Monday, June 3, 2019

Catatan 42 - Lepas Behel, Retainer & Rontgen setelah lepas behel.

08 Mei 2019
Jam 07 pagi, dokter cantik residen ortho wa aku dan minta dateng hari ini jam 09.30 karena mau di liat dosen pembimbing untuk minta ijin lepas behel. Awalnya jumat lalu mau ketemu dosen ini, tapi dosen berhalangan dan diganti hari ini. 

Jam 9 aku udah datang dan antri untuk pendaftaran. Cukup ramai hari ini dan sukurlah aku dapet nomor awal. 

Setelah beres daftar aku ke lantai 3 gedung residen dan wa dokter lapor udah di depan. Ga lama aku dipanggil. 

Dokter meriksa gigi aku dan bilang kondisinya oke, dokter melepas karet power o dan minta aku nunggu sebentar. 

Dosen datang meriksa kondisi gigi aku dan bilang oke. Yayy udah dapet izin buat lepas behel. 

"Karena udah dapet izin, kita lepas bracket paling belakang sama dudukan ya mbak"

Dokter memasang karet power o yang baru lalu memotong kawat gigi paling belakang dan melepas dudukan behel serta bracket paling belakang. Total 4 dudukan dan 4 bracket kait yang dilepas.

Ilustrasi dudukan behel
source by mbah google


Setelah itu dokter membersihkan sisa semen dan lem yang menempel di gigi belakang. 

"2 minggu lagi kita ketemu ya, buat lepas behel" pesan dokter. 

Setelah selesai, aku lapor ke bapak petugas, dan bapak petugas klik sesuatu di aplikasi komputer dan aku di persilahkan ke loket pembayaran di lantai 2. 

Selama dua minggu berikutnya aku ngerasa hampa di gigi bagian belakang karena ada 8 bracket yang dilepas dan kawat lingual yang melilit di antara bracket suka lepas dan nusuk bagian dalam mulut. Aku sabar dan semangatin diri tinggal 2 minggu lagi. 

Pengeluaran hari ini
Pendaftaran: 85.000

24 Mei 2019
Dokter ngasih jadwal jam 09.00 pagi, aku deg degan sumpah. Pagi aku udah dateng untuk daftar, hari ini tumben ga pake antri dan langsung diproses. Setelah beres aku ke bagian residen ortho. 

Ga lama aku di panggil lewat pengeras suara. Aku duduk, dan dokter melepas karet power O lalu dokter manggil dosen lagi untuk diperiksa. Setelah diperiksa dosen dan ga ada masalah dokter di izinkan melepas behel. 

Gyaaa sumpah seneng banget!!!

"Oke mbak kita lepas ya"
"Bentar dok, saya mau videoin"
"Haha terakir ya"

Dokter melepas behel aku memakai alat kayak tang gitu. Jadi pas dilepas bracket masi nempel ke kawat membentuk leter U. 

Video pelepasan behelku



Selesai dilepas aku ngerasa hampa dan kosong di seluruh mulut. Kosong gitu dan kerasa licin saat lidah nyentuh gigi.

"Seneng ga mbak?"
"Seneng banget dok"
"Kita bersihin ya"

Dokter membersihkan sisa lem di gigi aku lalu menghaluskan permukaan gigi. Setelah itu aku disuruh sikat gigi. 

Saat sikat gigi aku ngaca, area mulutku sama lobang hidung putih akibat sisa pembersihan tadi. Aku cuci mulut dan sikat gigi. 

Setelah sikat gigi, dokter memfoto kondisi gigi aku, dibantu dokter lain. Lalu dokter mencetak gigi aku untuk pembuatan retainer, setelah cetak gigi aku disuruh gosok gigi lagi. 

Beres sikat gigi dokter mau foto kondisi mulut dan rahang, aku di persilahkan ke ruangan di dekat pintu masuk. Aku melepas jilbab dan memfoto kondisi gigi aku dari depan dan samping, kondisi diam dan tersenyum keliatan gigi. 

