Monday, March 11, 2019

Catatan 41 - Kontrol behel ke 28

26 Februari 2019
Akhir bulan, aku nanya dokter cantik ortho jadwal kontrol berikutnya kapan dan dokter ngasih jadwal tanggal 27 februari jam 10.

27 Februari 2019
Jam setengah sepuluh aku udah di rsgm unpad, pendaftaran kali ini nomor antrian dibedakan antara bagian umum, residen, spesialis dan bpjs. Alhasil antrian ga begitu numpuk dan semua berjalan cukup lancar. Saat nomor aku di panggil petugas nanya tujuanku kemana dan udah janjian atau belum.

"Mbak nanti kalo udah selesai bayar kebawah lagi ya buat ngambil kartu pasien yang baru" kata perawat petugas.
"Ambilnya di sini?" tanyaku
"Ia mbak nanti di petugas yang ini" perawat itu menunjuk  petugas perempuan berkerudung di sampingnya. yang aku tau dia itu petugas lama.

Aku langsung ke lantai 3,  ketemu dokter cantik ortho. Hari ini rencana nya dokter cantik ortho mau liatin gigi aku ke dosen dan minta persetujuan untuk lepas behel. Sayangnya, saat diperiksa dosen, dosen itu masih belum puas dengan gigiku.

"Sedikit lagi ya, yang dibawah sini. Biar sempurna" dosen cantik itu menunjuk gigi bawah sebelah kiri yang rewel, yang bikin dokter cantik ortho bingung cara gerakinnya lagi.

Izinpun tak turun, aku harus bersabar lagi. huhu. Dokter cantik ortho bilang pertemuan berikutnya bulan depan sekitar tanggal belasan. Setelah karet terpasang, aku pamit pada dokter dan lapor ke bapak petugas.Bapak petugas nanya namaku, jadi setiap kita daftar di bawah akan langsung muncul di layar bapak petugas di atas, lalu bapak petugas input jenis pembayaran yang nantinya akan muncul di komputer bagian pembayaran.

Jadi selama ini yang aku kira biaya kontrol 15.000 itu ternyata biaya buat bahan, kayak karet dan lain-lain. Aku baru tau sekarang soalnya setiap ada dokter yang selesai sama satu pasien, mereka akan manggil dokter yang jaga bahan hari itu dan pasien bayar biaya bahan ke dokter itu ga ke bapak petugas lagi kayak dulu.

Aku turun ke lantai 2, lalu ambil jalan pintas yang pintunya dekat tangga. pintu ini nyambung ke gedung sebelah, bagian loket pembayaran dan poli dokter gigi anak. Saat keluar dari pintu ikutin jembatan sambungan lalu belok kanan dan bakal ketemu bagian pembayaran.

Total bayar hari ini 100.000. Kontrol tetap 75.000 dan untuk kartu pasien baru 25.000. Beres bayar aku turun lewat tangga di depan loket pembayaran dan langsung berhadapan dengan bagian pendaftaran. Aku menghampiri petugas berkerudung itu, memperlihatkan nota pembayaran dari atas lalu menerima kartu pasien, bentuknya kayak atm ada nama, nomor dan barkode.

Kartu pasien rsgm unpad yang baru

Pengeluaran hari ini
Kontrol: 75.000
Kartu pasien: 25.000

8 comments:

  1. Hai kak, mau nanya nih. Sebelumnya aku udah pernah pake behel, tapi ga puas sama hasilnya dan mau ngulang lagi pake behelnya di RSGM UNPAD. Nah bracketnya masih kupegang. Bisa gak ya biaya make behel di RSGM jadi lebih murah? Soalnya kan aku pake bracket yang lama h3h3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, aku pernah nanya ke dokter residen ortho. Kata mereka harus ulang lagi dari awal dan alat nya dari mereka. Tapi coba aja datang dan periksa trus nanya-nanya.

      Delete
  2. Kalau udah lepas behel, jangan lupa foto ya kak biar bisa dibandingin sama gigi sebelum pake behel wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ia rencananya gitu. Pasti bakal di pajang before after.

      Delete
  3. Kak kalo kontrol suka scaling ga? Waktu scaling dilepas behelnya ga? Aku dari awal pasang ga pernah scaling..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, pernah sekali scaling pas sebelum odon. Ga di lepas ko bracketnya. Lebih baik scaling ya

      Delete
  4. Biaya behel yg sekarang sama ga sama biaya pemasangan behel waktu mbak masang ?

    ReplyDelete