Saturday, July 15, 2017

Catatan 22 - Progres tambalan gigi geraham belakang

06 Juli 2017
Sekitar jam 7 malam saat aku lagi ngobrol bareng sepupu, dokter cantik konservasi sms.

"Hai mbak, met malem. Mohon maaf lahir batin ya, besok bisa dilanjutin ga tambalan nya?"

Aduh aku masih dirumah nenek dan rencana pulang tanggal 10 hari senin, buat ngehindari macet. Si adek lapor dari google map keliatan jalur pulang merah, arti nya macet total.

"Met malam dokter, minal aidin juga. Mohon maaf dokter saya masih di rumah nenek, rencana pulang hari senin tanggal 10" balasku
"Okee, nanti aku atur jadwal lagi ya" balas dokter.
"Mohon maaf dokter, terima kasih"

Sebenar nya aku ingin lebih lama dirumah nenek tapi dari kemaren kepikiran tambalan gigi. Dan dokter keburu sms duluan. Aku jadi ga enak.

Sepupu dan para bibi kecewa karena aku harus cepat pulang (biasanya bisa sampe 2 bulan dirumah nenek lol), tapi mendoakan supaya urusan gigi cepet selesai.

Kondisi behel rahang bawah baik-baik aja, salah satu bracket rahang bawah sebelah kiri lepas dan ujung kawat belakang lepas dari bracket. Dokter cantik orto sudah ingetin supaya aku ga terlalu sering kunyah disebelah kiri.

Untung tambalan, ga ada keluhan, ga sakit dan ga bengkak. Semoga di dalam sana baik-baik aja.

10 Juli 2017
Aku sampe rumah jam 9 malem. Perjalanan lancar, karena anter penumpang lain jadinya kemaleman sampe rumah. Sebelum tidur aku kepikiran sms dokter cantik konservasi buat ngabarin udah di bandung. Tapi karena mikir udah malem, aku mikir besok aja.

11 Juli 2017
Aku bangun jam setengah sepuluh siang. Ngantuk banget. Ada sms dari dokter cantik konservasi. Sms itu sekitar jam 6 pagi.

"Selamat pagi mba, kalo hari ini bisa? Makasih"
"Pagi dokter, maaf baru balas. Bisa dokter mau jam berapa?"
"Haha saya masi dirumah mbak, jam 11 kali ya"
"Saya malah baru bangun dok, kemaren sampe malem. Jadi jam 11 ya dok, makasih"

Aku siap-siap. Berangkat by gojek nyaris jam 10.30 aku mikir bakal telat jalanan jugaudah mulai macet. Akhirnya sampai rsgm jam 11 kurang.

Untung ga perlu ambil nomor antrian, aku cumn lapor mau ketemu siapa dan bayar pendaftaran 2.000

Selesai daftar aku ke ruang konservasi. Aku duduk di ruang tunggu dan sms dokter cantik konservasi.

Ga berapa lama dokter byamperin ke depan.

"Hai mbaak minal aidin yaaa"aku salaman dengan dokter lalu cipika cipiki "gimana mbak ada keluhan?"
"Ga ada dokter"
"Yuk yuk kita periksa"

Kita masuk ke ruang konservasi dan duduk di kursi periksa dokter. Suasana sepi, belum terlalu banyak pasien biasanya disini paling rame.

"Ga ada keluhan ya mbak, aku buka tambelannya ya" dokter ngebuka tambelan, kapas didalam ga berdarah dan ga bau. Berarti ga ada infeksi dan radang.

"Kita cari-cari lagi ya akarnya mbak"

Dokter mulai colok-colok gigi dengan alat sejenis jarum kecil. Beberapa kali aku mengeluh sakit karena jarum itu nusuk ke gusi. Disela pemeriksaan itu kita ngobrol sana sini dari masalah mudik, liburan sekolah, bom, hijab, diet, macem macem deh.

Ilustrasi pencarian saluran akar
Source by mbah google

Variasi ukuran jarum endodontik
Source by mbah google

Perawatan saluran akar ini bisa juga disebut endodontik treatment. Perawatan ini dilakukan untuk menyelamatkan gigi. Gigi bolong yang udah parah ampe kena ke saluran akar harus dirawat, biasanya perlu beberapa kali pertemuan dengan dokter untuk menyelesaikan masalah saluran akar.

Kondisi gigi bolong belakang udah parah, bisa disebut udah mati syaraf. Dulu bolongnya kecil, karena aku diemin ga segera ke dokter gigi (karena mikir mahal) bolongnya makin lebar dan bikin bau mulut. Mikir alternatif lain aku ke puskesmas tapi keburu trauma karena gigi pecah sedikit.

Akhirnya gusi didekat pecahan gigi bolong jatuh nutupin gigi, kalo ditarik gusi itu, keliatan bolongnya gede dan hitam. Berkali kali kerasa sakit dan bengkak aku atasi pake obat kumur bet*din dan asam mefenamat.

Samapi akhirnya aku ke rsgm ini untuk urus behel, syarat pemasangan behel ga boleh ada gigi bolong. Aku urus gigi bolong disini. 

Karena sering bengkak dan sakit salah satu akar gigi udah buntu dari ronsen keliatan kayak udah ketutup gusi salurannya. Dokter bertahan buat nyari itu akar. Tapi karena dingding gusi tipis jadi makin susah pencarian.

"Mbak, kayaknya kita bakal balik ke rencana dulu deh, buang saluran akar dan isi dengan bubuk tulang lalu bikin mahkota" kata dokter
"Kenapa dok? Kemaren kan udah ketemu"
"Bocor nih mbak, jadi ga ketemu lagi salurannya"
"Bedah ya dok, diruang atas?"
"Ia di lt.2 mbak. Aku harus diskusi dulu sama dosen, mungkin sekitar 2 minggu lagi ya"
"Oke dok, terus buat mahkota berapa dok?"
"Kalo yg porcelen agak mahal ya mbak sekitar 1,1jt kalo yang campur sekitar 250rb" 
"Yang murah aja dok"kataku malu-malu
"Hehe siap mbak, nanti aku kabarin lagi ya, mbak coba ngunyah sebelah kanan ya ga kan lepas ko tambalannya, buat ngurangin karang gigi juga mbak"
"Oke dokter"

Aku kurang ngerti maksud dokter yang bocor tadi, tapi karena kepikiran harga mahkota gigi aku lupa nanya.

Jadi sepertinya harus mampir lagi ke ruang bedah. Cegah sakit gigi sebelum parah teman, jangan ditunda-tunda. Kalo udah parah bakal mahal perawatan nya.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Obat dan tambal sementara: 35.000



No comments:

Post a Comment