"Setelah ini saya kasih surat ronsen ya mbak, ronsen panoramic sama rahang. Mau dimana mbak?"
"Eh bisa di mana aja dok?"
"Di lab pramitha, sama di bawah bisa. Tapi pramitha bakalan mahal mungkin sekitar 600.000"
"Kalo gitu dibawah aja ya dok?"
"Oke deh, kamu ke pak yaya ya (bapak petugas bagian ortnho) untuk bayar retainer"

Aku memasang jilbab dan keluar ruangan lalu menghampiri bapak perugas. 
"Wah udah selesai ya behelnya, seneng ga?"tanya si bapak
"Hehe seneng pak. Saya mau bayar retainer pak"
"Ahsyiaapp" kata si bapak
"Retainernya yang besi ya pak?"tanyaku
"Ga tau nih coba tanya dokter, dok retainernya yang mana?"
"Mbak mau yang mana?"
"Nghh yang bagus aja dok" aku ga tau ada jenis apa lagi retainer selain besi
"Yang clear aja pak, tapi aman ga ya? Bakal diijinin ga pak? Tanya dokter
"Aman kok aman" bapak petugas meyakinkan
"Ya udah pak yang clear aja"

Aku membayar biaya pembuatan retainer 250.000 dan dokter memberikan kertas untuk foto ronsen. Setelah itu aku ke lantai 2 buat bayar biaya periksa dan pendaftaran. 

"Mbak mau bayar, oh ia mbak kalo bayar ronsen panoramic sama rahang berapa ya?" Aku menyerahkan surat dari dokter. 
"Untuk panoramic 140.000 dan rahang juga 140.000" kata mbak petugas

Wew murah di banding 600.000 hehe. 

Selesai sudah perjalanan behelku dari juni 2017 - 24 mei 2019. Dari dokternya gadis, merit dan punya anak. 

Dan berikut before after kondisi gigiku, mohon maaf jika menjijikan. Tapi beginilah kondisi gigiku. Berjejalan dan miring plus gusi bengkak.

Kondisi Awal gigi

Kondisi awal gigi

Setelah lepas behel

Senyum dulu & sekarang


Pengeluaran hari ini
Daftar 85.000
Retainer 250.000

28 Mei 2019
Jam 9 aku udah ada di RSGM Unpad, karena mau foto rontgen panoramic dan rontgen rahang. Untuk daftar rontgen ada di sebelah pendaftaran. Aku daftar, lalu bayar ke lantai 2, balik lagi ke bagian pendaftaran, lalu melakukan rontgen yang letaknya di dekat ugd. Dulu aku pernah foto rontgen panoramic di sini dan alatnya udah berubah sekarang. Mesinnya baru.

Selesai rotgen aku disuruh nunggu hasil kurang lebih 15 menit, lalu di arahkan ke bagian radiologi untuk dibaca hasil foto rotgen tersebut sekitar 15 menit. 


Foto rontgen dulu

Foto rontgen terbaru




Gigi bungsu yang terpendam sudah hilang...

Hasil rontgen rahang

Setelah itu aku ke lantai 3 bagian residen ortho untuk ketemu dokter cantik ortho buat nyerahin hasil rontgen dan ngambil retainer. Retainer yang aku pilih warna clear alias bening dan dokter bilang harus rajin aku pake sampai akhir desember. Saat makan harus dilepas dan saat sikat gigi retainer ini harus di cuci dengan sikat gigi.

Pas coba retainer, agak gak pas dan dokter harus perbaiki lagi dengan bolongin beberapa bagian retainer jadinya retainer aku bolong-bolong deh.

Penampakan retainer clear

Saat dipakai

Retainer ini saat dipakai ga sampe ke gigi paling belakang, nyangkutnya di gigi geraham belakang pertama. Enak sih pake yang clear ini kalo ga diliat baik-baik ga keliatan. Tapi di aku ngomong jadi agak susah dan aku khawatir retainer ini karena plastik bakal gampang meleot ato pecah.

Ilustrasi retainer besi.


