Sunday, November 12, 2017

Catatan 27 - Kontrol behel ke 5 dan Janjian tambal geraham

Sesuai prediksi, gigi aku sakit selama 3 hari kedepan. Selepas 3 hari, aku udah bisa makan normal tapi agak susah mau ngunyah sebelah kiri, agak ngilu karena kawat per open coil nya. Gigi geraham kecil kedua yang rewel ini ngilu diajak ngunyah.

Ilustrasi gigi geraham rewel
Source by Instagram drg.heni

Posisi gigi aku yang rewel persis foto diatas, tapi yang sebelah kiri. Saat ini masi pake per open coil. Belum dikawat kayak foto diatas.

Janjian dengan dokter cantik konservasi diundur lagi karena dokter nya lagi sibuk. Daaaan gigi geraham belakang itu kepotek lagi gara-gara keripik basreng (iiishhh). Aku bingung yang kepotek itu tambalan ato gigi nya.

06 November 2017
Aku wa dokter cantik orto, minta janjian kontrol behel bulan ini. Dokter kasi jadwal hari rabu jam 10. 

Aku juga sms dokter cantik konservasi, nanya kapan bisa lanjutin cari akar gigi. Tapi ga ada balasan.

Aku urus semua gigi di bagian residen. Residen ini dokter gigi yang lagi ambil spesialis. 

Di dokter residen konservasi aku urus penambalan gigi, kalo gigi bolong udah parah harus dirawat yang dirawat ini akar gigi. 

Di dokter residen periodontik aku urus pembersihan karang gigi dan beberapa gusi yang bermasalah. 

Di dokter residen ortho aku urus behel. 

Semua dokter residen di sini kerja nya diawasi langsung sama dosen. Jadi ga perlu takut kerja nya ga bener.

08 November 2017
Jam 9 dokter cantik orto wa, nanya apa bisa majuin jadwal jadi 09.30. Saat itu aku lagi siap-siap, ga yakin bisa sampe on time tapi aku balas wa, bilang bisa.

Ngebut by gojek sampe sana mepeet banget, aku langsung ke lantai 3 bagian orto, daftar ntar aja karena banyak banget yang antri.

Di lantai 3 lumayan rame. Aku wa dokter cantik orto lalu dokter nyuruh masuk ke dalam.

Aku milih karet power o warna pink, ga jadi milih warna bening karena ada event bulan ini. Dokter meriksa gigi dan bilang udah bergerak gigi geraham kedua yang pake per open coil, dan ada space sebelah rahang bawang kanan berarti pergerakan gigi bagus. Dengan pergerakan ini diharapkan ngasih ruang buat gigi rewel.

Hari ini diperiksa dosen lagi, dosen bilang pergerakan gigi bagus, dan mereka diskusi soal ganti kawat ke nomor 18. Tapi akhir nya ga jadi ganti kawat.

Ada 4 gigi bagian rahang atas sebelah kiri dan 5 gigi kanan yang dokter cantik orto ikat dengan kawat, pake ligature wire atau kawat lilit. Pas aku nanya fungsinya, dokter bilang supaya gigi yang diikat ga bergerak lagi.

Ilustrasi ligature wire atau kawat lilit
Source by mbah google

Setelah beres masang kawat, aku janjian lagi ama dokter awal bulan. Beres ortho baru jam 10.15 aku iseng mampir ke bagian konservasi. Mau cek dokter cantik konservasi.

Dokter ada tapi lagi sama pasien.
"Halo dokter"
"Hai mbaak, aduh maaf ya aku belum balas sms nya, aku baru pulang dari luar"
"Seminar dok?"
"Ia mbak, presentasi di surabaya. Ini aja masih cape mbak hehe, abis dari dokter mana mbak?"
"Abis dari orto dok"
"Oh ya, dokter nya bilang apa? Ganti kawat lagi?"
"Belum ganti kawat lagi dok, dokter nya nanya kapan ditambal dok"
"Ia mbak, dosen aku nyuruh nya gitu cari lagi akar nya. Padahal kondisi gigi nya udah begitu"

Itu lah repot nya kalo diawasin dosen, padahal udah ga ketemu tapi dosen pengen nya ampe ketemu itu akar wkwkk

"Nunggu diluar bentar ya mbak, aku beresin ini trus nyari dosen, susah ni cocokin waktu ama dosen nya"
"Oke dokter, saya nunggu diluar"

Aku keluar dan nunggu di depan ruang konservasi. Setengah satu ga ada kabar, aku akhirnya nyamperin ke dalam. Dokter lagi beres-beres peralatan.

"Dokter, jadi gimana?"
"Ya mbak, aku baru mau nelpon, dosen nya ga ada mbak"
"Owhh jadi gimana dok?"
"Paling aku isi bahan mbak terus kita bikin mahkota ya"
"Oh ia, dokter mau lulus kan? Kapan dok?"
"Insya allah desember mbak"
"Wah yang bener dok? Nasib saya gimana dok?"
"Ia itu mbak, paling saya isi aja ya akar nya dan bikin mahkota, ga ada keluhan kan?"
"Ga ada keluhan dok, tapi nanti kalo diisi terus pasang jangkar behel bakal rusak ga dok?" 
"Insya allah engga mbak"
Abis lulus dokter mudik?"
"Ia mbak"
"Bisa beres sebelum dokter lulus? Lama ga dok bikin mahkota gigi?"
"Insya allah bisa mbak, tenang aja ya pasti beres, kita janjian minggu depan ya"
"Hari apa dok?"
"Hmm kamis ya?"
"Oke dok berarti rabu saya sms lagi ya dok? Buat jam janjian nya"
"Ia mbak siap"

Setelah salaman dan bilang selamat lulusan, aku pamit pulang. Agak khawatir dokter lulus, kepikiran gigi bisa beres atau ga. Selagi mikir itu, gigi mulai senut senut lagi karena agak pergerakan. Ouch

Kondisi gigi saat ini, rahang atas udah rapi, rahang bawah juga udah ga berjejelan, tapi gigi yg rewel itu masih diluar jalur.

Ilustrasi kondisi gigi

Keterangan:
A = gigi yang diikat dengan kawat lilit, sebelah kanan 5 gigi, sebelah kiri 4 gigi
B = gigi yang masih dikasi pemberat
C = gigi yang masih dikasi pemberat
D = gigi rewel yang setengah tiduran keluar jalur, masih pake per open coil
E = gigi geraham belakang yang lagi ditambal

Pengeluaran hari ini:
Daftar: 2.000
Kontrol behel: 15.000

4 comments:

  1. hai ka mau nanya jadi total biaya psg utk behel dan rontgen yg khusus di orto aja berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, untuk pasang behel rahang atas dan bawah 3,6jt. Untung 2 jenis ronsen di lab 500rb an

      Delete
    2. untuk ronsen itu harus d pramita lab ya?kalo behelnya itu biaya trgntung gigi tiap2 org atau memang smua sama 3.6jt?

      Delete
    3. Kurang tau ya bsa di lab lain, tp dokter nyaranin lab pramita krn hasil nya yg bagus dan jernih. Aku pernah nanya lg ke petugas untuk behel memang 3,6jt untuk semua kondisi gigi.

      Delete