Monday, March 11, 2019

Catatan 40 - Odontektomi Part III

20 Januari 2019
Aku diantar ayah ibu, sedangkan adek bakal nyamperin sore untuk nemenin nginep malam ini. Suasana rsgm unpad sepi, hanya ada beberapa orang dan lahan parkir kosong melompong. Aku ke bagian pendaftaran dan diarahkan ke bagian rawat inap. Letak bagian rawat inap ada di sebelah ugd, masuknya lewat pintu samping yang biasanya suka ada ambulan yang parkir, masuk dari pintu samping yang langsung berhadapan dengan lift. Kita langsung ke lt.3

Pintu masuk rawat inap

Lift


Di lt.3 aku langsung ke bagian penerimaan, bertemu dengan suster yang ramah. Ayah ibu langsung nanya-nanya ke suster soal operasi ini dan susternya ngejelasin dengan ramah dan sabar. Jadi 6 jam sebelum operasi aku harus puasa, suster bilang lebih baik beli makanan untuk sahur dari luar karena hari ini hanya di sediakan satu kali makan saat malam. 

Aku dapat kamar deket pintu masuk, ada dua ranjang, tv, 2 lemari tv, dan kamar mandi. Aku nempatin kamar ini sendiri, jadi adekku bisa make ranjang satu lagi. Pemandangan dari balkon bagus deh. 

Ayah tanda tangan di 2 berkas, satu untuk persetujuan operasi dan satu lagi persetujuan anastesi. Suster bilang kalo mau keluar sekarang boleh, karena kalo udah di visit dokter ga bisa keluar lagi harus ada izin dokter. 

Ayah tinggal di kamar nonton tinju, sedangkan ibu dan aku ke bawah untuk scalling. Biasanya bagian pendaftaran rame, tapi hari ini kosong melompong. Aku daftar dan nunggu di panggil suster, lalu suster di bawah mengarahkan ke ruang periksa dan aku ketemu dengan dokter cowok yang jaga. 

Scaling ga lama tapi ngilu di bagian rahang bawah bagian gigi depan karena ada karang gigi yang putih di sela-sela gigi. Kata dokter ga ada karang gigi yang hitam. Asik. Berhasil juga rutin gosok gigi sebelum tidur yang dulunya selalu aku skip. Yayyy. 

Ternyata biaya scaling di dokter umum 140.000. Ga di cover bpjs. 

Beres scaling, aku keluar dengan ayah ibu buat beli makan. Ibu bawel suruh beli sendal, tisu, makanan buat sahur, cemilan. Aku beli jus botolan bukan yang sedot untuk minuman setelah operasi, karena aku mikir pasit nantinya ga bisa ngunyah. Setelah belanja makanan aku balik ke rsgm unpad, ayah ibu langsung pulang dan berpesan untuk selalu ngabarin kalo ada apa-apa. Di bagian rawat inap aku lapor dan masuk kamar. Aku ganti baju dengan yang aku bawa karena ga di sediain di sini dan diam di kamar aja sambil baca novel. 

Aku sempat baca pengalaman teman-teman yang pernah operasi gigi bungsu atau impaksi. Kesimpulannya setelah operasi ga boleh meludah, kumur-kumur, nyedot minuman pake sedotan, toel-toel bekas operasi pake lidah, makan-minuman panas. 

Dua jam kemudian, suster datang buat cek tensi dan suhu tubuh. Sayang ga ada gelang pasien warna pink itu, kata suster kehabisan. 

Jam 4 sore adek aku datang, dan suster minta adek aku nebus obat bius ke bagian farmasi, di atas bagian pendaftaran, di cover bpjs. Aku di ukur tensi dan suhu lagi sore itu. Suster bilang aku harus puasa dari jam 2 malam. 

Malamnya suster nganterin makanan dan ada dokter visit, ada 2 dokter cowok yang visit. Dokter menjelaskan tindakan yang akan di lakukan dan efek dari tindakan tersebut. 

Kata dokter, akan dilakukan 4 pencabutan gigi impaksi, 3 masih terpendam, 1 udah keluar yang sebelah kiri atas. Prosedurnya akan dibor sedikit rahang yang menutupi gigi dan di ambil gigi tersebut, efek samping yang mungkin muncul yaitu kena syaraf yang bisa bikin baal tapi kemungkinannya kecil. Dan untuk gigi atas, efek samping yang mungkin muncul berhubungan dengan sinus. 

Aku kaget pas dokter bilang akan dibor sedikit tulang rahang. Aku kira ga akan dibor, cuman di belek langsung keliatan gigi terpendam itu dan di sini aku mulai agak deg degan (lol)

Jam 1 malam aku sengaja pasang alarm dan makan, aku lanjut tidur. Bersiap buat besok pagi. 

21 Januari 2019
Jam 6 aku bangun. Mandi dan sikat gigi, setelah itu suster datang lagi untuk ukur tensi dan suhu lalu tes suntik alergi di lengan kanan. Sakit loh pas di suntik itu. Kata suster kalo muncul alergi bakal ada bintik-bintik merah di sekitar bekas suntikan yang dilingkari. Suster bilang sebelum operasi bh harus di lepas. Tapi kalo mau pakai kaos dalam boleh.



