempat pendaftaran, ternyata belum buka dan nomor antrian udah ampe 21. Aku mutusin nanti aja daftarnya. Aku langsung ke lt.3 tempat residen orto.

Saat lagi nunggu, dokter cantik perio wa.
"Pagi mbak, hari ini jam 10 jangan lupa ya. Sekarang lagi di orto ya"
"Ia dokter lagi nunggu nih"
"Kalo udah beres ke kantin aja ya mbak, makan dulu. Kantinnya buka kok"
"Siap dokter"

Karena semalam kurang tidur, aku ngantuk banget pagi ini. Sempat ketiduran di ruang tunggu orto (lol) dan kebangun kaget pas nama dipanggil lewat speaker.

Aku setengah lari masuk ke ruang periksa orto. Pagi ini lumayan sepi, sepeerinya karena masi pagi.

"Hai mbaak, di kursi yg biasa yaa"sapa dokter cantik orto. Cantik banget beda ya aura orang mau merid haha.
"Oke dokter"aku langsung duduk di kursi periksa biasa yang ada nama dokter cantik orto.
"Hari ini mau frenek rahang atas ya? Gimana yang rahang bawah?"tanya dokter
"Ia dokter, yang rahang bawah udah selesai dok"

Dokter cantik orto periksa rahang bawah. 
"Oohh udah sehat nih, gusi nya juga naik. Trus rencana tambalan gigi belakang gimana?"
"Minggu ini dokter konservasi sibuk kuliah dok, minggu depan udah mudik. Jadi kemungkinan abis lebaran"aku jelasin info yang aku dapet dari dokter konservasi terakir ketemu.
"Hmmm, paling kita pasang dulu aja ya buat rahang bawah kalo udah bedah yang atas"dokter cantik orto meriksa gigi belakang
"Oh ga apa dok?"aku inget dokter cantik perio bilang syarat pasang behel ga ada gigi tambalan.
"Ga apa ko, paling yang dibelakang ga di pasang bracket dulu. Ketemu kan saluran akarnya kemaren?"
"Ia dok ketemu alus banget. Tinggal satu lagi"
"Okeey kita buka ya kawatnya"

Dokter cantik orto mulai melepas karet power o warna pink, lalu lepas kawat. Dih cuman sekejap.. aku kira bakal lama.

"Sip udah, ntar aku minta foto before after bedah yang rahang bawah sama atas ya buat dokumentasi"
"Oke dokter, nanti saya minta ke dokter perio. jadi nanti kalo lepas jahitan saya kabarin ya dok"
"Sip kalo bisa rabu ya"
"Oke dokter"

Aku keluar ruang orto baru setengah sembilan.yang aku rasa pas kawat dilepas, bagian dalam mulut jadi nempel langsung ke bracket aku khawatir bakal sariawan.

Aku daftar kebawah, selesai daftar aku ke kantin mesen kopi. Bisa-bisa mood jelek karena kurang tidur dan bakal ngaruhin kondisi badan. Setelah ngopi aku nunggu dokter cantik perio. Aku milih nunggu di ruang tunggu deket ugd aja. Karena kursi ny lebih empuk dari lt.2. 

5 menit sebelum waktu janjian aku ke lt.2. baru duduk sebentar, dokter cantik perio nyamperin, ngasi tau kalo ada pemadaman listrik, dari jam 11.00-13.00. dan kemungkinan bakal diundur bedah nya ke siang.

Aku setuju aja. Dokter periksa kondisi gigi rahang atas. Alhamdulillah bersih ga ada karang gigi. Lalu dokter meriksa kondisi bekas bedah rahang bawah. Disini kening dokter berkerut-kerut.

"Jadi numpuk ya mbak..ada keluhan ga?"
"Kalo senyum jadi ketahan gitu dokter"
"Hmm tadinya teknik yang mau ak mau ambil bukan gitu mbak, pengennya didalemin aja ga dijahit numpuk di satu tempat"

Jadi pas bedah itu teknik yang mau dokter lakuin ga disetujui dosen pengawasnya, dokter tau hasilnya bakal numpuk gini makanya dia mau ambil teknik lain itu. Apa daya dosen ga setuju.

Sebenarnya gini juga udah baik, cuman keliatan ga rapi aja. Dan aku ngerasa senyum ga bisa lebar, ketahan gitu dibagian tengah dagu. Jadi ga bisa ngakak lebar deh. Hadeh.

