Friday, July 14, 2017

Catatan 20 - Pasang behel rahang bawah dan Kontrol bekas jahitan bedah frenektomi rahang atas

3 juni 2017
Pagi ini aku telat dari jam janjian, agak panik saat masuk ruang pendaftaran yang rame, aku ambil nomor antrian dan dapet nomor 40an sedangkan antrian baru sampe 20an. Saat itu jam 08.45 aku coba ngomong ke petugasnya.

"Pak saya udah janjian sama dokter residen jam 9, tapi kayaknya ga bakal sempat karena nomor segini"kataku
"Ditunggu aja ya mbak, semua juga antri"
Ujar petugas

Uuupss maluu deh, resiko nih bangun telat. Padahal biasanya selalu ready setengah jam sebelum jam janjian. Aku wa dokter cantik orto untuk lapor bakal telat.

"Halo dokter maaf saya masih dibawah dapet no antrian 40an sekarang baru no 20an"
"Langsung ke atas aja mbak, daftar nanti aja" kata dokter 

Aku ngerasa ga enak tapi kasian juga dokter nunggu. Aku langsung ke lt.3 tempat residen orto. Suasana agak ramai banyak juga yang bikin janji dihari pertama ini. Aku wa dokter cantik orto dan ngasi tau udah di depan. Ga berapa lama dokter cantik manggil lewat speaker.

Aku duduk disalah satu kursi periksa. Dokter mulai meriksa.
"Loh karet separator nya mana mbak?"
"Yang sebelah kiri belakang lepas pas hari kedua lebaran dok, kalo yang kiri depan baru lepas semalem"
"Duh kalo gini harus pasang karet lagi mbak, soalnya gigi jadi rapat susah aku masang ringnya"

Aku diem aja. Ga berani bela diri karena malu datang telat dan bingung mau jawab gimana. 

"Aku coba pasang ring ya"

Dokter coba masukin ring di gigi kedua dari belakang sebelah kiri, ring bisa masuk dan aku ga ngerasa sakit.

"Coba gigit, ganjel ga? Sakit?"

Aku menggeleng. Dokter lepas karet seperator dan coba masang dudukan ring disebelah kanan. Yang sebelah kanan masuk dengan mulus.

Behel bawah mulai dipasang. Dokter siapin adonan seperti semen putih untuk nempelin ring di gigi kedua dari belakang. Setelah masang ring dokter mulai pasang bracket di setiap gigi.

Proses nya sama kayak pemasangan behel atas. Selesai pasang bracket dan kawat dokter masang karet o warna pink. Lalu dokter meriksa kondisi bracket rahang atas. 

Dokter melepas kawat rahang atas, setelah kumur-kumur, dokter membandingkan cetakan gigi yang udah di gips dengan gigiku.

"Udah ada perubahan ya mbak, 2 gigi seri depan sebelah kanan udah bagus, jadi bracket ny aku copot dulu buat diubah posisi nya. Terus gigi seri kedua sebelah kiri mau aku putar dikit ya, jadi di bracket nya aku pasang pemberat" dokter menjelaskan

Ilustrasi bracket yang diubah
Source gigi by mbah google

Dokter mulai mencabut bracet 2 gigi seri. Saat cabut gigi seri pertama agak ngilu, yang kedua sakit banget ampe bunyi "tek" gitu di gigi.

"Aduh dok sakit"aku mengeluh
"Ngilu ya mbak hehe"

Dokter cuman ketawa kecil ini beneran sakit. Ga sesakit pas disuntik gusi sih tapi tetap aja sakit. Setelah itu dokter bersihin gigi dari sisa lem lalu nempelin bracket lagi.

"Oke mbak udah selesai. Nunggu dosen aku bentar ya buat diperiksa"

Aku setuju. Sambil nunggu aku wa dokter cantik perio, buat nanya apa dokter di rsgm dan apa bisa periksa bekas jahitan bedah frenektomi rahang atas. 

Dokter mengiakan dan minta aku nunggu. Aku nunggu dosen dokter orto sampe jam 11, sepertinya dosen lagi sibuk buat persiapan ujian jadi ga bisa periksa.

"Aku langsung pasang kawat aja ya, ntar tanggal 20 bisa datang buat periksa? Oh ia tolong discaling lagi ya" kata dokter
"Bisa dokter. Oke"
"Aku pernah nyuruh cabut gigi belakang ga?"tanya dokter
"Ada dokter, tapi belum dicabut"
"Kenapa?"
"Kan tambalan nya belum beres dok"
"Ooh gitu kapan ketemu dokter konservasi?"
"Belum bikin janji dok"
"Oh gitu, oh ia udah bayar belum yang buat ring 8 biji?"
"Baru 4 dokter"
"Sisanya bayar ke aku ya. Tapi bayar biaya kontrol dulu ke petugas di depan"

Aku bayar biaya kontrol ke petugas di depan. Bapak yang makan kerupuk itu lalu bayar biaya dudukan ring ke dokter cantik orto.

"Sebelum tanggal 20 saya wa ya dok buat janjian"
"Oke deh" jawab dokter.