Pas aku nanya ke dokter apa perlu bikin cadangan yang dari besi, tapi dokter bilang ga usah karena aku makenya cuman sampe bulan desember. Dokter bilang kalo retainernya rusak bisa kontak dokternya lagi.

Selesai sudah perjalanan behelku, selanjutnya mungkin aku akan nulis hal lain. Makasih buat teman-teman yang udah lama ngikutin dan kirim email buat nanya-nanya. Tetap semangat buat pasang behel ya, wajib rajin kontrol sesuai jadwal karena dalam satu bulan itu perubahan gigi lumayan dan kalo malas kontrol bakal berubah lagi giginya, dan untuk gerakin gigi itu bakal makan waktu lagi. 

Pengeluaran hari ini
Rontgen Panoramic dan Rahang: 280.000



15 comments:

  1. Hallo kaa dari cerita2 kaka aku jadi sangat berminat untuk coba pasang behel di rsgm unpad ini, pertanyaan ku apa kira2 harga pasang behel sekarang masinsama atau ga jauh beda sama pas kaka dulu pasang? Terus posisintepatnya rsgm ini di dekat unpad du atau jatinangor yah? Makasihh kaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo makasih udah mampir. Lokasi rsgm unpad ada di DU tepatnya jalan sekeloa. Sayangnya saat ini udah ada peraturan baru jadi biaya kontrol berubah, untuk harga pasang behel di residen ortho sepertinya naik sedikit.

      Delete
    2. Halo Noona....aku mau nanya,kok ake behelnya cepet sekali ya?cuma 2 tahun.saya dari tahun 2015.sampe sekarang belom lepas2...pengen cepet2 lepas .ni blm disuruh lepas tapi aku malah disuruh rontgen sama dokternya....

      Delete
  2. permisi kak, mohon maaf, saya mau nanya, mungkin uda dijelasin di artikel2 awal tapi aku skip. kalau pasang kawat gigi nya ke spesialis apakah harus antre? perbandingan biaya dengan ke residen berapa ya, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di spesialis sepertinya ga perlu antri langsung di proses. Biayanya lebih mahal mungkin sekitar 8-13jt (cmiiw), belum biaya kontrol dll

      Kalo residen di tahun 2017 sekitar 3,6jt sekarang udah naik sedikit.

      Delete
  3. dalam waktu 2 jam saya baca cerita blognya mba dari catatan 1 sampai 42 ini :) salut sama perjuangannya, jadi makin terinspirasi buat pasang behel juga. oia, utk layanan behel ini bisa di hari sabtu juga ngga yah? saya senin-jumat kerja soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih udah mampir dan baca semua. Ayo semangat pasang behel. Kalo untuk residen sepertinya cuman senin-jumat.

      Delete
  4. Kak mau tanya kalau tempat rontgent murah selain pramitha itu namanya tempatnya apa ya, Kak?
    Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo maaf baru balas. Di rsgm unpad juga ada rontgent dan termasuk murah.

      Delete
  5. Halo, itu utk biayanya harus cash Apa bisa diangsur?

    ReplyDelete
  6. Halo, kak aku mau pasang behel, menurut kaka kalo di rsgm dan dipasang sama residen itu aman ga sih? Terus hasilnya memuaskan ga?

    ReplyDelete
  7. Halo kak kalo buat pasang retainer besi harga nya berapa ya ?

    ReplyDelete
  8. Halo kak, kalo dtg untuk buat retainer aja bisa ga ya?

    ReplyDelete
  9. Mba, aku juga pasang dari tahun 2017 ta pi sampe sekarang belum selesai. Ditambah ada covid jadi gak selesai2. Sedih aku tuh

    ReplyDelete
  10. Mula pasang januari 2018 jadi udah 2.5 tahunan lah. Kata dokter udah rapi tapi awal tahun ini dikasih tau kalau ada beda tinggi gusi kanan dan kiri. 😭 Akhir juni dapat kabar duka, dokter gigi orto q meninggal. Duh jadi dilema. Mau lanjut atau lepas. Kalau lepas kira2 dikasih retainer ga? Makasih

    ReplyDelete