Thursday, December 14, 2017

Catatan 28 - Kontrol behel ke 6

11 Desember 2017
Karena dokter cantik konservasi belum ada waktu buat masang mahkota, aku pikir lebih baik kontrol behel dulu aja. Aku wa dokter cantik orto, nanya lebih baik pasang mahkota dulu atau kontrol behel. Dokter cantik orto balas dan bilang kontrol dulu aja dan ngasih jadwal hari rabu jam 11.

13 Desember 2017
Aku bangun pagi, dapet firasat dokter bakal majuin jam janjian kayak beberapa waktu lalu. Aku udah siap jam setengah sepuluh dan saat cek hp bener aja dokter majuin jam janjian jadi jam 10. Aku minta kelonggaran waktu 10 menit.

Aku naik gojek sekitar 09.40 dan minta ke driver nya supaya ngebut. Hari ini karena event film starwars yang baru keluar logo driver di aplikasi jadi pesawat, lucu... Hihi. Sampe rsgm jam 10 lewat 5 menit, mantap bang driver. 

Hari ini suasana rsgm rame, di ruang pendaftaran juga rame, karena buru-buru aku mutusin buat daftar entar aja pas pulang (jangan ditiru guys).

Diatas aku wa dokter cantik ortho, dan dokter nyuruh masuk. Pas didalam aku milih karet power o, bulan ini aku milih warna biru dongker agak metalik, blm berani uy warna bening, curiga bakal kotor kalo udh lama.

Pas ketemu aku kasi selamat dokter atas pernikahan nya (cihuy).

Dokter cek kondisi gigi, aku disuruh buka tutup gigi, dokter bilang untuk gigi yg rebah itu ada pergerakan lagi dan masih butuh kira-kira 5 mili lagi untuk ruang si gigi. Kalo udah ada ruang bisa negakin gigi. 

Aku nanya, apa karena jangkar sebelah  kanan belum dipasang, pergerakan jadi lama? Dokter bilang memang lama buat bikin ruang gini, kudu sabar. Kalo udah ada ruang gampang gerakin nya.

Aku nanya lagi (kepo bener wkwkk), untuk negakin gigi apa bakal lama, kata dokter ga. Yang lama itu bikin ruang digigi.

Guys kalo penasaran, lebih baik nanya biar tau apa aja tindakan dokter dan ada komunikasi.

Dokter ngelepas karet dan pemberat di rahang atas, lalu kawat dikedua rahang, aku disuruh sikat gigi. Mumpung sendiri ga ada yang antri, aku puas puasin sikat gigi (lol) enak deh sikat gigi pas ga ada kawat gini puas rasanya.

Selesai sikat gigi, dokter cantik orto cek kondisi gigi dibandingin sama cetakan gigi pertama. Dokter nanya udah cabut gigi dalam gusi (geraham ketiga) apa belum, aku bilang belum. Abis dicek dokter minta nunggu dosen sebentar biar dikontrol juga ama dosen.

Selagi nunggu dokter nanganin pasien lain. Aku foto cetakan gigi, ini kondisi rahang bawah aku saat pertama sebelum dibehel sekitar 10 bulan lalu.

Rahang atas

Rahang bawah

Keterangan:
A = posisi gigi yang menjorok kedalam dan sedikit rebah
B = kondisi awal geraham belakang saat lagi di cari saluran akar.

Kondisi rahang atas, liat deh gigi depan miring, gigi seri samping juga miring. Taring sebelah kiri dulu itu gingsul. Saat ini kondisi gigi rahang atas udah rapi, nyengir juga enak diliat, gigi depan dan seri samping udah ga miring karena diputer ama pemberat, gigi taring kiri udah ketarik kebawah saat ini lagi diputer pake pemberat.

Kondisi rahang bawah aku, berjejalan dibagian depan, ada yang menjorok dibagian kiri dan geraham bolong disebelah kanan.

Sampai saat ini, bagian depan gigi udah rapi, dokter masi gerakin gigi jadi belum begitu atur panjang pendek gigi. Dokter lagi nunggu pergerakan gigi yang menjorok itu dan pemasangan mahkota.

Dan deep bite aku udah berkurang, yaaay. Cuman yang rahang kliking sebelah kiri aku belum cek 2 minggu ini karena ada sariawan besar disana dan itu sakiiit banget. Aku kira numbuh gigi saking sakit nya, tapi kata dokter cuman sariawan.

Dokter cerita, dokter cantik konservasi samperin dia dan cerita soal mahkota gigi yang udah jadi dan kalo ntar pasang jangkar begini begitu. Dokter cantik ortho setuju aja asal cepet selesai.

Saat dosen kontrol, dosen nanya apa rencana dokter untuk gigi yang sedikit rebah ini. Dokter cantik jelasin apa yang mau dilakuin (bahasa dokter gays, setengah paham setengah mangap gw). Dan dosen bilang ganti kawat aja ke ukuran 18.

Aku nanya, ukuran kawat ada berapa aja, dokter bilang nomor 18 paling gede. Dan aku menyiapkan hati untuk 3 hari kedepan. Karena, pasti bakal sakit nih gigi efek ganti kawat (lol). Untuk mengatasi sakit, bisa aja aku minum asam mefenamat, tapi aku ga mau ketergantungan.. selagi bisa ditahan, tahan aja.

Kali ini pemberat di dua gigi seri samping  rahang atas dilepas. Sebagai gantinya, gigi taring sebelah kiri yang dipasang pemberat, ini juga bakal sakit deh buat beberapa hari. Per open coil masi dipasang untuk bikin ruang digigi, dan pemberat di gigi geraham kecil pertama masih dipasang. 

Saat udah beres, aku janjian ama dokter cantik orto minggu kedua bulan depan. Dokter harap saat itu mahkota udah dipasang, dan dokter akan diskusi dulu ama dosen nya untuk pencabutan gigi dalam gusi.

Sebelum pulang, aku daftar dulu kedepan, bener guys jangan diritu ya daftar belakangan gini haha.

Sejam setelahnya, gigi mulai sakit. Aku bawa tidur pas bangun mulai kerasa ngilu. Aku cuman bisa makan yang lembut, nasi ga bisa, ngunyah sebelah kiri sakit, sakit di bagian taring yang baru dikasi pemberat dan dirahang bawah bagian open coil. Untung masi bisa ngunyah pelan-pelan disebelah kanan.

Pengeluarab hari ini
Daftar: 2.000
Ganti kawat 2 rahang: 50.000
Kontrol: 15.000

1 comment:

  1. Mau tanya...kalau misalkan udah pasang behel di dokter lain Tp kontrolnya ke rsgm boleh ga ya?soalnya pasang behelnya dokter di jawa..terima kasih

    ReplyDelete