Selesai dengan dokter orto, aku turun ke lt.2 nunggu dokter cantik perio. Ga berapa lama dokter cantik samperin aku.

"Hai mbaak, mina aidin yaaa"
"Halo dokter" aku cipika cipiki dengan dokter cantik perio
"Katanya hari ini ga bisa mbak? Ga jadi ngebolang nya?"tanya dokter
"Beberapa hari lalu saya pulang dok buat jaga kakak, kakak saya masuk rs kena batu empedu"
"Aduh inailahiii terus gimana mbak mau di operasi?"
"Kata dokter bisa minum obat dulu dok, jadi saya ke bandung deh. Abis ini balik lagi ke rumah nenek"
"Oh gituu moga cepat sehat ya mbak, cape ya mbak macet pasti"
"Ia dokter macet"

Aku duduk di kursi periksa. Dokter meriksa kondisi rahang atas

"Hmm bagus banget nih mbak hasilnya, rapi, kecee, ada keluhan gaa"
"Ga ada dok, cuman agak senut aja, ama gigi jadi panjang sebelah"
"Senut itu dari gigi mbak karena dia dibetot kawat, terus gigi panjang sebelah bisa diperbaiki orto kok tenang aja. Wah bracket bawah nya udah dipasang nih, deep bite ny ganggu ga?"tanya dokter
"Kalo gerakin rahang kena dok agak kebentur dikit tapi ga terlalu ganggu"
"Insya allah bisa sembuh ya deep bite nya dengan orto, aku mau cek bekas bedah rahang bawah ya"

Dokter meriksa kondisi bekas jahitan rahang bawah.

"Wahh udah mulai membaik mbak tapi masi putih-putih nih tanda masih penyembuhan. Masi ganggu ga?"
"Udah ga terlalu ketahan sih dok kalo senyum"
"Bagus dong, jadi ga perlu dibedah lagi nih mbak"
"Wahh yang bener dok asik.."
"Hehe kapan janjian ama dokter orto lagi? Ntar mampir ke sini ya buat kita cek"
"Janjian tanggal 20 dok, oh ia dokter kalo saya mau scaling harus kebawah ato sama dokter?"
"Sama aku bisa mbak, ga perlu kebawah. Mau sama dokter lain nih"dokter pasang muka cemberut becanda
"Haha engga kok dok, saya kira bisa di ugd bawah ga harus sama residen perio. Bagus kalo bisa ama dokter"
"Ia sama saya aja, nanti ketemu sebelum tanggal 20 aja ya, kok udah ada karang gigi? Gosok gigi nya ga bener nihhh" tegur dokter.

Aku cuman bisa ketawa, bingung deh perasaan udah sikat gigi bersih tapi karang gigi yang putih itu masih suka numpuk. Aku udah berkali-kali ganti sikat gigi karena ngerasa ga bersih.

Dokter melakukan sesi foto untuk bekas jahitan rahang atas dan bawah. Foto ini untuk dokumentasi dokter.

"Ada yang perlu dibayar dok?"
"Ada mbak, tapi ntar aja ya petugasnya lagi istirahat"
"Makasi ya dokter, udah repot dateng buat periksa saya"
"Sama-sama mbak, saya seneng kok diganggu pasien hahaha"

Aku ikut ketawa. Enak ya sama dokter yang ramah gini. Jadinya bisa ungkapin keluhan dan dokter bisa atasi masalah dengan baik. 

Beberapa jam setelah behel rahang bawah dipasang, seperti biasa gigi jadi linu dan sensitif. Aku udah minum obat asam mefenamat supaya perjalanan ke rumah nenek ga keganggu rasa sakit.

Gigi kalo diem ga begitu sakit tapi saat dipakai makan sakit banget ga sanggup makan apa-apa. Gigi seri yang bracket nya dicopot itu linu banget kalo makan harus pelan dan saat sikat gigi harus pelan-pelan.

Untuk rahang bawah yang paling linu 4 gigi bawah depan yang deket resesi gusi dan gigi taring sebelah kanan bawah. Itu berasa banget linu dan goyang. 

Dan sampai tanggal 6 juli, 3 hari setelah pasang behel bawah, gigi udah ga ngilu lagi. Makan normal udah bisa asal pelan-pelan. Ribetnya makanan gampang banget nyangkut disela behel. 

Tapi aku senang liat gigi jadi rapi.

Pengeluaran hari ini.
Daftar: aku lupa daftar
Ring gigi: 45.000
Kontrol dokter orto: 15.000
Kontrol dokter perio: 10.000 (tapi kata dokter ga usah.)

3 comments:

  1. maaf mau tanya, kalo antri pake kawat gigi di rskgm unpad berapa lama waktu itu? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, tergantung situasi saat itu sis. Bulan lalu sih aku denger waiting list nya udah 60 orang. Tapi pasti dihubungi sis. Asal ninggalin nomor yang bener.

      Delete
  2. Kalau antrian 207 pasti lama bgt yaa ?

    ReplyDelete