Saturday, May 19, 2018

Catatan 34 - Kontrol behel ke 11

25 april 2018
Malam hari, pas sikat gigi ring behel rahang atas sebelah kanan copot. Aku kaget banget, takut bikin copot behel yang lain. Tapi ring itu bisa di dorong lagi keatas. Tetap aja kalo makan pasti bakal lepas. 

Ilustrasi ring behel
source by mbah google


Aku wa dokter cantik residen ortho buat lapor dan dokter segera balas dan bisa sediain waktu besok. Aku bersyukur. Besok bakal ke rsgm deh.

26 april 2018
Jam 11 aku udah di rsgm unpad dan lakuin ritual pendaftaran lalu ke lantai 3 bagian ortho. Pas diperiksa kata dokter, ga apa semen nya longgar, ternyata semen ini ada masa nya juga. Dokter cantik lepas karet, kawat dan ring behel, lalu aku disuruh sikat gigi. 

Aku sikat gigi mastiin semua bersih. Setelah itu baru dokter masang lagi ring behel yang lepas. Aku nanya buat kontrol bulan depan dan dokter kasih jadwal minggu ketiga. 

Pengeluaran hari ini
Daftar: 2.000
Kontrol: 15.000

15 mei 2018
Aku wa dokter cantik ortho dan minta jadwal kontrol behel. Dokter kasih jadwal tanggal 16 jam 9. 

16 mei 2018
Aku dianter si adek ke rsgm unpad. Di sini aku langsung daftar dan setelah 5 orang nomor ku dipanggil, beres daftar aku ke lantai 3 bagian ortho. 

Ga lama aku dipanggil lewat speaker. Dokter say hai saat aku lagi milih karet, dokter nanya ada bracket lepas?. Aku bilang ga ada. Di kursi periksa, dokter nyuruh aku buka tutup gigi. 

Menurut dokter rahang bawah lengkungan nya udah bagus, tinggal nanti pas terakhir beberapa gigi disebelah kanan mau di tinggiin sedikit. 

Untuk rahang atas, sepertinya gigi taring sebelah kiri ga mau geser lagi, dokter bilang mau ikat 4 gigi, 2 gigi seri depan, 1 gigi seri samping kiri dan taring kiri sehingga ntar ada celah di dekat gigi seri samping sebelah kanan. Dan rencana nya bulan depan mau dirapetin semua. 

Dosen meriksa dan nanya rencana dokter. Semua pake bahasa ilmiah dokter gigi dan aku cuman bisa denger (lol). 

Saat dokter ikat 4 gigi rahang atas, astaganagaaa ngilu banget sakit, gigi kerasa ketarik, bakal susah makan pikir aku saat itu. Aku sempat ngobrol dengan dokter, dokter nanya mudik kemana, aku kerja ato kuliah, trus rencana dokter mudik. 

Ilustrasi gigi saat ini
Source by mbah google


Keterangan:
A= Gigi diikat dengan metode ligature wire dari ujung sebelah kiri paling belakang hingga gigi seri depan, bagian 4 gigi yang x dokter pakein power chain, karet yang berbentuk seperti rantai.

B= Bagian ini juga diikat dokter dengan metode ligature wire dari gigi seri samping sebelah kanan hingga kebelakang.

C= Gigi bawah, dari taring sebelah kanan hingga kiri, dokter terapin metode ligature wire.

D= Tercipta celah disini.

Setelah semua beres, aku nanya jadwal kontrol berikutnya. Dokter kasi jadwal minggu kedua bulan depan. 

Pengeluaran hari ini:
Daftar: 2.000
Kontrol: 15.000

19 mei 2018
beberapa hari kebelakang aku ga susah nguyah, makan masi normal. Cuman kalo kesenggol 4 gigi depan yang digerakin itu ngilu banget. Kondisi saat ini ngilu sudah ilang dan sudah tercipta ruang kira-kira 2 mili antara gigi seri depan dan seri samping sebelah kanan.

No comments:

Post a Comment