"Karena mau mati lampu, bedahnya bakal agak siang. Ga apa mbak? Main-main dulu aja kemana gitu mbak masi lama jam 1"
"Mau nunggu dibawah aja dok, kalo main-main dulu ntar males ke sininya lagi"
"Ohh ya udah, makan dulu ya mbak"
"Tadi pagi udah makan dok"
"Idihh makan lagi mbak, udah mau siang. Susah bener disuruh makan"

Aku ketawa dan akhirnya nurut. Saat itu baru jam 11, aku ke kantin makan dan mesen milo anget. Selesai makan aku nunggu di deket ugd, pasang headset dan baca buku. 

Jam satu kurang, dokter cantik perio wa, nanya posisi dan ngajak siap-siap. Dari waktu aku nunggu tadi lampu ga jadi mati sesuai jadwal tapi kompresor udah mati mencegah kerusakan kayak waktu itu lagi. 

Sampe ruang perio, aku sikat gigi yang bersih. Lalu dokter ngukur tensi. Tensi aku 125/ per berapa gitu lupa. Termasuk normal tapi buat aku itu tinggi. Mungkin karena kurang tidur dan minum kopi.

Aku diminta tanda tangan formulir persetujuan tindakan bedah. Lalu saat dokter ganti baju aku keruang bedah. Yang ada diujung ruang periksa residen dokter anak atau umum ya itu.

Diruang bedah aku simpan tas dan milih duduk ditempat kemaren deket jendela.

Dokter cantik perio muncul dengan pakaian operasi warna hijau, beliau memperkenalkan asisten operasi hari ini ada dokter muda ganteng yang akan menikah akhir tahun ini dan untuk dokumentasi dokter cakep yang bantu bedah minggu kemaren.

Lampu ga jadi mati tapi kompresor belum hidup juga. Tapi bedah tetap jalan.

Bedah frenektomi rahang atas ini dilakukan, karena otot yang menyatukan gusi dan rahang terlalu tebal dan tumbuh agak ke bawah dan ada jendolan.

Seperti kemaren, muka aku ditutup dengan kain hijau dengan bulatan diarea hidung dan mulut. Dokter olesin cairan yang dingin dibibir dan bagian rahang atas. Deket jendolan dan frenulum yang tebal dan dibalik gigi depan.

Dokter menjelaskan tindakan bedah yang akan dilakukan. Jendolan akan dipotong dan frenulum yang tebal akan dibuang. Lalu dibelakang gigi depan atas akan dipotong sedikit bagian yang menebal.

"Mbak suntikan ini bakal sakit banget apa lagi bagian rahang atas bagian dalam tahan ya mbak"

Saat dokter bilang gitu, aku mulai deg degan takut.Dokter mulai suntik rahang atas depan. Jarum suntik masuk ke dalam gusi. Saat nusuk itu lumayan perih bikin air mata keluar tapi ga sakit-sakit banget. Selama suntik itu dokter berkali-kali minta maaf. 

"Sekarang saya suntik bagian dalem rahang atas ya mbak yang deket gigi depan, ini bakal lebih sakit, tahan ya mbak maaf"

Dan dokter mulai suntik. Tapi ga sesakit yang dokter bilang. Dokter agak susah nusukin jarumnya, kayaknya terlalu keras dan yang aku rasa udah mentok. Aduh aku udah deg degan aja. Lebih sakit saat suntik yang rahang bawah kemaren.

Saat area yang disuntik bius mulai bewarna putih tanda sudah kebal, dokter mulai bedah. Sesekali dokter ngobrol dengan asisisten operasi dan nanya pendapat asisten operasi. 

Saat udah potong sesuatu, lampu mati. Untungnya karena duduk deket jendela, jadi ga terlalu gelap. Bedah tetap dilakukan dan selesai dengan aman. Untuk bedah ini total jahitan yang aku dapat ada 8 jahitan. Memanjang dari antara gusi gigi depan sampe keatas bibir atas.


Ilustrasi bedah frenektomi rahang atas dan jahitan.
Source by instagram dentistaparaestrelas

Kasus frenulumku seperti foto diatas, otot yang tumbuh agak kebawah dan tebal. Dan diujung frenulum deket gigi ada jendolan.

Selesai bedah dokter nempelin peeban bentuk permen karet dan ga lupa ngasi nasehat soal jangan makan yang panas,asem,pedes dulu, jangan kumur keras-keras. Aku dapat resep dokter obat amoxilin, asam mefenamat dan minosep merah.

Sampe rumah, aku nanya ke dokter cantik perio soal foto before after. Dokter bilang rahang bawah belum selesai, masih penyembuhan dan akan dilakukan frenektomi tahap 2. Tahap pertama ngebuang dan tahap kedua nanti memperbaiki kedalamn vestibulum.

Dokter nanya soal jahitan, sakit ato ga. Aku bilang belum sakit jadi dokter nyaranin aku kompres es kalo kerasa perih.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Bedah: 100.000
Obat: 32.000

No comments:

Post a Comment