Saturday, September 30, 2017

Catatan 25 - Pengisian 1 saluran akar

17 September 2017
Aku wa dokter cantik perio. Nanya soal kemungkinan hemaksesi  gigi geraham belakang, dokter bilang mubgkin tanggal 18 bulan ini, tapi belum ada kabar. Wa aku dibalas, dan dokter minta maaf harus diundur karena ada seminar di korea selatan, baru pulang sekitar tanggal 27 september.

19 September 2017
Sesuai janji yang lalu, aku wa dokter cantik orto untuk periksa dengan dosen sebelum tanggal 24. Aku agak heran last seen wa nya tanggal 14, dan saat aku wa cuman satu ceklis. Sorenya, aku coba sms biasa tapi gak ke kirim muncul tanda seru. Hmmm...

Aku mikir kalo ga ada kabar juga, aku bakal dateng ke rsgm sekitar awal bulan.

24 September 2017
Bracket sebelah kanan rahang bawah yang digigi gerahan pertama lepas, dan kawat yang diiket ke bracket sebelah nya ikut lepas, aku sms dokter cantik orto buat laporan dan nanya janjian ketemu. Ke nomor biasa lagi-lagi tanda seru. Aku sms ke nomor satu nya, agak sore baru dibalas. Dokter bilang lagi seminar di taiwan baru pulang awal Oktober..

26 September 2017
Aku dapet sms dari dokter cantik konservasi, beliau ajak ketemu tanggal 27 siang. Sukurlah...

27 September 2017
Aku telat, karena urusan lain pas pagi dan hujan, ga ada gojek yang mau angkut pas hujan, naik angkot ga akan bisa sampe ontime. Aku sms dokter cantik, mohon maaf telat, dannn aku sampe rsgm telat satu jam dari waktu janjian (tidaaak)...

Pas aku sms, dokter cantik lagi urus pasien lain, karena dingin aku ke kantin dulu, beli kopi sama aqua, kopi belum abis (panas banget) aku keburu dipanggil. Kita ngobrol, dokter nanya kondisi gigi, ada keluhan ato ga.

Dokter cerita soal bedah kecil yang akan dilakuin ke gigi geraham belakang. jadi gusi dibuka, bagian mahkota atas dibuka setengah buat cari akar yang ga ketemu, ga jadi dibuang akar yang rusak, dicari aja buat diisi (aku lupa nanya maksud di isi apa, tapi kayak obat deh), nah setelah itu dokter mau buat mahkota nya. Di sini dokter masih agak bingung bentuk mahkota nya mau gimana.

Aku bilang, dokter cantik orto mau pasang jangkar, dokter makin kepikiran gimana bentuk mahkota, dari yang dokter omongin, jangkar bracket itu kayak ring gigi, dari yang aku bayangin kayak bracket biasa yang ditempel ke gigi, dari mbah google bentuk nya kayak baut (lol). Nanti jelas nya aku nanya dokter cantik orto aja.

Jangkar bracket
Source by mbah google

Hari ini, dokter isi satu saluran akar yang ketemu, make obat bentuk kayak jarum plastik warna pink, pas udah masuk saluran akar, jarum plastik itu dipotong pake spatula dokter yang udah dipanasin.

Bahan pengisi saluran akar
Source by mbah google

Spatula kit
Source by mbah google

"Jadi dok, bener kan kepotong dikit dinding buatannya?"
"Kepotek dikit aja ko mbak, hebat ya dinding buatan saya, bisa tahan berbulan-bulan haha"
"Ia dok, maaf saya bawel nanya kapan ketemu dok, saya takut dinding patah, tambalan kebuka, ntar radang lagi"
"Ia mbak ga apa kok, tapi ga ada sakit kan, berdarah ato apa"
"Ga sakit dok, malah bisa dipake makan, setelah bertahun-tahun ga bisa ngunyah dikanan dok"
"Itu makanya, ga ada keluhan kan, didalem juga bersih, ga radang, ga bau. Saya kepikiran bentuk mahkota nya aja nih"
"Kalo dipakein jangkar gitu, ntar mahkotanya bisa rusak ga dok? Pecah ato patah?"
"Ga ko mbak, ntar kita pake yang campuran logam mahkotanya ya"

Setelah beres, dokter minta aku untuk foto gigi, buat liat akar yang udah disi tadi. tapi karena udah sore, besok aja.

Malemnya abis makan, aku heran kenapa tambalannya kayak kebuka, jadi kayak bolong kedalem (kayak sumur). Aku langsung sms dokter, dan dokter bilang besok ketemu sebelum foto gigi.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2000
Konservasi: 75.000

28 September 2017
Jam 11 aku udah di rsgm, daftar dan nunggu dokter. Setelah ketemu dokter, dokter bilang ga apa bukan kebongkar tapi kurang apa gitu kata dokter. Dokter rapiin lagi sedikit, aku nanya ada perlu bayaran, dokter bilang ga.

Lanjut ke foto gigi, karena udah jam 12 kepotong istirahat buka lagi jam 1. Aku naro kertas rujukan dokter diloket dan duduk manis nunggu. 

Jam 1 buka, nama aku dipanggil, balik ke depan buat bayar dan ambil rekam medik (map warna kuning), nunggu lagi dipanggil, foto sekejap (beneran sekejap), nunggu hasil, hasil keluar. 

Kok kayak kabur.. tapi keliatan satu akar keisi tapi kayak ada bayangan gitu. Aku keruang dokter konservasi, dokter ga ada. Jadi aku titipin ke ibu petugas dan sms dokter cantik foto gigi udah dititipin.

Selesai, tinggal nunggu berita selanjutnya.

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2000
Foto gigi: 18.500

No comments:

Post a Comment