Jam 8 ayah ibu dateng, aku kaget padahal udah bilang ga usah dateng cuman cabut gigi walau di bius total. Ibu khawatir, ibu nganggap ini operasi besar dan takut kenapa-kenapa. Lalu dokter yang jaga pagi visit nanya kondisi dan keadaan.

Ga berapa lama dokter anastesi visit, nanya keadaan dan kondisi. Setelah itu suster dateng lagi, nganterin ke ruang operasi di lantai bawah, tempat aku ketemu dokter anastesi dulu untuk izin syarat operasi. 

Aku di operasi bareng sama satu pasien lagi, perempuan, dia di anter ibu suami dan anaknya. Kami semua serombongan ke bawah. 

Di depan ruang operasi aku lepas sendal lalu kami di suruh ganti baju, sebelumnya di atas aku udah lepas bh. Jadi di balik pakaian operasi aku pakai celana dalam dan kaos dalam. Pakaian operasi bewarna biru berupa celana yg di ikat pinggang nya dan baju atasan yang bolong di bagian punggung. Ibu bantuin aku ikat tali di bagian punggung. 

Nunggu sebentar lalu suster dari ruang operasi manggil nama aku. Aku di arahkan ke ruang operasi sebelah kanan. Awalnya aku tenang-tenang aja, tapi pas masuk ruang operasi, liat ranjang operasi yang kayak papan gitu, lampu operasi, mesin detak jantung dll, jiper juga. Mulai muncul rasa takut. 

Ruang operasi 


Ada sekitar 8 orang kalo ga salah di ruang operasi, 4 atau 5 suster dan ada 3 laki-laki aku ga tau itu dokter ato apa. Semua udah pakai baju hijau-hijau dan masker. 

Aku tiduran di ranjang, dan suster masang cap kayak buat mandi itu di kepala, dokter masang alat detak jantung di ujung jari kanan, dokter anastesi mulai masang infus di tangan kiri. Dokter ngambil selimut dan menutupi dari pinggang ke bawah, lalu ujung selimut di selipkan dibawah badan. Supaya tangan ga jatuh karena ranjang operasinya kecil. Sukurlah di kasih selimut karena ruang operasi itu dingin banget ntar beres operasi malah kembung (lol)

Ada beberapa hal yang aku khawatirkan, kayak gimana kalo biusnya ga ngefek, gimana kalo ke bangun pas lagi operasi. Konyol memang tapi mau gimana lagi. Rasa takut itu ada. 

"Tegang ya" kata dokter anastesi
"Ia dok, gemetaran" aku ngerasa pahaku sedikit gemetar dan kejang dikit. 
"Santai aja, obat biusnya mulai dimasukin ya, kalo ngerasa mual dan pusing itu wajar" dokter menyuntikan sesuatu ke selang infus. 

Aku tenang dan ngerasa sedikit pusing. Para dokter dan perawat ngobrol santai di ruang operasi. Aku mencoba tenang dan santai karena kalo panik malah bikin semua kacau. Aku natap lampu operasi, tarik nafas panjang dan nutup mata. Dan setelah itu gelap. 

Pas sadar yang aku dengar pertama suara ayah dan ibu. Dalam hati aku mikir loh udah selesai? Lalu aku ngerasa mata aku basah, trus hidung sebelah kanan perih banget. Dan di mulut aku ada dua kasa besar yang di gigit. Ayah di sebelah kiri dan ibu di sebelah kanan. Aku ingin megang hidung sebelah kanan karena perih, biasanya kalo perih suka aku tekan tapi di cegah ibu.

Hahaha aneh bener aku ga mau nangis tapi malah nangis. Bener deh heran banget. Sepertinya walau aku ga takut dan santai aja, alam sadarku yang ketakutan dan pengen mewek.

Ibu usap air mata di mata aku dan ayah mencet-mencet hidung kanan aku. Untuk bicara aku ga bisa, rasanya berat, pas nyoba bicara kayak orang mabok ga jelas ngomong apa (lol). Tapi kesadaran dalam diri aku udah bangun seutuhnya. Cuman buat merintahin badan belum bisa. 

Buat bilang pengen balik ke kamar aja ga bisa. Dan saat itu dalam hati aku ngerasa bersyukur ada ayah ama ibu di sini. 

Suster datang bawa kursi roda, dan pelan-pelan aku bangun dan duduk di kursi itu, badan kerasa berat. Aku dibawa ke kamar rawat inap dan mulai ngerasa pusing pengen muntah. 

Pas di kamar aku bilang mual pengen muntah, ayah sibuk ngeluarin kresek dan aku muntah. Muntah yang keluar cairan doang dan darah dari mulut dan hidung. Tapi setelah muntah perut kerasa enakan. Aku melepas kasa yang nyumpal di mulut karena udah basah dan suster bilang lepas aja. 

