Friday, September 8, 2017

Catatan 24 - Kontrol behel 2 dan 3

Bulan lalu..
Sekitar tanggal 15 agustus, aku kontrol behel ke dokter cantik orto. Ada pergerakan digigi dan dari yang aku liat kalo dibuka kawatnya gigi ga balik berantakan. Syukurlah. Gigi seri samping sebelah kiri yang ditambah pemberat udah mulai mutar tapi kata dokter cantik orto masih lama buat jadi rapi, taring disebelahnya juga masih agak nonjol dan akan normal kalo udh bergerak. 

Rencana untuk rahang bawah, gigi geraham kecil kedua sebelah kiri yg agak kedalam bakal lumayan ribet prosesnya, dokter cantik bilang gigi geraham kecil pertama bakal dikasi pemberat dulu biar muter terus gigi yang menjorok kedalam itu bakal ditarik pake per gitu.

Ilustrasi susunan gigi dewasa
Source by mbah google

Aku nambah satu kawat buat rahang bawah, sepertinya satu kawat ga kuat nahan pergerakan rahang bawah, kawatnya jadi bengkok - bengkok. Btw dari awal masang behel aku kira kawatnya bakal sering diganti ternyata engga. Pas dibuka pasang lagi yang bekas itu. Kawat diganti pada tahap selanjutnya, digantinya juga ada ukuran tersendiri.

Kalo dihitung ini kontrol kedua sejak pemasangan behel di kedua rahang.

Aku janjian lagi dengan dokter cantik orto awal bulan karena dokter ada urusan sekitar minggu kedua bulan depan.

Pengeluaran bulan lalu:
Daftar: 2000
Tambah kawat: 25.000
Kontrol: 15.000

Aku kepikiran dokter cantik perio, dulu janjian mau periksa bekas jahitan bedah frenulum ama mau bersihin karang gigi tapi belum jadi aja, jadwal dokter belum cocok. Aku kepikiran mau wa, eh ga taunya dokter wa duluan, nanyain kabar gusi. 

Akhirnya kita chat ini itu bahas gusi trus bahas gigi geraham belakang yang belum selesai. Dokter bilang kalo dokter cantik konservasi sibuk, bisa dipotong akarnya ama dokter perio, karena ini masih bagian perio juga. 

Aku coba sms dokter cantik konservasi, nanya kapan lanjut potong akar, dokter cantik perio siap bedah, dokter cantik konservasi bilang bakal hubungi dokter cantik perio. 

Well berarti aku tinggal nunggu kabar selanjutnya.

05 September 2017

Senin kemaren aku wa dokter cantik orto, nanya janjian hari rabu jam berapa, dokter bilang hari selasa aja jam 9. 

Jam 8 lewat 10 aku udah sampe, aku mikir kepagian, dapet nomor antrian sekitar 30an. Ternyata pas aku duduk, pasien antrian 1 baru dipanggil. 

Nunggu ga lama karena beberapa nomor pasien ga ada, selanjut nya aku, lapor janjian ama dokter mana, bayar 2.000 lanjut keatas lt.3 bagian residen orto.

Di lt.3 aku wa dokter cantik. Lalu dokter manggil lewat pengeras suara. Dokter bilang dosen belum ada, jadi sekarang kontrol biasa aja.

Menurut dokter cantik orto, deep bite berkurang dibanding pas awal, susunan gigi atas sebelah kanan udah oke, untuk bagian kiri gigi seri tengah masih panjang sedikit ini efek bedah frenulum dulu, pas abis bedah kerasa gigi seri tengah kiri jadi miring trus panjang sebelah. Dokter cantik koreksi bracket agar hasilnya sejajar dengan gigi seri tengah bagian kanan. 

Rahang bawah sebelah kiri udah mulai ada perubahan, dokter masang pemberat digigi geraham kecil pertama, supaya cepat mutar, dan gigi geraham kecil kedua  yang menjorok punya ruang buat ditarik keluar.

Untuk rahang bawah sebelah kanan, perubahannya sedikit, karena belum pasang bracket jangkar digigi geraham kedua yang belum selesai ditambal. Dokter cantik orto pesan agar aku secepatnya tambal gigi geraham belakang. biar gigi juga cepet rapih. 

Disini dokter cantik orto ikat kawat didua bracket gigi geraham pertama dan kedua, biar lebih kuat dan ada pergerakan. Aku ngeri deh pas dokter ikat kawat itu, haha kawatnya tipis kayak nylon (apa nylon? Tapi serasa kawat deh besi gitu).

Ilustrasi kondisi gigi
Source by mbah google

Keterangan:
A: reposisi bracket karena gigi miring dan panjang sebelah.
B: dikasih pemberat biar cepet muter
C: gigi yang menjorok kedalam
D: gigi yang bracketnya diikat kawat
E: gigi graham yang belum dipasang bracket jangkar karena tambalan gigi belum beres.

Kali ini kawat untuk rahang bawah diganti, aku lupa kenomor berapa. Beberapa kali dokter cantik minta pendapat dokter lain soal reposisi bracket dan efek belum pasang jangkar.

Aku nanya soal cabut gigi geraham dalam gusi, dokter nanya udah kerasa sakit? Aku bilang belum. Dokter bilang nanti aja.

Dokter cantik orto pesan untuk janjian sebelum tanggal 24 september. Buat periksa dengan dosen.

3 hari setelah kontrol terakir, gigi aku sakit karena bergerak, ngilu pas makan, tidur jadi mangap dikit (lol). 

Pngeluaran hari ini:
Daftar: 2.000
Kontrol: 15.000
Pemberat bracket: 25.000

No comments:

Post a Comment