Aku keingat kesimpulan pengalaman cabut gigi dan berusaha ga nyentuh luka operasi, sejam pertama lidah sama pipi bagian dalam masih ba'al. Aku tiduran di kasur yang di tinggiin bantalnya, rasanya enak banget, karena selama operasi ga pake bantal. Aku belum boleh makan dan minum. Paling minum aja nanti di jeda per 10 menit satu sendok makan.

4 gigi bungsu, 2 utuh, 2 lainnya pecah.


Beberapa kali aku ketiduran, suster bolak balik nanya kondisi aku. Selama periode kebangun tidur itu aku bilang ke ayah ibu pulang aja, aku udah ga apa cuman pengen tidur. Tapi ibu ngotot pengen tinggal.

Pas jam 11 aku kebangun lagi badan udah segar. Pipi kanan kiri bengkak, tapi yang parah pipi sebelah kiri bengkaknya kayak jendolan telur di rahang bawah. Dan sudut bibir kanan kayak memar merah gitu.

Aku bisa ke kamar mandi sendiri, cuman ribet aja bawa-bawa tiang infus. Aku juga ganti baju sendiri dan aku ngerasa lapar. Huhuu

Aku minum sesendok dalam 3 periode per 10 menit, setelah ga ada mual dan segala macem aku minum banyak-banyak dan tidur. Menurut suster kalo udha ga ada kendala boleh makan yang lembut-lembut kayak puding, es krim, jus, sup krim. Hari ini makanan yang di sediain rumah skait cuman segelas susu dingin. 

Ayah ibu ada di suruh nebus obat di farmas tapi di cover bpjs. 

Setelah ayah ibu pulang di sore hari, adek dateng bawa macem-macem makanan. Es krim yang di cup, jus buavita yang 500ml, 2 krim sup dari kfc, dan puding kfc. 

Aduh makan yang dingin-dingin rasanya nikmat banget. Aku abisin 2 cup es krim, dan jus dulu. Belum bisa makan krim sup karena panas. 

Beberapa kali suster datang untuk cek tensi dan suhu sama masukin obat yang tadi di tebus ayah ibu ke selang infus. 

Malamnya ada dokter yang visit. Mereka nanya apa ada keluhan, aku bilang ga ada keluhan cuman ga ngerasa apa-apa, ga ngilu ga sakit di bekas luka. Aku takut kena syaraf. Kata dokter ga apa-apa, yang kena syaraf itu baru kerasa besok paginya, tapi kalo di tekan dari luar masih sakit berarti normal. 

Yah kalo di pencet bengkak nya sakit sih. Tapi aku ga ngerasain senut-senut dan segala macem rasa ga nyaman seperti yang di alami teman-teman yang pernah operasi impaksi. Mungkin efek obat yang dimasukin ke selang infus kali ya. Yang dokter bilang efek setiap orang beda-beda.

Memang susah sih buka mulut tapi itu karena kaku jahitan dan bengkak aja. Aku juga baca temen-temen susah makan setelah operasi. Aku malah pengen makan, memang buat ngunyah agak canggung. 

Ketiduran ampe pagi dan paginya ada dokter visit sambil bantu bersihin luka pake cairan kayak infus gitu. Setelah dokter yang jaga visit lagi, aku udah boleh pulang. 

Sambil nunggu ayah, adek tebus obat minum di bagian farmasi di cover bpjs dan foto copy hasil tes darah, ronsen, dan berkas lain. Aku dikasih juga surat rujukan untuk kontrol berikutnya. Seminggu lagi lepas jahitan. 

Selain keluarin uang buat makan, dan obat salep yang ga ada di farmasi, aku ga ada pengeluaran lain. 

28 Januari 2019
Aku datang ke rsgm unpad pagi tapi antrian udah panjang di bagian bpjs. Saat pendaftaran beres, aku ke bagian bedah minor. Dan di sana banyak yang antri, sampe berdiri segala. 

Bagian depan poli bedah minor


Selama seminggu ini aku ga ada keluhan yang berarti. Cuman bengkaknya aja rajin aku kompres gantian dengan air panas dan air es. Untuk makan aku masih yang lembut-lembut, mie yang lembek nunggu dingin dulu, bubur, puding, es krim. Setiap pagi dan malam setelah gosok gigi aku olesin salep aloclair plus gel.

Kadang ada sedikit rasa senut di rahang kanan. Tapi setelah minum obat jadi ga sakit lagi. 

Nunggu lumayan lama, baru aku di panggil. Ternyata lepas jahitan itu nyakitin banget. Mataku ampe berair. Dokternya juga kayak yang kesusahan gitu. 

Aku nanya kenapa rahang kiri masih agak bengkak. Menurut dokter masih wajar karena post-operasi. Nanti kalo ada keluhan lagi bisa datang lagi. 

Selesai sudah. Semoga ga ada kendala macem-macem. Hari ini ga ada pengeluaran, di cover bpjs.



1 comment:

  1. Kak.. aku juga pemakai behel yg pasang di klinik dokter lain, bukan di rumah sakit. Lalu apakah operasi impaksi gigi tetap bisa ya ditanggung BPJS disaat kita memakai behel? Tolong dijawab ya kak. Makasih🙏🙏

    ReplyDelete